Empat Tips Sukses untuk Mengembangkan Usaha Kecil

  Home/Blog/Empat Tips Sukses untuk Mengembangkan Usaha Kecil

Empat Tips Sukses untuk Mengembangkan Usaha Kecil

HPE – Kadang-kadang, tips atau saran terbaik yang mungkin Anda dapatkan tidak berasal dari CEO perusahaan terkenal atau pengusaha sukses melainkan berasal dari rekan sesama pemilik usaha kecil dan menengah. Hal ini dikarenakan setiap usaha sama seperti manusia, memiliki cerita masing-masing yang berbeda dari yang lain sehingga saran atau tips yang bersifat umum sering kali tidak akan memberikan hasil seperti yang diharapkan karena kendala yang dihadapi berbeda. Namun bukan berarti tidak ada tips atau saran yang akan berguna. Beberapa tips atau saran yang dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda adalah:

Belajar dan membangun koneksi dengan sesama pengusaha. Banyak pengusaha yang baru mulai berbisnis merasa sungkan untuk menjalin hubungan dengan pengusaha lainnya. Padahal membangun koneksi dapat menjadi salah satu jalan untuk belajar dan saling mengambil keuntungan berdasarkan pengalaman masing-masing karena setiap pengusaha tentu memiliki pengalaman yang berbeda. Untuk Anda yang baru memulai, jangan ragu untuk memban gun koneksi dan meminta saran. Hal ini juga berlaku untuk kompetitor Anda.

Selalu utamakan kualitas daripada kuantitas. Baik dalam hal produksi maupun pemasaran, sebaiknya Anda selalu mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Daripada memproduksi barang dalam jumlah banyak atau berbagai jenis lebih baik Anda meningkatkan kualitas dari barang Anda. Di masa sekarang, pelanggan sangat memperhatikan kualitas dan bersedia membayar mahal untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan kualitas yang diinginkan. Begitu juga dengan pemasaran. Daripada membanjiri media sosial dengan puluhan foto lebih baik Anda memilih beberapa foto terbaik yang menampilkan produk usaha Anda dan menarik perhatian pelanggan untuk mencoba atau membelinya.

Jangan pernah melupakan mimpi Anda. Setiap bisnis atau usaha pasti diawali dengan sebuah mimpi. Jangan pernah melupakan alasan Anda memulai usaha atau bisnis Anda, tidak peduli sudah selama apa Anda menjalaninya atau sebesar apa kendala yang Anda hadapi. Mimpi atau alasan ini akan menjadi bahan bakar Anda untuk terus mempertahankan dan mengembangkan bisnis yang sedang Anda rintis.

Mulai bisnis dengan rencana yang matang. Jangan pernah memulai bisnis jika Anda belum memiliki rencana yang matang atau keyakinan kalau usaha yang Anda rintis akan segera menjadi besar. Nah, salah satunya tentu dengan menyiapkan perangkat yang memadai. Jika usaha Anda berbasis online maka Anda harus menyiapkan server untuk memudahkan operasional di amsa yang akan datang. Tidak perlu membeli, untuk langkah awal Anda bisa sewa server murah. Sekarang ini sudah banyak layanan sewa server murah untuk memenuhi kebutuhan usaha.