Manakah Web Conferencing Software yang Paling Popular Digunakan oleh User di Dunia?

Which Web Conferencing Software Is The Most Popular With Its Users?

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, untuk mengadakan konferensi atau meeting bukanlah perkara yang sulit. Semua ini berkat kehadiran perangkat lunak konferensi web yang muncul dalam beragam bentuk, mulai dari aplikasi berbentuk mobile, software maupun plugin. Dengan adanya software web-conference, jarak tidak lagi menjadi sebuah penghalang. Berkomunikasi dan menjangkau beberapa orang seperti rekan bisnis, konsumen, ataupun rekan kerja tentunya menjadi lebih mudah.

 

Tetapi pertanyaannya, aplikasi web-conference mana yang paling populer berdasarkan penggunanya? Berikut ini pembahasannya.

 

  • Cisco WebEx Meetings, mempertahankan posisi kepemimpinannya meskipun komposit dan skor net emosional footprint sedikit menurun dari tahun 2019.
  • Zoom, lompat dari peringkat ke-10 software paling populer pada tahun 2019 menjadi peringkat ke-2 di tahun ini, berdasarkan Kuadran Data. Meningkat dari segi komposit serta skor emosional footprint
  • Me dan Uberconference bergabung dalam sepuluh besar daftar software web-conference paling populer untuk pertama kalinya.

 

Beberapa informasi di atas diambil dari SoftwareReviews, yang terbit dalam bentuk laporan Kuadran Data mengenai Web Conferencing. SoftwareReviews adalah salah satu divisi dari perusahaan riset dan konsultasi IT kelas dunia, Info-Tech Research Group. Laporan tersebut didasari oleh data attitudinal (sikap) yang diambil dari pemilik terverifikasi di setiap sistem web-conferencing yang sudah ditinjau. Total keseluruhan ada 934 ulasan pelanggan yang telah selesai.

 

Adapun key insight yang didapat dari survei ini adalah sebagai berikut:

 

1. Cisco Webex Meetings, Zoho Meeting, dan Zoom merupakan ketiga software web-confrence yang paling populer berdasarkan penggunanya. Popularitas Zoom didorong oleh persepsi pelanggannya yang nilai bisnisnya mengalami peningkatan berkat dibantu oleh software ini, serta keluasan dan kualitas fitur-fiturnya. Zoom juga mendapatkan skor tinggi untuk kemudahan administrasi IT, melonjak dari 69% menjadi 82% antara 2019 dan 2020. Pengguna zoom juga mengatakan bahwa kemudahan integrasi data meningkat, dari 75% pada 2019 menjadi 80% pada 2020.

 

 

2. 89% pelanggan Cisco WebEx Meeting dan Zoho Meeting cenderung merekomendasikan perangkat lunak Web Conferencing mereka kepada rekan-rekan lainnya. Metodologi Info-Tech untuk menghitung skor komposit didasarkan pada peringkat pelanggan dari kapabilitas vendor, fitur produk, rekomendasi, dan net emotional footprint. Pengimbangan persepsi positif dan negatif dari setiap pelanggan web-conferencing untuk masing-masing vendor digunakan untuk memperoleh skor net emotional footprint mereka. Berikut ini adalah overview kategori aplikasi perangkat lunak web-conference:

 

 

3. Untuk kualitas fitur, delapan dari empat belas vendor software web-conference mendapatkan skor di atas 80%. Kedelapan vendor tersebut termasuk Cisco WebEx Meetings, Zoom, GoToMeeting, PGi GlobalMeet, UberConference, BlueJeans, Google Hangouts Meet, dan Skype for Business. Untuk aplikasi Cisco Webex Meetings mendapatkan predikat “Top Product”.

 

 

Oleh: Galih Dwianto Putra