Transformasikan Proses Anda dengan Robotic Process Automation UiPath

 

Oleh: Aditya Hachiro, Senior Consultant

 

Robotic Process Automation (RPA) atau yang kita kenal dengan isitilah RPA adalah solusi yang menjadi cukup populer di tahun 2019. RPA UiPath merupakan solusi software automation yang dapat menggantikan manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari yang berulang seperti membaca dan mengunduh email, memindahkan file, membaca file excel, hingga melakukan pekerjaan yang lebih kompleks seperti login ke dalam system dan melakukan data input.

 

Pada tahun 2022, Gartner memprediksi 90% perusahaan besar di seluruh dunia sudah mulai mengadopsi RPA. Gartner juga menyatakan bahwa pendorong utama implementasi RPA adalah untuk meningkatkan kemampuan terhadap kualitas proses, kecepatan, dan produktivitas, yang semakin penting karena perusahaan berusaha memenuhi tuntutan pengurangan biaya selama COVID-19.

 

Tapi saat ini masih banyak perusahaan yang belum memahami perbedaan kemampuan antar software RPA. Mereka juga berpikir bahwa RPA hanya bisa digunakan oleh perusahaan besar dengan minimum investasi mencapai $100.000 per tahun. Namun, pada nyatanya tidak selalu demikian.

 

Kenyataannya adalah bahwa vendor RPA dengan cepat dan terus menerus menyesuaikan model penawaran dan harga sesuai kebutuhan customer yang berkembang. Untuk memberikan rekomendasi terbaik dalam implementasi automation tools, Berca Hardayaperkasa sebagai konsultan dan penyedia layanan Robotic Process Automation bekerja sama dengan UiPath sebagai penyedia platform dapat memberikan added value kepada customer kami dalam melakukan implementasi RPA dan melakukan transformasi bisnis digital.

 

Beberapa alasan kenapa Robotic Process Automation UiPath Indonesia menjadi solusi yang populer dan banyak di implementasikan:

 

  1. Melakukan proses lebih efisien dan mengurangi processing cost

 

Dengan melakukan otomasi proses melalui RPA perusahaan dapat melakukan proses lebih cepat dengan kecepatan eksekusi robot yang jauh lebih cepat dari manusia. Selain hal tersebut penggunaan RPA menghilangkan human error dan akan meningkatkan akurasi dalam melakukan proses data input. Dengan RPA kita bisa melihat average handling time per transaksi menjadi  jauh lebih cepat dengan processing cost yang jauh lebih kecil.

 

 

  1. Implementasi yang cepat

 

Jika dibandingkan dengan cara automation yang lebih traditional (seperti excel macro, custom development, business process automation, dan sebagai nya), pengembangan otomasi di RPA dapat dilakukan lebih mudah dan cepat di mana RPA dapat berinteraksi dengan berbagai macam aplikasi dengan sangat mudah. Dengan tools UiPath Studio yang penggunaannya drag and drop memudahkan bagi developer (maupun business user) untuk membuat otomasi proses dengan cepat untuk membantu pekerjaan mereka.

 

RPA UiPath

 

  1. Solusi untuk masalah yang di hadapi

 

RPA UiPath dapat dikembangkan untuk memberikan efisiensi proses yang ada di beberapa department dalam perusahaan seperti:

Finance & Procurement

  • Invoice Processing
  • Otomasi Finance Report

HR

  • Employee on Boarding
  • Exit Management
  • Sourcing Kandidat

IT

  • Ticket Request Handling
  • Server App Monitoring
  • User Access Management

Customer Service

  • Perubahan data customer
  • Password Reset
  • Analyze customer data during customer call

 

 


 

  1. Meningkatkan kepuasan karyawan

 

Salah satu kesalahpahaman RPA adalah RPA akan mengambil porsi pekerjaan karyawan sehingga mereka tidak akan dibutuhkan lagi. Memang benar adalah RPA akan mengambil pekerjaan manual dan berulang (dan kadang membosankan) yang saat ini dilakukan karyawan, namun dengan porsi pekerjaan tersebut diambil oleh RPA UiPath maka karyawan mereka mulai bisa fokus pada pekerjaan yang lebih strategis.

 

Hal tersebut membuat karyawan lebih bahagia karena sebagian besar waktu yang dihabiskan adalah untuk melakukan pekerjaan yang lebih strategis dan bermakna.

 

Berca Hardayaperkasa adalah partner resmi Robotic Process Automation UiPath di Indonesia dan memiliki resource handal yang bersertifikasi untuk membantu anda melakukan implementasi RPA UiPath. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami.

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.