Menerapkan Sistem Integrasi Bagi Masa Depan Bisnis

  Home/Blog/Menerapkan Sistem Integrasi Bagi Masa Depan Bisnis

Menerapkan Sistem Integrasi Bagi Masa Depan Bisnis

HPE – Dewasa ini persaingan di dunia bisnis semakin meningkat secara signifikan. Para pelaku usaha kecil dan menengah tentu yang paling merasakan efeknya sehingga penting bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan untuk terus berkembang dan melakukan bisnis secara efektif dan efisien. Salah satu kendala yang harus dihadapi oleh pelaku usaha kecil menengah adalah masalah yang disebabkan oleh pengunaan sistem komputer yang berbeda saat pengembangan, seperti sistem akutansi, penjualan, inventaris dan berbagai divisi atau bidang lainnya.

Sebenarnya ini bukan hal yang aneh karena usha kecil dan menengah biasanya belum memiliki sistem yang baik. Jika Anda merupakan pelaku usaha kecil dan menengah tentu Anda menyadari hal ini. Namun menyedarinya saja tidak cukup, Anda harus melakukan sesuatu untuk mengubah hal ini hingga menjadi sesuatu yang menguntungkan atau setidaknya dapat menjadi ruang bagi usaha Anda untuk terus berkembang. Cara terbaik tentu saja dengan mengadaptasi integrated system atau sistem terintegrasi untuk bisnis. Sistem yang terintegrasi memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya:

Meningkatkan produktivitas. Berhadapan dengan beberapa sistem yang berdiri sendiri untuk setiap divisi akan menghabiskan banyak waktu. Tidak hanya waktu tetapi juga energi para pegawai karena harus memasukan data satu per satu secara manual pada sistem yang berbeda. Belum lagi kemungkinan terjadi human error saat memasukan data di sistem yang berbeda. Hal ini tidak akan terjadi pada sistem yang terintegrasi karena Anda hanya perlu memasukkan data satu kali dan dapat diakses dari berbagai divisi.

Informasi manajemen yang lebih baik. Jika Anda menggunakan beberapa sistem yang berdiri sendiri maka akan sangat sulit untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh mengenai manajemen dan bisnis Anda. Sangat ebrebda dengan menggunakan sistem yang terintergasi karena menggunakan sistem ini berarti seluruh data dari berbagai divisi berkumpul di satu sistem sehingga akan memberikan informasi yang menyeluruh dan mempermudah Anda untuk menyiapkan rencana pengembangan bisnis.

Kepuasan pelanggan. Menggunakan beberapa sistem yang berbeda berarti membutuhkan waktu untuk memenuhi keinginan pelanggan. Terlebih jika usaha Anda bergerak di bidang jasa atau penjualan. Hal ini tentu akan berunjung pada keluhan atau bahkan lebih buruk lagi, Anda dapat kehilangan pelanggan.