Bagaimana AI Machine Learning Membantu Manufaktur untuk Memaksimalkan Produksi

Machine Learning


Apa yang dimaksud dengan AI Machine Learning di bidang manufaktur?

Kecerdasan Buatan (AI) memainkan banyak peran di bidang manufaktur. AI secara intrinsik terhubung dengan IoT industri (IIoT), dan mendorong industri 4.0. Ada banyak kasus penggunaan AI di bidang manufaktur dan banyak cara AI membantu peningkatan nilai dalam industri. Salah satu bagian dari AI yang paling umum adalah pembelajaran mesin (machine learning/ML).

 

Manufaktur proses adalah sektor yang sangat kompetitif, dengan pasar yang berubah dengan cepat dan sistem kompleks yang memiliki banyak bagian yang bergerak. Untuk mendorong inovasi dan meningkatkan profitabilitas, pabrik proses membutuhkan semua keuntungan yang dapat diberikan oleh AI dan ML.  Pembelajaran mesin di bidang manufaktur biasanya mendukung analitik prediktif, robotika, pemeliharaan prediktif, dan proses otomatis, yang membantu membuat pabrik lebih efisien, menguntungkan, dan aman.

 

Mengapa AI Machine Learning penting bagi pabrik pengolahan?

Pabrik pengolahan mengandalkan AI untuk mengintegrasikan data, menganalisisnya, dan menghasilkan wawasan dan prediksi mendalam yang membantu mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik di seluruh lini.  Machine Learning adalah jenis AI yang mengolah kumpulan data yang sangat besar untuk menemukan pola dan tren, kemudian menggunakannya untuk membangun model yang memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. ML memungkinkan pabrik untuk memperkirakan fluktuasi permintaan dan penawaran, memperkirakan interval terbaik untuk penjadwalan pemeliharaan, dan melihat tanda-tanda awal anomali.  Dengan bantuan AI dan ML,keuntungan perusahaan manufaktur yang didapat:

  1. Menemukan efisiensi baru dan mengurangi pemborosan untuk menghemat pengeluaran
  2. Memahami tren dan perubahan pasar
  3. Memenuhi peraturan dan standar industri, meningkatkan keselamatan, dan mengurangi dampak lingkungan
  4. Meningkatkan kualitas produk
  5. Menemukan dan menghilangkan hambatan dalam proses produksi
  6. Meningkatkan visibilitas ke dalam rantai pasokan dan jaringan distribusi
  7. Mendeteksi tanda-tanda awal kegagalan atau anomali.
  8. Memangkas waktu henti dan melakukan perbaikan dengan lebih cepat
  9. Melakukan analisis akar masalah yang lebih akurat untuk meningkatkan proses
  10. Mengoptimalkan siklus hidup peralatan

 

Bagaimana cara menggunakan AI machine learning di bidang manufaktur secara maksimal?

Tingkatkan manajemen data perusahaan kamu

Apa pun jenis alat AI atau ML yang ingin perusahaan terapkan, perusahaan memerlukan data dalam jumlah besar untuk mewujudkannya. Sebelum memulai proyek AI atau membangun model ML, perusahaan kamu perlu memastikan bahwa sudah mengumpulkan semua data yang relevan, menyimpannya di satu lokasi yang dapat diakses oleh alat ML dan perusahaan menggunakan platform penanganan data yang tepat untuk mengekstrak dan memproses data menjadi kumpulan data yang dapat digunakan.

 

Tentukan tujuan perusahaan kamu

Ada beberapa kasus penggunaan untuk ML dan AI di bidang manufaktur, dan semuanya memiliki potensi untuk memberikan nilai dan meningkatkan keuntungan Anda. Mulailah dengan menentukan area yang dapat memberikan nilai tercepat dan/atau sudah memiliki data yang diperlukan, dan prioritaskan tujuan mana yang harus dicapai terlebih dahulu, sehingga Anda dapat menerapkan AI/ML secara teratur.

 

Menerapkan AI dan/atau ML ke seluruh organisasi

Meskipun perusahaan mungkin memulai dengan menggunakan AI untuk tugas-tugas spesifik dan terbatas di departemen tertentu atau menerapkan prediksi ML pada kasus penggunaan tertentu, kamu tidak akan melihat dampak sebenarnya dengan cara ini. perusahaan perlu menghubungkan kasus-kasus penggunaan yang terisolasi dan menerapkan otomatisasi AI serta kemampuan prediksi ML baik secara vertikal maupun horizontal di seluruh organisasi.

 

Menilai keterampilan sumber daya manusia yang tersedia

Sebelum perusahaan dapat menerapkan ML atau AI pada pabrik, Perusahaan harus memastikan bahwa memiliki personel yang tepat dengan keahlian yang diperlukan. Ini dapat mencakup analis, ilmuwan data, spesialis TI, dan banyak lagi. Dalam kasus SAM GUARD, tidak ada personel khusus yang dibutuhkan, baik ilmuwan data maupun yang lainnya; satu-satunya orang yang perlu tersedia adalah mereka yang mengetahui pabrik dengan baik, biasanya insinyur proses.

 

Membangun budaya berbasis data

Untuk berhasil menerapkan AI/ML di bidang manufaktur, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan pergeseran budaya menjadi berbasis data. Perusahaan perlu membangun kepercayaan dengan mengumpulkan data untuk menghasilkan wawasan yang bermakna yang membantu karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka, menunjukkan nilai data sebelum oerusahaan meluncurkan model ML, dan algoritme AI, jika tidak, karyawan akan mengabaikannya.

 

Bagaimana AI/ML di bidang manufaktur membuat pabrik proses menjadi lebih produktif?

Dengan merangkul banyak kasus penggunaan AI dan pembelajaran mesin di bidang manufaktur, proses pabrik dapat meningkatkan kualitas produksi, memprediksi fluktuasi permintaan pasar, mengurangi jumlah insiden serius, meningkatkan reputasi mereka dalam hal keselamatan dan dampak lingkungan, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas secara keseluruhan. Menerapkan ML dan AI di bidang manufaktur merupakan proses berkelanjutan yang terus memberikan nilai dan meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keefektifitas AI Machine Learning yang tepat pada perusahaan kamu, konsultasikan dengan tim berca dengan hubungi Marketing Berca marketing@berca.co.id atau ke 081280741890.