Teknologi 5G Hadir, Hal Apa Saja yang Wajib Kita Tahu?

 

Jaringan seluler generasi ke-5, teknologi 5G adalah evolusi dari jaringan 4G saat ini. Jaringan ini telah diciptakan untuk memenuhi dan melampaui pertumbuhan besar-besaran data dan konektivitas IoT, mengubah realitas hari ini dan membuka jalan untuk hari esok.

 

5G disebut sebagai jaringan seluler pertama yang memiliki peran besar bagi industry secara luas. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa manfaat teknologi 5G akan lebih besar oleh industri ketimbang konsumen.

Terdapat 3 karakteristrik ekstrem layanan seluler yang dihasilkan teknologi 5G, yaitu:


1.  Enhance Mobile Broadband (eMBB)
Contoh use case: connected cloud computing, collaborative interactive education, immerse virtual reality, collaborative immerse gaming, always connected augmented reality.

2. Ultra-Reliable and Law Latency Communication (uRLLC)

Contoh use case: autonomous driving, connected vehicle (V2X), drone delivery, industrial robotic automation (industry 4.0).

3. Massice Machine Type Connection (mMTC)

Contoh use case: smart city, smart utilities, smart agriculture, smart energy, fleet management, bike sharing.

 

Apa yang bisa dilakukan 5G untuk kita?

Seiring dengan terhubungnya miliaran perangkat secara instan dan dengan kecepatan koneksi yang tinggi, kapasitas, dan waktu respons komunikasi yang lebih cepat secara eksponensial (dikenal sebagai latensi), 5G akan memungkinkan rangkaian produk dan layanan baru yang inovatif dan menakjubkan.

 

Apa gunanya 5G bagi kita?

Menghubungkan miliaran mesin dan perangkat, Internet of Things (IoT) merevolusi proses dan aplikasi industri modern.

 

  • Real-time control

Real-time control of devices: komunikasi antar mesin atau perangkat, autonomous driving dan perawatan medis jarak jauh hanyalah beberapa contoh dari ultra-reliable low latency communications.

 

  • Enhanced mobile broadband

Enhanced mobile broadband akan menampilkan kecepatan data yang lebih cepat secara dramatis, menampilkan internet nirkabel tetap untuk rumah dan konektivitas yang lebih besar bagi para travelers.


Perbaikan 5G
 

100x

Lalu lintas jaringan yang lebih efisien Dengan adanya semakin banyak sel kecil akan mendorong network hyper-densification (kepadatan jaringan lebih digunakan secara efisien).

10x

Experienced throughout – Multiple Gbps peak rates.

100x

Efisiensi jaringan Konsumsi energi jaringan yang dioptimalkan, dengan pemrosesan yang lebih efisien.

3x

Efisiensi spektrum Pensinyalan yang lebih efisien untuk konektivitas IoT.

 

10x

Mengurangi latensi Memberikan latensi serendah 1 ms.

 

10x

Kepadatan koneksi Pensinyalan yang lebih efisien untuk konektivitas IoT.

 

Pengaplikasian 5G di berbagai sektor industri

Nyatanya, teknologi 5G dapat diaplikasikan oleh berbagai sektor yang sangat berbeda sekalipun, seperti:

  • Bidang Penyiaran
    Sambungan antara kamera dengan 5G CPE (customer-premise equipment), memungkinkan periusahaan untuk melakukan siaran langsung tanpa perlu menggunakan truk produksi tradisional.

 

  • Bidang Kesehatan
    Melalui mobil ambulans yang terhubung dengan teknologi 5G, para staf kesehatan dapat melakukan operasi secara jarak jauh, hal ini bisa dilakukan bagi manusia maupun untuk hewan.

 

  • Bidang Keamanan
    Dalam sektor keamanan, teknologi 5G yang dipadukan dengan augmented reality mampu mewujudkan kacamata canggih untuk menunjang aktifitas petugas keamanan.

 

Melangkah lebih jauh lewat 5G+
Teknologi 5G+ merujuk pada perpaduan dua teknologi untuk menciptakan inovasi dan solute yang lebih berkelanjutan. Salah satunya dapat terwujud dengan menggabubungkan teknologi 5G dan 4G atau kominasi 5G dengan teknologi berbasis data.

 

Potensi 5G di Indonesia
Pesatnya pertumbuhan industry dan  teknologi membuat Indonesia memiliki potensi besar dalam memanfaatkan teknologi 5G yang tepat guna, Keunggulan teknologi 5G akan memberi kesempatan bagi seluruh pelaku bisnis, dan penggiat ekosistem digital menciptakan inovasi kreatif yang siap bersaing pada Revolusi Industri 4.0 mendatang.

 

Dari berbagai sumber.