Inilah 7 Alasan Mengapa AWS Cloud Tepat untuk Transformasi Bisnis Anda

AWS Cloud

 

Amazon Web Services (AWS), cloud platform yang ditawarkan oleh Amazon.com Inc (AMZN), telah menjadi perusahaan raksasa IT yang bermula dari bisnis e-commerce.  Pada kuartal pertama tahun 2020 lalu, AWS menghasilkan revenue sebesar $10 miliar dan menyumbangkan 13,5% dari total pendapatan Amazon. Dengan pertumbuhan yang stabil sekitar 30%  dalam beberapa kuartal terakhir, AWS menjadi pelopor cloud computing platform di antara beberapa competitor lainnya.

 

Penggunaan cloud computing saat ini berkembang pesat, salah satunya adalah pada AWS. Memiliki lebih dari 40% pangsa pasar pada cloud service market,jelas Amazon Web Services (AWS) mengungguli beberapa pesaing lainnya dalam industri. AWS sendiri menawarkan penyimpanan berbasis cloud (cloud-based storage), virtual storage, dan 70 layanan AWS lainnya kepada perusahaan untuk kebutuhan bisnis digital.

 

Kehadiran COVID-19 dengan cepat mendorong perusahaan untuk terus mengeksplore cloud computing lebih dari sebelumnya. Sehingga solusi dari Amazon cloud business memungkinkan Anda untuk bertransformasi ke virtual channels. Tidak hanya itu, permintaan konsultasi untuk AWS cloud juga mengalami peningkatan yang siginifikan, banyak perusahaan ingin menganalisa proses dan keuntungan jika  mereka bertransformasi ke AWS.

 

Saat ini AWS cloud management telah memiliki lebih dari satu juta pelanggan dan dipercaya oleh perusahaan seperti Kellogs, Samsung, Unilever, Nokia, Netflix, Adobe dan sebagian besar raksasa multinasional.

 

Jika dilihat dari angka pendapatan dan portfolio AWS Cloud di atas, semakin membuat Anda penasaran seberapa menguntungkannya kah menggunakan AWS bagi bisnis Anda? Mari simak tujuh alasan mengapa Anda harus memilih AWS sebagai cloud platform Anda:

 

  1. Lokasi

Salah satu keunggulan utama AWS adalah tersedia di 44 zona berbeda di 16 lokasi geografis. Anda dapat mengakses server dari negara mana pun yang Anda inginkan. Perusahaan dapat bekerja sama dengan AWS developer untuk membantu mengakses semua fitur dari mana pun. Begitu juga jika Anda ingin menggunakan server, maka tidak ada batasan regional.

 

  1. Sistem Pemulihan (Recovery System)

Keunggulan AWS  lainnya adalah sistem pemulihan bencana (disaster recovery system). Vendor atau third party menawarkan solusi untuk memulihkan data yang hilang sehingga pekerjaan rutin Anda tidak mengalami kendala. Vendor cloud computing memiliki rencana disaster recovery yang baik untuk semua jenis atau ukuran perusahaan.

 

  1. Sistem Keamanan yang Lebih Baik

AWS sebagai layanan cloud, menawarkan keamanan yang advanced untuk melindungi data atau informasi perusahaan Anda. Data center dan server memiliki beberapa lapisan keamanan secara operasional. Kabar baiknya lagi, Amazon secara berkala melakukan evaluasi pada infrastruktur untuk memeriksa kerentanan keamanan. Amazon membuat security monitoring lebih cepat dan andal.

 

  1. Pencadangan multi-region

Karena AWS cloud management system terdesentralisasi, Anda dapat mem-back up data penting Anda di banyak wilayah. Platform ini menawarkan mode pencadangan AMI dan snapshost EBS. Jadi, meskipun di lingkungan atau area Anda bekerja sedang offline, tidak akan berdampak pada proses backup. Anda juga dapat menjadwalkan pencadangan di berbagai wilayah.

 

  1. Faktor Skalabilitas

Auto Scaling dan Elastic Load Balancing adalah dua alat AWS yang membuat penskalaan lebih mudah sekaligus memberikan performa yang maksimal. Anda dapat menaikkan atau menurunkan skala berdasarkan kebutuhan Anda. Amazon Web Services memiliki infrastruktur besar yang dapat menyediakan sumber daya komputasi saat Anda membutuhkannya.

 

  1. Model Penetapan Harga

Salah satu keunggulan AWS lainnya adalah model model penetapan harga. Model pemakaian Platform AWS  dengan sistem pay-as-you-go. Anda tidak perlu membayar biaya langganan yang besar untuk sumber daya yang bahkan tidak Anda gunakan. Struktur harga yang fleksibel secara siginifikan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan, membuat cloud computing tetap terjangkau bagi Anda.

 

  1. Fleksibilitas

Terakhir, salah satu kelebihan terpenting dari AWS adalah fleksibilitasnya. Ini memungkinkan Anda untuk memilih sistem operasi, bahasa pemrograman, platform aplikasi web, database dan layanan lain yang mungkin Anda perlukan. AWS menawarkan lingkungan virtual untuk memuat semua layanan yang diperlukan oleh Aplikasi Anda. Sistem ini juga dapat menyederhanakan proses migrasi data.

 

Amazon Cloud Business Menjadi Masa Depan Perusahaan

 

Semua perusahaan raksasa IT dan perusahaan software development menggunakan layanan AWS untuk kebutuhan cloud computing mereka. Anda dapat bekerja sama dengan seorang professional dalam  konsultasi AWS cloud untuk menganalisa persyaratan computing Anda seperti PT Berca Hardayaperkasa yang menjadi partner resmi AWS untuk Indonesia. Anda dapat melakukan konsultasi bagaimana mengintegrasikan infrastruktur perusahaan Anda dengan platform AWS cloud. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di sini.

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.