Transformasi Digital Proses Anda dengan Bantuan Robotic Process Automation (RPA) UiPath

RPA UiPath

 

 

Robotic process automation atau yang kita kenal dengan isitilah RPA adalah solusi yang menjadi cukup populer di tahun 2019. RPA UiPath adalah merupakan solusi software automation yang dapat menggantikan manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari yang berulang-ulang seperti membaca dan mengunduh email, memindahkan file, membaca file excel, hingga melakukan pekerjaan yang lebih kompleks seperti login ke dalam system dan melakukan data input.

 

Berca Hardayaperkasa sebagai konsultan dan penyedia layanan RPA bekerja sama dengan UiPath sebagai penyedia platform memberikan added value kepada client kami dalam melakukan implementasi RPA dan melakukan transformasi bisnis digital.

 

Beberapa alasan kenapa RPA menjadi solusi yang populer dan banyak di implementasikan:

 

  1. Melakukan proses lebih efisien dan mengurangi processing cost

 

Dengan melakukan otomasi proses melalui RPA perusahaan dapat melakukan proses lebih cepat dengan kecepatan eksekusi robot yang jauh lebih cepat dari manusia. Selain hal tersebut penggunaan RPA menghilangkan human error dan akan meningkatkan akurasi dalam melakukan proses data input. Dengan RPA kita bisa melihat average handling time per transaksi menjadi  jauh lebih cepat dengan processing cost yang jauh lebih kecil.

 

 

  1. Implementasi yang cepat

 

Jika dibandingkan dengan cara automation yang lebih traditional (seperti excel macro, custom development, business process automation, dan sebagai nya), pengembangan otomasi di RPA dapat dilakukan lebih mudah dan cepat di mana RPA dapat berinteraksi dengan berbagai macam aplikasi dengan sangat mudah. Dengan tools UiPath Studio yang penggunaannya drag and drop memudahkan bagi developer (maupun business user) untuk membuat otomasi proses dengan cepat untuk membantu pekerjaan mereka.

 

RPA UiPath

 

  1. Solusi untuk masalah yang di hadapi

 

RPA UiPath dapat dikembangkan untuk memberikan efisiensi proses yang ada di beberapa department dalam perusahaan seperti:

Finance & Procurement

  • Invoice Processing
  • Otomasi Finance Report

HR

  • Employee on Boarding
  • Exit Management
  • Sourcing Kandidat

IT

  • Ticket Request Handling
  • Server App Monitoring
  • User Access Management

Customer Service

  • Perubahan data customer
  • Password Reset
  • Analyze customer data during customer call

 

 


 

  1. Meningkatkan kepuasan karyawan

 

Salah satu kesalahpahaman RPA adalah RPA akan mengambil porsi pekerjaan karyawan sehingga mereka tidak akan dibutuhkan lagi. Memang benar adalah RPA akan mengambil pekerjaan manual dan berulang (dan kadang membosankan) yang saat ini dilakukan karyawan, namun dengan porsi pekerjaan tersebut diambil oleh RPA UiPath maka karyawan mereka mulai bisa fokus pada pekerjaan yang lebih strategis.

 

Hal tersebut membuat karyawan lebih bahagia karena sebagian besar waktu yang dihabiskan adalah untuk melakukan pekerjaan yang lebih strategis dan bermakna.

 

Berca Hardayaperkasa adalah partner resmi RPA UiPath di Indonesia dan memiliki resource handal yang bersertifikasi untuk membantu anda melakukan implementasi RPA UiPath. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami.

 

Oleh: Aditya Hachiro, Senior Consultant