Pentingnya Kalibrasi Alat dan Peralatan Ukur yang Harus Anda Ketahui

 

Oleh: Kodrat Wahyudi

 

Di era teknologi modern ini, penting untuk menggunakan alat ukur yang akurat untuk mengukur besaran fisis di sekitar kita. Pengukuran yang akurat memfasilitasi beberapa industri Perangkat pengukuran ini diperlukan untuk memberikan informasi yang benar. Perangkat ini harus diverifikasi dan seakurat mungkin. Kalibrasi alat ukur memastikan keakuratan alat pengukur.

 

Apa yang dimaksud dengan kalibrasi alat ukur?

 

Kalibrasi alat ukur adalah hubungan antara pengukuran standar dan analisis menggunakan peralatan kita. Ini adalah proses memeriksa pembacaan perangkat untuk melihat bagaimana pengukuran dibandingkan dengan nilai sebenarnya. Keakuratan standar diharuskan sepuluh kali akurasi alat ukur. Kalibrasi alat ukur memiliki dua tujuan yang paling signifikan. Ini digunakan untuk menentukan keakuratan alat dan memeriksa ketertelusuran alat ukur. Kalibrasi juga penting untuk memperbaiki perangkat jika tidak berfungsi dengan baik.

 

Instrumen yang tidak akurat dapat menyebabkan kejutan listrik atau mekanis, atau dapat membuat lingkungan manufaktur menjadi berbahaya. Jenis instrumen atau lingkungan di mana instrumen tersebut digunakan dapat menurunkan kualitas instrumen. Dalam hal ini kalibrasi adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan akurasi alat ukur. Kalibrasi melalui pembuatan alat ukur yang akurat akan dapat meningkatkan kualitas produk juga.

 

Traceability atau ketertelusuran

Keakuratan instrumen tergantung pada ketertelusuran instrumen. Kalibrasi memastikan bahwa pembacaan dari instrumen konsisten dengan instrumen lain. Traceability memungkinkan produsen untuk mengontrol proses manufaktur dengan  mengendalikan aktivitas dari satu hari ke hari lain dan dari satu tempat ke tempat lain. Ketertelusuran juga memungkinkan produsen untuk memenuhi spesifikasi klien.

Uncertainty atau Ketakpastian

Kalibrasi menentukan keakuratan pembacaan instrumen. Pengukuran yang akurat meningkatkan kualitas keputusan, sedangkan pengukuran kualitas yang buruk menghasilkan keputusan yang berkualitas buruk. Ketidakpastian adalah perkiraan nilai numerik yang membantu meminimalkan risiko dan kemungkinan konsekuensi buruk. Kalibrasi mendefinisikan nilai numerik tertentu untuk ketidakpastian dan meningkatkan kualitas keputusan. Ketika membuat keputusan, ketidakpastian yang akurat dalam pengukuran sama pentingnya dengan pengukuran itu sendiri.

 

Reliability atau keandalan

Kalibrasi alat ukur memastikan bahwa alat tersebut memiliki kemampuan untuk memberikan informasi yang andal. Kalibrasi memastikan bahwa ada koreksi minimum dan ketidakpastian dalam pengukuran perangkat tertentu. Reliability adalah pengukuran perangkat untuk perilaku  yang dapat menunjukkan bahwa perangkat tersebut rusak. Sertifikat kalibrasi memastikan bahwa alat tersebut dapat diandalkan dan dapat memenuhi tujuan yang dimaksudkan.

 

Seberapa Sering Anda Harus Mengkalibrasi Instrumen?

Kita bertanggung jawab untuk menentukan periode kalibrasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Namun, siklus kalibrasi 12 hingga 18 bulan sesuai untuk sebagian besar pengguna. Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan: penyimpangan kinerja dan keausan konektor.

  • Spesifikasi instrumen diatur untuk mempertimbangkan penyimpangan kinerja yang mungkin terjadi selama periode 24 bulan. Oleh karena itu, mendapatkan instrumen yang dikalibrasi pada interval 24 bulan memastikan bahwa penganalisis mempertahankan kinerja dalam spesifikasi operasi.
  • Keausan konektor merupakan faktor yang lebih besar dan tergantung pada jumlah sambungan yang dibuat. Port uji menjadi sangat aus setelah 500 hingga 700 sambungan. Ini bisa mewakili sekitar 12 bulan dengan penggunaan rata-rata. Dengan koneksi yang lebih sering, siklus kalibrasi seharusnya lebih cepat. Kita dapat memperpanjang waktu antara kalibrasi dan dengan demikian melakukan penghematan dan dengan melakukan perawatan konektor yang tepat.

 

Paparan di atas menyoroti bahwa kalibrasi instrumen sangat penting untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang pengukuran besaran fisis. Kalibrasi juga memudahkan proses pengambilan keputusan di segala bidang kehidupan. Untuk meningkatkan kualitas tindakan di semua lapisan masyarakat, penting untuk mengkalibrasi perangkat kita sesuai dengan rekomendasi dari produsen. Kalibrasi juga diperlukan setelah mechanical atau electrical shock. Selain itu, biaya dan risiko tersembunyi yang terkait dengan peralatan pengukur yang tidak dikalibrasi jauh lebih besar daripada biaya kalibrasi. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkalibrasi perangkat kita dari perusahaan yang memiliki reputasi baik dan untuk memastikan bahwa kesalahan yang terkait dengan pengukuran dapat diterima.

 

Laboratorium Layanan Kalibrasi Terakreditasi

Melalui divisi TMI, salah satu layanan yang disediakan oleh PT Berca Hardayaperkasa adalah kalibrasi terakreditasi. Layanan ini dilakukan di Laboratium kalibrasi terakreditasi, yang menjadi salah satu layanan unggulan dari divisi TMI. Dengan kalibrasi ini, kita akan mendapat jaminan bahwa sistem pengujian kita bekerja sesuai spesifikasi. Setelah proses pengujian, TMI akan memberikan label kalibrasi.

 

Hal ini tidak selalu berarti instrumen kita dalam toleransi dan melakukan pengukuran yang akurat. TMI berkomitem untuk terus mengembangkan kemampuan secara konsisten untuk menjadi laboratorium yang lengkap, akurat dan terpercaya. Untuk informasi lebih lanjut, mengenai kalibrasi ini dan menghubungi divisi TMI PT Berca Hardayaperkasa, silahkan klik di sini.