Stay Informed, Stay Protected with Veeam Backup and Replication

 

Oleh: Fennysa, Sales Department

 

 

Back up Vs. Replication

 

Data Backup adalah salah satu instrumen utama untuk pemulihan data. Sistem backup modern biasanya menyimpan status seluruh sistem dan melakukannya secara berkala. Salinan yang disimpan ini kemudian dapat disimpan dengan aman di luar lokasi dan digunakan untuk memulihkan (restore) data asli jika terjadi sesuatu pada lokasi utama. Anda cukup kembali ke salinan terbaru dan menyimpan informasi berharga yang akan hilang secara permanen.

 

Data Backup sangat ideal untuk menyimpan kumpulan besar data statis untuk waktu yang lama. Ini adalah solusi tepat bagi banyak industri yang diharuskan memelihara catatan jangka panjang yang andal. Ada beberapa jenis backup data, biasanya bergantung pada jumlah data yang perlu disimpan dan kapasitas sumber daya yang tersedia.

 

Backing up seluruh sistem dapat menjadi beban pada sumber daya dan tidak dilakukan setiap menit setiap hari. Ini berarti salinan terbaru seringkali berumur beberapa jam atau bahkan beberapa hari. Kehilangan sejumlah kecil data dapat diterima untuk beberapa bisnis, tetapi saat ini, pengguna mengharapkan konsistensi data lengkap dan ketersediaan tinggi.

 

Waktu yang diperlukan untuk mengambil versi terbaru dan menerapkannya di lingkungan kerja merupakan kekurangan yang parah. Sistem Anda tidak akan tersedia untuk pengguna sampai Anda berhasil memulihkan dan menerapkan salinan tersebut. Beberapa titik lemah ini dapat diperkuat dengan Data Replication.

 

Data Replication adalah adalah istilah luas yang digunakan untuk teknologi dan proses yang membuat salinan data, menyinkronkan, dan mendistribusikannya ke seluruh jaringan server dan pusat data. Bencana berdampak minimal pada akses data karena banyaknya replika. Ketersediaan sistem sangat tinggi, dan proses pemulihan (recovery) biasanya dapat diukur dalam beberapa menit. Data Replication, dalam banyak hal, memecahkan sebagian besar kekurangan backup data.

 

Data replication diperbarui setiap saat dan karena itu kehilangan status historis dengan cepat. Jika Anda hanya menggunakan replikasi data, Anda akan membutuhkan sistem paralel yang sangat besar untuk mendukung data yang direplikasi, terutama jika Anda perlu menyimpan catatan jangka panjang.

 

Data replication dapat sangat terhambat oleh malware. Saat data direplikasi ke seluruh sistem, malware juga dapat direplikasi. Tanpa cadangan yang memadai, mungkin mustahil untuk kembali ke keadaan bebas dari perangkat lunak berbahaya. Sumber: phoenixnap.com

 

Sumber Gambar: Veeam

 

Dalam memilih solusi backup data, individu dapat mengambil petunjuk dari bagaimana bisnis mengembangkan strategi backup data mereka sendiri dan melakukan ini dengan mempertimbangkan Recovery Point Objectives (RPO) and Recovery Time Objectives (RTO):

 

  • RPO adalah jumlah waktu antara data backups Anda, apakah itu 24 jam atau sebulan, dan pemahaman bahwa ini adalah rentang waktu di mana Anda akan kehilangan data jika terjadi insiden. Semakin pendek RPO Anda, semakin sedikit data yang hilang dan sebaliknya.
  • RTO adalah waktu yang dibutuhkan untuk restore data Anda. Umumnya, semakin cepat atau lebih efisien solusi penyimpanan Anda, semakin cepat waktu recovery Anda. Sumber: us.norton.com

 

Back up or Replication? You need BOTH!

 

Sebagian besar dilema organisasi bisnis pada Backup dan Replication adalah memilih apa yang tepat bagi bisnis mereka untuk melindungi data penting agar tidak hilang.

 

Backup dan Replication diperlukan untuk menghindari downtime bisnis Anda guna memastikan bahwa ada layanan bisnis yang tidak terputus meskipun terjadi bencana (disaster) yang disebut Business Continuity.

 

Jika mereka sudah backing up semua data, apakah Replication diperlukan adalah pertanyaan umum dari semua organisasi. Backup dan Replication adalah dua hal berbeda yang perlu kita pahami. Pencadangan adalah proses menyimpan salinan alternatif dari semua data yang Anda perlukan. Replication adalah salinan data yang berlebihan ke lokasi yang berbeda. Keduanya hampir sama tetapi perbedaannya didasarkan pada skenario kehilangan data.

 

Kehilangan data terbagi dalam dua kategori berbeda. Yang pertama adalah Bencana Alam (Natural Disaster) dan yang kedua adalah kesalahan buatan manusia (Human Error). Misalnya, jika bencana geografis terjadi di kantor wilayah Anda, Anda mungkin kehilangan semua data penting Anda. Agar Bisnis Berkelanjutan (Business Continuity) terus berjalan, Anda memerlukan solusi cepat untuk segera kembali ke bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memulihkan data Anda dari penyimpanan yang direplikasi untuk menjalankan berbagai hal dengan cepat. Bencana alam memang bukan hal yang sering terjadi, tetapi bisa dan mungkin saja terjadi. Untuk melindungi data Anda dari skenario di atas, Anda memerlukan Data Replication.

 

Kesalahan buatan manusia adalah kategori lain dari kehilangan data. Misalnya, jika pengguna menghapus data penting dari server utama mereka, Anda dapat mereplikasi penghapusan tersebut dari penyimpanan sekunder Anda. Contoh lainnya adalah bahwa data dapat dipengaruhi oleh malware atau data dapat rusak atau kegagalan sistem dapat mengakibatkan hilangnya data. Jadi lebih dari sekedar kehilangan data bencana alam, kesalahan buatan manusia atau data corrupt sering terjadi. Menyimpan banyak salinan itu bagus, tetapi gagal untuk mengatasi Recovery Point Objectives atau RPO namun backup dapat mengatasinya. Untuk kasus di atas, replikasi tidak dapat memberikan tingkat perlindungan yang diperlukan untuk bagian dari strategi Pemulihan Bencana. Jadi, Backup dan Replication diperlukan untuk beberapa acara.

 

Untuk menghindari semua skenario di atas, semua SMB (Small Medium Business) memerlukan solusi backup dan replication yang hemat biaya. Veeam menawarkan solusi perlindungan data yang hemat biaya dan komprehensif untuk pusat data tervirtualisasi.

 

Sumber Gambar: Veeam

 

Veeam Backup & Replication adalah dasar dari Veeam Platform, menyediakan backup, pemulihan dan replikasi untuk beban kerja penting Anda termasuk VMware, AWS, Microsoft Azure, Windows, Linux, NAS, aplikasi perusahaan dan banyak lagi. Achieve RTO dan RPO hari ini dengan faster backup, instant recovery, and policy-driven backup data life cycle and retention. Pastikan bulletproof Ransomware protection. Reduce cost and complexity, while meeting your SLOs with confidence. Untuk informasi lebih lanjut mengenai proses Veeam Backup and Replication dapat hubungi di sini.

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.Â