Denodo: Solusi Manajemen Data dengan Teknologi Virtualisasi Data

Virtualisasi Data

 

Virtualisasi data (Data Virtualization) adalah pendekatan manajemen data untuk memungkinkan aplikasi atau pengguna bisnis mengkonsumsi dan memanipulasi data tanpa memerlukan detail teknis tentang data, seperti bagaimana data tersebut diformat atau di mana data secara fisik berada. Selain itu virtualisasi data juga dapat memberikan single point of view dari keseluruhan data dengan menggabungkan data dari berbagai sumber.

 

Tidak seperti proses ekstrak, transformasi, pemuatan (“ETL”) tradisional, data tetap di tempatnya, dan akses waktu nyata diberikan ke sistem sumber untuk data. Ini mengurangi risiko kesalahan data, dari beban kerja yang bergerak di sekitar data yang mungkin tidak pernah digunakan, dan itu tidak berusaha untuk memaksakan model data tunggal pada data (contoh data heterogen adalah sistem basis data gabungan).

 

Teknologi ini juga mendukung penulisan pembaruan data transaksi kembali ke sistem sumber.  Untuk menyelesaikan perbedaan dalam format sumber dan konsumen dan semantik, berbagai teknik abstraksi dan transformasi digunakan. Konsep dan perangkat lunak ini adalah bagian dari integrasi data dan biasanya digunakan dalam business intelligence, service-oriented architecture data services, cloud computing, enterprise search, and master data management.

 

Teknologi Virtualisasi Data
Denodo Data Virtualization

 

Denodo sebagai “market leader” untuk solusi data virtualisasi, Denodo Platform 7.0 menawarkan arsitektur multi-lokasi untuk skenario multi-cloud, hybrid, dan edge tanpa mengorbankan kinerja, keamanan, dan tata kelola. Ini telah dirancang khusus untuk memberikan transparansi lokasi, meminimalkan pergerakan data yang mahal di antara lokasi:

 

Technical, Operational and Business Metadata

 

Perbedaan unik dari Denodo Platform 7.0 adalah sebagai berikut :

 

  1. Big data query acceleration, Mampu terintegrasi proses dengan Bigdata Hadoop, untuk akselerasi proses data besar.
  2. Dynamic Query Optimizer, dengan teknik penulisan ulang kueri canggih yang meminimalkan lalu lintas jaringan dan pemrosesan pasca pada lapisan virtual.
  3. A data catalog, menyediakan katalog dalam bentuk web portal yang menggabungkan fitur-fitur katalog tradisional (klasifikasi dan penandaan, garis keturunan data, deskripsi, dll.) dengan pencarian, penemuan, dan eksplorasi berbasis kata kunci dan persiapan bisnis.
  4. Cloud interoperability, Lapisan layanan data modern yang mengimplementasikan standar terbaru (OAuth 2.0, SAML, OpenAPI, OData 4).
  5. Automated lifecycle management, tugas Dev / Ops yang sangat sederhana: Denodo Solution Manager yang baru memfasilitasi pengelolaan penyebaran multi-kluster yang rumit melalui manajemen terpusat.
  6. Availability on major cloud platforms such as AWS and Azure Marketplaces, dengan dukungan untuk skalabilitas tanpa batas (mis. penskalaan otomatis sumber daya di AWS dan Azure) dan platform penampung kontainer (Docker).

 

Berca Hardayaperkasa adalah Perusahaan yang pertama kali melakukan implementasi Denodo untuk salah satu perusahaan otomotif di Indonesia pada tahun 2019. Berca Hardayaperkasa adalah partner resmi Denodo di Indonesia. Kami memiliki resource yang certified untuk implementasi Denodo Data Virtualization.

 

Jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi kami.

 

Oleh: Jimmy Brian, Head of Data and Technology Department – Consulting Service.