5 Tren Teknologi yang Hadir dan Patut Diwaspadai

 

Penulis: Kodrat Wahyudi

 

Perkembangan teknologi dapat mengambil alih dunia dengan cepat dan jika disalahgunakan, itu bisa menjadi ancaman yang buruk untuk kita, terlebih lagi jika teknologi tidak digunakan dengan tepat dan salah sasaran. Mari kita lihat sekilas beberapa teknologi yang “mengerikan” itu.

 

 

Dalam banyak hal, teknologi memiliki dampak positif pada cara kita hidup, memberi arti bagi sekitar dan sesama, serta melangkah maju dalam kehidupan sehari-hari.Namun, pernahkah kita bayangkan bahwa teknologi baru yang sedang berkembang ini juga berpotensi menghancurkan semuanya?

 

Technology is a useful servant but a dangerous master — Christian Lous Lange.

 

Di bawah ini adalah lima tren teknologi yang punya peluang besar mengancam di masa depan, jika tidak tepat penggunaannya. 

 

Drone Swarms

 

Tahukah Anda apa itu ‘Drone Swarms’? Tepatnya, “kawanan drone” adalah armada platform atau objek tak berawak, dilengkapi dengan artileri kelas tinggi, dan akan digunakan untuk mencapai tujuan bersama.

 

Meskipun Drone Swarms bisa menjadi potensi yang sangat besar ketika kita berbicara tentang menjaga pemeriksaan di seluruh garis kendali, atau ketika ada kebutuhan untuk misi penyelamatan pencarian massal, namun, konsep mesin canggih ini, dilengkapi dengan senjata pemusnah massal yang canggih, yang bisa “berpikir” untuk diri mereka sendiri dan juga bisa menjadi umpan meriam!

 

Meskipun resiko kemungkinan negatif dari kawanan drone seperti itu sangat kecil terjadi, intel militer di seluruh dunia pada akhirnya akan menyebarkan drone ini dalam waktu dekat.

 

Perangkat Smart Home (yang Memata-matai)

 

Mungkin kita ingin membeli speaker pintar itu pada tahun baru mendatang. Nah, pikirkan lagi! Pernah terpikir bagaimana perangkat rumah pintar ini menanggapi pertanyaan kita? Algoritma macam apa yang mereka gunakan? Perangkat rumah pintar ini, dapat merespons kita, mendengarkan dan melacak perilaku dan kebiasaan kita.

 

Penting untuk dipahami bahwa setiap kali kita menambahkan perangkat rumah pintar ke alamat kita, terutama yang terhubung ke internet, kita mengizinkan mata-mata di dalam rumah kita.

 

Sekarang, jenis data apa yang dapat dikumpulkan perangkat pintar ini dari kita dan alamat kita? Sebagian besar, perangkat rumah mata-mata ini mengumpulkan informasi rutin kita seperti riwayat penayangan kita di platform streaming video, alamat rumah kita, rute apa yang kita ambil untuk pulang, dan juga, jam berapa kita biasanya kembali ke rumah.

 

Sebagian besar informasi aktifitas kita bisa terekam di alat pintar tersebut. Kita sebagai penggemar teknologi, mungkin kita sepakat bahwa kemajuan teknologi ini membuat hidup kita jauh lebih nyaman dan santai. Namun, penting untuk dipahami bahwa teknologi yang sama juga dapat digunakan untuk penyalahgunaan!

 

Kita tahu bahwa perangkat rumah pintar kita bekerja dengan kata seperti “ok google” atau semacamnya, tetapi tidakkah menurut kita mungkin perangkat kita menafsirkan kata lain yang kita ucapkan, sebagai kata bangun dan mulai mengumpulkan data, yang mungkin tidak kita inginkan? Perangkat pintar apa pun di tempat tinggal kita seperti TV pintar atau asisten rumah tangga bisa menjadi titik masuk untuk penyalahgunaan informasi pribadi kita.

 

Pengenalan Wajah untuk Surveillance

 

Tidak dapat disangkal fakta bahwa pengenalan wajah adalah teknologi fenomenal, dan telah diadopsi oleh perusahaan di berbagai sektor. Tetapi apakah kita sadari bahwa itu bisa, atau lebih tepatnya, bisa digunakan untuk tujuan pengawasan! Bayangkan kemungkinan suram yang dapat dibawa oleh teknologi canggih ini untuk seseorang dengan pikiran jahat dan yang memahami fungsi pengenalan wajah. Siapa tahu, mungkin ponsel cerdas kita dengan aplikasi seluler sosial dan tren sedang mengamati kita!

