Bagaimana Melakukan AWS Database Migration Service?

 

 

AWS Database Migration Service membantu Anda melakukan migrasi database ke AWS dengan cepat dan aman. Sumber database tetap dapat dioperasikan secara penuh selama migrasi dilakukan, meminimalkan waktu henti aplikasi yang bergantung pada database. AWS Database Migration Service dapat melakukan migrasi data Anda ke dan dari database yang secara luas digunakan secara komersial dan dari sumber terbuka.

 

AWS Database Migration Service mendukung migrasi homogen seperti Oracle ke Oracle, serta migrasi heterogen antara platform database yang berbeda, seperti Oracle atau Microsoft SQL Server ke Amazon Aurora. Dengan AWS Database Migration Service, Anda dapat terus mereplikasi data Anda dengan ketersediaan tinggi dan mengkonsolidasikan database ke gudang data skala petabyte dengan mempersingkat data ke Amazon Redshift dan Amazon S3. Pelajari selengkapnya tentang sumber dan database target yang didukung.

 

Ketika melakukan migrasi database ke Amazon Aurora, Amazon Redshift, Amazon DynamoDB, atau Amazon DocumentDB (dengan kompatibilitas MongoDB) Anda dapat menggunakan DMS gratis selama enam bulan.

 

Keuntungan

Mudah digunakan

 

AWS Database Migration Service mudah digunakan. Tidak perlu menginstal drive atau aplikasi, dan tidak memerlukan perubahan database sumber dalam sebagian besar kasus. Anda dapat memulai migrasi database dengan hanya beberapa klik di AWS Management Console. Setelah migrasi dimulai, DMS mengelola semua kompleksitas proses migrasi termasuk secara otomatis mereplikasi perubahan data yang terjadi di database sumber selama proses migrasi. Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk replikasi data terus-menerus dengan kemudahan yang sama.

Waktu henti minimal

 

AWS Database Migration Service membantu Anda melakukan migrasi database ke AWS dengan secara virtual tanpa waktu henti. Semua perubahan data ke database sumber yang terjadi selama migrasi secara terus-menerus direplikasi ke target, membuat database sumber beroperasi secara penuh selama proses migrasi. Setelah migrasi database selesai, database target akan tetap tersinkronkan dengan sumber selama Anda memilih, membuat Anda dapat memindahkan database pada waktu yang sesuai.

Mendukung database yang digunakan secara luas

 

AWS Database Migration Service dapat melakukan migrasi data Anda ke dan dari database yang secara luas digunakan secara komersial dan dari sumber terbuka. Layanan ini mendukung migrasi homogen seperti Oracle ke Oracle, serta migrasi heterogen antara platform database yang berbeda, seperti Oracle ke Amazon Aurora. Migrasi dapat dari database di lokasi ke Amazon RDS atau Amazon EC2, database yang berjalan di EC2 ke RDS, atau sebaliknya, serta dari satu database RDS ke database RDS lain. Layanan ini juga dapat memindahkan data antara SQL, NoSQL, dan target berbasis teks.

Rendah biaya

 

AWS Database Migration Service adalah layanan yang rendah biaya. Anda hanya membayar sumber daya komputasi yang digunakan selama proses migrasi dan penyimpanan log tambahan apa pun. Melakukan migrasi database berukuran terabyte dapat dilakukan dengan hanya 3 USD. Ini berlaku untuk migrasi homogen dan heterogen database yang didukung apa pun. Hal ini sangat kontras dengan metode migrasi database konvensional yang bisa saja sangat mahal.

Penyiapan yang cepat dan mudah

 

Anda dapat menyiapkan tugas migrasi dalam hitungan menit di AWS Management Console. Tugas migrasi adalah tempat Anda menentukan parameter penggunaan AWS Database Migration Service untuk melakukan migrasi. Hal ini mencakup mengatur koneksi ke database sumber dan target, serta memilih instans replikasi yang digunakan untuk menjalankan proses migrasi. Setelah penyiapan dilakukan, tugas yang sama dapat digunakan untuk menjalankan tes sebelum melakukan migrasi yang sebenarnya.

Tepercaya

 

AWS Database Migration Service sangat tangguh dan dapat pulih dengan sendirinya. Layanan ini secara terus menerus memonitor database sumber dan target, koneksi jaringan, dan instans replikasi. Jika terjadi interupsi, layanan ini secara otomatis memulai ulang proses dan melanjutkan migrasi dari saat tertunda. Opsi Multi-AZ membuat Anda memiliki ketersediaan tinggi untuk migrasi database dan replikasi data terus-menerus dengan mengaktifkan instans replikasi ganda.

