Inilah 10 Tren Penggunaan Internet of Things (IoT) di Tahun 2021

internet of things

 

 

Internet of Things, yang biasanya dikenal dengan istilah IoT, adalah sistem perangkat terhubung yang memiliki pengenal uniknya sendiri. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengirim data ke produsen dengan menggunakan koneksi internet tanpa perlu campur tangan manusia. Mesin apa pun seperti pembuat kopi atau AC adalah bagian dari IoT jika dapat terhubung ke internet. Di bawah ini adalah sepuluh tren terbaru Internet of Things pada tahun 2021.

 

Blockchain

Dengan meningkatkan privasi data di aplikasi, Internet of Things mengirimkan data penggunaan perangkat ke produsen melalui private blockchain networks. Data-data ini tahan gangguan dan memungkinkan mitra bisnis untuk berbagi data tanpa kontrol dan manajemen pusat. Blockchain juga dapat membantu Internet of Things dengan melacak riwayat perangkat yang mencakup segala hal mulai dari data penggunaan hingga pertanyaan pelanggan.

 

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence telah merevolusi dunia bisnis dengan mengurangi beban kerja SDM. Ini membantu dalam mengotomatiskan proses bisnis sehingga para manajer memiliki lebih banyak waktu untuk perencanaan kreatif dan strategis. Perangkat dengan AI dan Internet of Things akan menghasilkan perilaku cerdas dengan mendukung pengambilan keputusan tanpa campur tangan manusia.

 

Industri Kesehatan

Industri Kesehatan mendapatkan keuntungan paling banyak dari Internet of Things. Wearable devices memainkan peran penting dalam penerapan sistem ini. Alat ini memiliki sensor, mikrofon, dan speaker untuk berinteraksi dengan pengguna. Mereka dapat digunakan oleh dokter untuk berbicara dengan pasiennya. Jika terjadi keadaan darurat, praktisi medis dapat secepatnya mengambil tindakan Internet of Things akan meningkatkan akses ke perawatan kesehatan untuk semua orang dan membuat seluruh proses lebih mudah dan bahkan lebih cepat. Ini akan memastikan bahwa profesional perawatan kesehatan selalu terhubung dengan pasien mereka untuk memberi mereka layanan yang lebih baik.

 

Personalized Retail

IoT di industri ritel akan memperkaya pengalaman pelanggan dengan data yang lebih dipersonalisasi. Ini akan membuat seluruh rantai pasokan lebih efisien dengan memberi tahu grosir dan distributor tentang inventaris pengecer. Pengecer hanya perlu mengingatkan distributor mereka tentang mengisi kembali persediaan mereka. Ini akan membuat seluruh rantai pasokan lebih efisien dan pelanggan mungkin tidak perlu kehabisan stok untuk produk apa pun.

 

Predictive Maintenance

Rumah pintar dengan sensor, akan mencegah langkah kaki yang tidak diinginkan masuk atau keluar dari rumah kita. IoT akan membawa ini ke level berikutnya dengan memperingatkan pemilik rumah tentang malfunctions sistem apa pun yang kemungkinan akan terjadi dalam waktu dekat. Itu juga dapat memperingatkan tentang masalah listrik dan kebocoran pipa di smartphone untuk memastikan bahwa pemilik akan mengambil tindakan segera dan mencegah kecelakaan.

 

Data Analytics

Data analytics adalah ilmu menganalisis data sehingga dapat dibuat kesimpulan yang bermakna terkait dengan informasi yang diberikan. IoT dalam analitik data akan mengirimkan data dari perangkat IoT yang terhubung ke internet. Data ini dapat digunakan dalam analitik data untuk menemukan informasi yang seharusnya diabaikan.

Voice User-Interface

Asisten suara di smartphone telah mengubah beberapa hal, seperti mencari sesuatu di internet, pesan suara ke teks, dan asisten pembaca teks. Dengan IoT, penggunaan suara dalam memberikan perintah, menyiapkan perangkat, dan menerima hasil akan beralih ke produk lain seperti wearable devices dan mobil.

 

Customer Service

Customer service sangat penting dalam hal memuaskan pelanggan dan memberi mereka nilai tambah. IoT selanjutnya akan meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan akses ke data secara real-time. IoT juga akan memberdayakan perangkat lunak CRM, mendeteksi masalah pelanggan, dan menginformasikan agen layanan pelanggan tentang masalah pelanggan.

Territory Monitoring

Sektor pertanian juga dapat memanfaatkan IoT dan alat pintar. IoT dapat membantu dalam mengontrol persediaan air, mengukur kelembaban tanah, dan memantau buah dan sayuran untuk menentukan waktu terbaik untuk panen. Ini akan dapat mengurangi biaya, meningkatkan perencanaan, sistem panen, dan prediksi di masa depan.

 

Customer Appliances

IoT pada customer appliances akan menambah layer yakni kenyamanan baru untuk membuat segalanya lebih nyaman. Bayangkan memiliki pelacak untuk menemukan kunci mobil Anda, lemari es yang dapat membuat daftar item yang akan habis, atau perangkat untuk mengidentifikasi suasana hati Anda dan memutar lagu yang Anda sukai. Dengan IoT dan customer appliances, semua ini dan lebih banyak lagi dimungkinkan untuk membuat hidup kita lebih mudah.

 

Kesimpulan

Selama beberapa tahun mendatang, IoT akan mengubah masyarakat dengan menghubungkan perangkat ke internet dan berbagi informasi secara digital. Jaringan objek fisik yang terhubung ini akan membantu dalam pengembangan teknologi dan perangkat yang dapat mengubah segala sesuatu di sekitar kita, termasuk peralatan dapur, mobil, mesin industri, dan cara kita berinteraksi dengan mesin ini.

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi Internet of Things, segera hubungi di sini.