 

Teknologi ini dimaksudkan untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik untuk ditinggali dan seharusnya kita memastikan bahwa itu. Dan bukan sebaliknya.

 

AI Cloning

 

Mungkin kita punya pendapat sendiri mengenai kecerdasan buatan. Tetapi apakah kita mengetahui apa itu kloning AI? Kloning AI melibatkan algoritme pembelajaran mendalam sehingga memungkinkan untuk memanipulasi gambar, audio, dan video yang sudah ada! Teknologi buatan ini tidak diragukan lagi adalah salah satu teknologi yang muncul paling menjanjikan di era ini!

 

Namun, pemikiran bahwa teknologi ini dapat mengkloning gambar diam dan video bergerak yang ada, serta memanipulasinya untuk dimusnahkan atau sebagai bukti palsu di banyak kasus, tentunya adalah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Saat ini, menciptakan “kamu” buatan bukanlah sesuatu yang sulit atau dibuat-buat. Hasilnya sangat akurat sehingga sulit untuk mengetahui apakah klon itu asli atau palsu!

 

Kloning AI tidak membutuhkan banyak data mentah untuk membuat video palsu atau penipuan. Mari kita simak ide berikut ini. Berapa banyak gambar dan video Anda yang tersebar di internet? Tidakkah Anda berpikir bahwa Anda berisiko terkena kloning AI?

 

Teknologi ini, jika tidak diatur seiring waktu, bisa berubah menjadi teknologi pemusnah massal.

 

Smart Dust Technology

 

Perangkat Smart Dust dalah perangkat nirkabel kecil dalam bentuk dan ukuran butiran pasir, sehinga membuatnya benar-benar tidak dapat dilacak. Perangkat ini difasilitasi dengan sensor dan kamera, dan mereka memiliki potensi untuk merekam apapun yang kita inginkan!

 

Teknologi ini adalah revolusi karena manfaat yang dibawanya berada di luar imajinasi. Penggunaan perangkat Smart Dust di bidang medis dan militer bisa menjadi salah satu aset terbesar bagi mereka, tetapi bagaimana jika perangkat tersebut berada di tangan yang salah?

 

Memata-matai musuh dari lintas batas untuk melindungi kepentingan bangsa bisa dihitung sebagai positif dari teknologi ini. Tetapi pada saat yang sama, jika diberikan di tangan yang salah, perangkat ini berpotensi untuk menyerang di dalam rumah kita dan sepenuhnya menghapus privasi kita!

 

Lethal Autonomous Robots – Robot Otonom yang Mematikan

 

Terakhir, mari sekarang kita lihat tentang terminator otonom di kehidupan nyata! Tahukah Anda bahwa lebih dari 5 negara sedang mengerjakan pengembangan robot otonom dengan tujuan menggunakannya untuk pertempuran? Nampaknya hal ini terlihat sangat keren, tetapi apakah itu benar-benar keren? Mari kita pikirkan tentang hal berikut ini.

 

Perintah “Bunuh” di mesin tersebut dan hal itu menjadi satu-satunya motif bagi mesin itu. Selain itu, siapa yang akan bertanggung jawab bahwa robot mematikan ini tidak akan sampai ke tangan yang salah? Penting untuk menyalurkan teknologi ini ke arah yang benar. Otomatisasi proses robotik diharapkan memiliki dampak positif yang sangat besar pada bisnis di masa sekarang, tetapi hanya jika digunakan secara etis. Setelah teknologi ini dikembangkan, sebagaimana perkembangan teknologi di dunia, tentu teknologi ini akan dapat dijual.

 

Teknologi dimaksudkan untuk membuat hidup menjadi sederhana dan mudah, tetapi sangat penting untuk memastikan bahwa teknologi ini hanya digunakan untuk kebaikan.Peran teknologi seharusnya tidak sekedar membuat hidup kita menjadi mudah – tetapi juga mampu meningkatkan rasa kemanusiaan kita terhadap sesama. Penyalahgunaan teknologi yang berbahaya perlu dihentikan, dan itu harus dihentikan sekarang!