 

Kasus penggunaan

 

Migrasi Database Homogen

 

Di migrasi database homogen, mesin database target dan sumber sama atau kompatibel seperti Oracle ke Amazon RDS untuk Oracle, MySQL ke Amazon Aurora, MySQL ke Amazon RDS untuk MySQL, atau Microsoft SQL Server ke Amazon RDS untuk SQL Server. Karena struktur skema, tipe data, dan kode database kompatibel antara database sumber dan target, migrasi jenis ini adalah proses satu langkah. Anda membuat tugas migrasi dengan koneksi ke database sumber dan target, lalu memulai migrasi dengan mengklik satu tombol. AWS Database Migration Service mengurus yang lainnya. Database sumber dapat terletak di lokasi Anda sendiri di luar AWS, berjalan di instans Amazon EC2, atau dapat berupa database Amazon RDS. Target dapat berupa database di Amazon EC2 atau Amazon RDS.

 

Diagram kasus penggunaan migrasi database homogen

Migrasi Database Heterogen

 

Dalam migrasi database heterogen mesin database sumber dan target berbeda, seperti dalam kasus migrasi Oracle ke Amazon Aurora, Oracle ke PostgreSQL, atau Microsoft SQL Server ke MySQL. Dalam kasus ini, struktur skema, jenis data, dan kode database dari database sumber dan target dapat cukup berbeda, memerlukan transformasi skema dan kode sebelum memulai migrasi data. Hal itu membuat migrasi heterogen menjadi proses dua langkah.

 

Pertama gunakan AWS Schema Conversion Tool untuk mengonversi skema dan kode sumber untuk menyesuaikan dengan database target, lalu gunakan AWS Database Migration Service untuk migrasi data dari database sumber ke database target. Semua konversi tipe data yang diperlukan secara otomatis dilakukan dengan AWS Database Migration Service selama migrasi. Database sumber dapat terletak di lokasi Anda sendiri di luar AWS, berjalan di instans Amazon EC2, atau dapat berupa database Amazon RDS. Target dapat berupa database di Amazon EC2 atau Amazon RDS.

 

Diagram kasus penggunaan migrasi database heterogen

Pengembangan dan Pengujian

 

AWS Database Migration Service dapat digunakan untuk migrasi data ke dalam dan keluar cloud untuk tujuan pengembangan. Terdapat dua skenario umum. Pertama adalah untuk menerapkan pengembangan, menguji atau melancarkan sistem di AWS, untuk mengambil manfaat skalabilitas dan penyediaan cepat cloud. Dengan cara ini, pengembang dan penguji dapat menggunakan salinan data produksi asli, dan dapat menyalin pembaruan kembali ke sistem produksi di lokasi. Skenario kedua adalah saat sistem pengembangan berada di lokasi (sering di laptop pribadi), dan Anda melakukan migrasi salinan terkini database produksi AWS Cloud ke sistem di tempat ini baik sekali maupun terus-menerus. Hal ini menghindari gangguan untuk proses DevOps yang ada seraya memastikan representasi terbaru sistem produksi Anda.

 

Diagram kasus penggunaan pengembangan dan pengujian

Konsolidasi Database

 

Anda dapat menggunakan AWS Database Migration Service untuk mengonsolidasi database sumber ganda ke database target tunggal. Hal ini dapat dilakukan untuk migrasi homogen dan heterogen, dan Anda dapat menggunakan fitur ini dengan semua mesin database yang didukung. Database sumber dapat terletak di lokasi Anda sendiri di luar AWS, berjalan di instans Amazon EC2, atau dapat berupa database Amazon RDS. Database sumber juga dapat tersebar di lokasi yang berbeda. Contohnya, salah satu database sumber dapat berada di lokasi Anda di luar AWS, sementara yang kedua berada di Amazon EC2, dan yang ketiga adalah database Amazon RDS. Target dapat berupa database di Amazon EC2 atau Amazon RDS.

 

Diagram kasus penggunaan konsolidasi database

Replikasi Data Terus-menerus

 

Anda dapat menggunakan AWS Database Migration Service untuk melakukan replikasi data terus-menerus Replikasi data terus-menerus memiliki sejumlah kasus penggunaan seperti sinkronisasi instans Disaster Recovery, distribusi database geografis, dan sinkronisasi lingkungan Dev/Test. Anda dapat menggunakan DMS untuk replikasi data homogen dan heterogen untuk semua mesin database yang didukung. Database sumber atau tujuan dapat terletak di lokasi Anda sendiri di luar AWS, berjalan di instans Amazon EC2, atau dapat berupa database Amazon RDS. Anda dapat mereplikasi data dari database tunggal ke satu atau lebih database target atau data dari beberapa database sumber dapat dikonsolidasi dan direplikasi ke satu atau lebih database target.

 

Diagram kasus penggunaan replikasi data berkelanjutan

 

Source: aws.amazon.com

 


Penutup

 

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di sini.