Robot ANDI Untuk Mengukur Perubahan Iklim, Dapat Bernafas dan Berkeringat Seperti Manusia

robot andi

Photo by Arizona State University

Baru-baru ini para ilmuwan mencapai terobosan luar biasa dengan penemuan ANDI, robot. Robot ini dapat “bernapas, berkeringat, menggigil” pertama di dunia. Thermetrics dan Arizona State University menciptakan “manekin termal” yang peka dengan panas . ANDI menghasilkan panas, menggigil, berjalan, dan bernafas, memungkinkan peneliti untuk mempelajari efek suhu ekstrem pada tubuh manusia.

 

ANDI adalah satu-satunya yang mampu bekerja di luar ruangan, fitur ini memungkinkan eksperimen di lingkungan panas ekstrem yang sebelumnya tidak dapat diakses dan mempelajari dampak radiasi matahari. Robot thermal manekin ini berpenampilan seperti robot pada umumnua tetapi memliki tujuan yang nyata.

Inovasi orisinal ini sangat menjanjikan untuk memajukan pengetahuan kita tentang respons tubuh manusia terhadap suhu ekstrem. Ini membuka jalan untuk mengembangkan strategi yang melindungi individu dari bahaya terkait panas dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

ANDI merupakan tonggak penting dalam penelitian robotika dan regulasi termal, dengan implikasi potensial untuk berbagai bidang yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan manusia.

Perubahan Iklim

Perubahan iklim sangat terasa diseluruh dunia, bahkan khususnya Indonesia. Beberapa lab telah menggunakan robot manekin serupa yang terkontrol mengukur panas, robot ANDI adalah yang pertama yang dilengkapi sistem pendingin internal yang memungkinkannya digunakan dan diuji di luar ruangan.

Robot ANDI memiliki fokus utama mereka adalah mempelajari hubungan antara panas ekstrem dan kesehatan manusia, faktor terutama pada individu yang aktif seperti anak-anak dan atlet. ini dapat membantu peneliti melihat perubahan iklim. Tim peneliti ASU berharap dapat menghasilkan temuan yang signifikan dalam memahami respon tubuh manusia terhadap panas dan mengidentifikasi langkah-langkah pencegahan yang efektif. Para peneliti berharap robot ini memiliki ‘organ’ seperti manusia dan dapat menambah wawasan untuk meningkatkan kegunaan pada robot ini.

Masa kini pasti kecanggihan robot sangat diharapkan mampu membantu pekerjaan untuk menjadi lebih mudah dan ringan. Tim Berca dapat membantu kamu untuk menemukan solusi teknologi yang canggih dan cocok untuk bisnis kamu, silahkan hubungi tim Berca di marketing@berca.co.id