Solusi Terbaik dari Hitachi Virtual Storage Platform untuk Virtual Cloud Computing

 

 

Oleh: Kodrat Wahyudi

 

 

Di dalam perusahaan, jumlah data yang ditangani telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini, seiring dengan peningkatan penggunaan dokumen::gambar, video, dan bentuk lain dari data yang tidak terstruktur.  Hal ini diperkirakan akan terus meningkat. Selain itu, dengan resesi ekonomi yang menurunkan anggaran IT, penting untuk menemukan cara mengelola volume data yang tumbuh besar secara efisien dan dengan biaya rendah. Oleh karena itu, banyak perusahaan menjadi tertarik pada cloud computing dan storage virtualization.

 

 

 

Hitachi telah merilis teknologi storage virtualization yang telah berhasil meringankan beban kerja para storage administrators dan membantu memanfaatkan sumber daya secara efektif. Penggunaannya meluas dari disk arrays ke perangkat lunak dan layanan administrasi yang sesuai untuk berbagai sektor industri, dan mampu disesuaikan  dengan bisnis pelanggan dengan ukuran yang berbeda. Teknologi storage virtualization ini dapat digunakan untuk membangun sistem cloud yang dapat mengikuti perubahan kondisi bisnis.

 

Beberapa waktu lalu, Hitachi mengumumkan sistem array disk perusahaan Hitachi Virtual Storage Platform  Enterprise. Dengan keandalan, kinerja, dan skalabilitas yang tinggi, Hitachi Virtual Storage Platform (HVSP) adalah sistem penyimpanan virtual yang ideal untuk cloud. Fitur virtualisasi yang baru dikembangkan untuk penyimpanan berjenjang, meningkatkan kinerja biaya melampaui apa yang mungkin di masa lalu dengan secara otomatis mengalokasikan data, berdasarkan frekuensi akses, ke salah satu dari sejumlah tingkatan penyimpanan, masing-masing dengan karakteristik yang berbeda. Selain itu, pengguna dapat memulai dari skala kecil. Platform ini juga mempertimbangkan lingkungan, menghemat energi dengan menggunakan flash drive 2,5 inci dan drive SATA.

 

Hitachi Storage mengurangi beban kerja storage administrator  dan memanfaatkan sumber daya secara efektif berkat teknologi virtualisasi eksklusif yang telah dirilis Hitachi mendahului para pesaingnya.

 

ARSITEKTUR PERANGKAT KERAS BARU UNTUK SISTEM CLOUD

 

Selain otomatisasi dan virtualisasi, sistem cloud juga memerlukan konfigurasi penyimpanan yang fleksibel. Sebagai tanggapan, Hitachi Virtual Storage Platform telah mengadopsi “arsitektur penskalaan 3D” pertama di dunia. Arsitektur ini memungkinkan sistem untuk “ditingkatkan”, “diperkecil”, atau “diperbesar” untuk memperluas kinerja dan kapasitas secara fleksibel sejalan dengan pertumbuhan bisnis.

 

Scaling out meningkatkan ROI di dalam sistem yang memerlukan kinerja tinggi dan kapasitas besar, seperti di data-centre besar atau sistem missioncritical di industri keuangan dengan menghubungkan pengontrol ganda yang menangani pengoperasian perangkat storage untuk membentuk satu sistem. Sementara itu, scaling ini secara mendalam, memungkinkan koneksi perangkat penyimpanan heterogen seperti yang dijelaskan sebelumnya. Data tidak terstruktur seperti video atau email berkembang pesat jumlahnya. Karena berbagai jenis perangkat penyimpanan (termasuk model dari vendor lain), dengan total kapasitas penyimpanan tambahan hingga 255 Pbyte, dapat dihubungkan ke HVSP, pendekatan ini cocok untuk menyimpan data ini dalam jumlah besar.

 

Selain itu, sistem Hitachi storage telah lama memiliki konfigurasi yang direplikasi sepenuhnya pada tingkat komponen perangkat keras dan menyediakan tingkat ketersediaan yang tinggi bahkan jika terjadi kesalahan untuk meminimalkan dampak pada beban kerja server host. Hitachi Virtual Storage Platform yang baru mempertahankan arsitektur yang ada, yang dirancang untuk keandalan  dan ketersediaan tinggi, tetapi juga telah memvirtualisasikan sumber daya prosesor di pengontrol sehingga beban akses data dapat tersebar di beberapa prosesor berdasarkan perubahan beban kerja server.

 

Server virtualization  menjadi lebih umum karena jumlah sistem cloud meningkat. Dalam lingkungan virtualisasi server, beban kerja pada sistem penyimpanan dapat berubah secara tiba-tiba karena perubahan, seperti penambahan atau pemindahan server virtual

 

Peningkatan konsumsi daya dan penghematan ruang juga merupakan faktor penting dalam mengatasi jumlah data yang terus meningkat. Selain flash drive 3,5 inci dan drive SATA yang ada, HVSP juga mendukung penggunaan flash drive 2,5 inci dan drive SAS, yang lebih kecil dan menawarkan konsumsi daya yang lebih baik.

 

Demikinlah  paparan mengenai solusi Hitachi Virtual Storage Platform untuk cloud computing. HVSP memanfaatkan fungsi virtualisasi milik Hitachi, arsitektur perangkat keras, dan fitur lainnya untuk menggabungkan tingkat fleksibilitas, keandalan, dan kinerja yang tinggi serta mendukung konfigurasi sistem cloud yang dapat merespon dengan cepat terhadap perubahan bisnis. Melalui langkah-langkah ini, Hitachi bermaksud membantu meningkatkan daya saing perusahaan dengan meningkatkan kelangsungan bisnis pelanggan, memanfaatkan data secara efektif, dan mengurangi TCO.

 

Untuk menjawab kebutuhan dan tantangan teknologi informasi akan adanya solusi storage virtualization ini, PT Berca Hardayaperkasa sebagai Elite Partner – yang merupakan levet partnership tertinggi dari Hitachi – menghadirkan solusi Hitachi Virtual Storage Platform, sebagai salah satu portfolio utamanya. Untuk pertanyaan serta diskusi lebih lanjut,  silahkan klik di sini.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kelebihan dari Virtual Storage dapat hubungi di sini.

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.