3 Kemudahaan Mengakses Data dengan Cloud Computing

 

Oleh: Candrika Awinda Glory Rahardja, Sales Department

 

Cloud computing merupakan gabungan dari teknologi berbasis komputer dan pengembangan berbasis internet yang dapat digunakan dengan mudah dan praktis dimanapun dan kapanpun asalakan adanya jaringan internet yang terhubung ke dalam perangkat yang digunakan. Umumnya cloud computing digunakan sebagaiĀ  media penyimpanan dan back up data yang dapat dengan mudah diakses. Adanya cloud computing ini menjadikan lebih efisien dan lebih mudah dalam hal memproses pengolahan data. Beberapa fungsi cloud computing yang perlu di ketahui, seperti halnya:

 

  1. Backup data:Ā  modern backup data yang memungkinkan pengguna untuk tidak kehilangan data karena data akan tersimpan didalam internet dan dapat dengan mudah diakses
  2. Hosting: menyeimbangkan dan mengatur waktu uptime pada website
  3. Database: tempat terkumpulnya data-data
  4. Iot: melakukan segala aktifitas menggunakan internet dan menjadikan lebih mudah
  5. Keamanan: digunakan untuk melindungi data-data
  6. Networking

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cloud computing, maka yang perlu untuk dimengerti terlebih dahulu ialah model layanan yang dimiliki cloud computing. Ada 3 layanan yang disediakan oleh cloud computing:

 

  1. IaaS (Insfrastucture as a Service)

Menurut Microsoft Azure, IaaS merupakan tipe cloud computing yang menyediakan layanan berupa komputasi yang penting, ruang penyimpanan (storage) dan juga sumber daya jaringan sesuai permintaan, pada dasarnya IaaS ini memberikan sesuai dengan seberapa banyak jumlah yang dibayarkan. (https://azure.microsoft.com/en-us/overview/what-is-iaas/)

 

IaaS banyak digunakan oleh perusahaan startup karena kelebihan IaaS yang dapat menggunakan server tanpa perlu membeli komputer dan peralatan fisik yang lain sehingga budget yang dikeluarkan oleh perusahaan ini tidak akan membengkak pada bidang IT. Menariknya pengguna memiliki kontrol penuh atas insfrastruktur yang dimiliki sehingga dapat menginstall dan mengkonfigurasi perangkat. Beberapa contoh IaaS yang populer digunakan seperti Microsoft Azure, Amazon Web Service (AWS), Google Compute Engine (GCE), DigitalOcean dan Linode.

 

IaaS memiliki karakteristik yang perlu diketahui sebelum menggunakan, yaitu:

  • Dapat diakses oleh banyak pengguna dalam satu hardware
  • Fleksibel
  • Perusahaan memiliki kendali penuh atas insfrastruktur
  • Hemat biaya
  • Biaya bervariasi, tergantung oleh pengguna
  • Layanan sangat scalable

 

  1. PaaS (Platform as a Service)

Menurut kbbi platform diartikan sebagai rencana kerja, program. Dapat diartikan pula platform adalah program yang digunakan untuk menyelesaikan rencana kerja dan sebagai dasar dari sebuah sistem yang akan digunakan. Menurut IBM pengertian tentang PaaS adalah cloud computing yang menyediakan hardware,software dan insfrastucture untuk mengembangkan, menjalankan dan mengelola aplikasi tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih, dan juga mengurangi hal-hal yang tidak fleksibel dalam mengatur platform. (https://www.ibm.com/cloud/learn/paas). Contoh Paas yang populer digunakan ialah Google Engine, AWS Lambda, Wasabi, Red Hat Openshift, Dokku.

 

Platform ini menawarkan opsi-opsi antirepot bagi para pengguna dalam proses sehinggaĀ  penggunaannya terkesan praktis dan efisien. Pelanggan dapat menggunakan layanan seperti server, jaringan, storage, software sistem operasi, hingga database pada pusat data sesuai dengan seberapa banyak yang mereka bayarkan. Selain itu PaaS juga memungkinkan untuk lebih memanfaatkan lebih banyak sumber daya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan. Ada beberapa bidang yang menggunakan PaaS dalam penerapannya, seperti:

 

  1. IoT (Internet of Things) Ć  fitur PaaS dapat digunakan untuk mendukung berbagai macam aplikasi, bahasa pemrogaman dan juga penerapan IoT lainnya.
  2. API development and management Ć  perusahaan dapat menggunakan PaaS dalam mengembangkan, mengelola dan juga menjalankan API
  3. Business analytics and intellegence Ć  fitur PaaS memungkin perusahaan untuk menganalisa data dan menggunakan business insight. Dengan menggunakan hal tersebut akan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis dan melihat kemajuan dan perkembangan bisnis.

 

Manfaat PaaS sesuai dengan penuturan IBM adalah:

  • Mempercepat waktu untuk mencapai pasar Ć  dengan pengaturan yang tepat maka perkembangan aplikasi yang sudah ada tidak akan membutuhkan tim yang harus dibentuk untuk mengembangkan lagi sehingga hal ini akan lebih mempercepat dan juga menghemat waktu untuk melakukan sesuatu hal
  • Cepat, mudah dan mengurangi sunber daya yang sedikit lebih beresiko Ć  PaaS ini menjanjikan bahwa dalam penggunaanya akan lebih cepat dan lebih mudah sehingga mengurangi sumber daya yang akan lebih beresiko saat pengoperasionalannya
  • Mengskala keefektifan biaya operasional Ć  semakin banyaknya permintaan maka perkembangan aplikasi akan memakan banyak biaya, dengan menggunakan PaaS maka kapasitas yang akan digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak perlu berlebihan saat membeli kapasitas tambahan
  • Biaya yang lebih murah Ć  karena tidak adanya insfrastrktur yang perlu dibangun maka kebutuhan biaya yang diperlukan akan lebih murah.

 

  1. SaaS (Software as a Service)

Menurut Microsoft Azure SaaS merupakan pengembangan yang mengijinkan pengguna untuk terhubung dan menggunakan secara langsung cloud yang tersedia di aplikasi tanpa perlu membangun dari dasar ( https://azure.microsoft.com/en-us/overview/what-is-saas/ ) SaaS merupakan solusi software yang sudah komplit dan dapat digunakan sesuai seberapa banyak yang dibayarkan kepada penyedia jasa layanan cloud.Ā  Contoh SaaS yang sering digunakan ialah instagram, email, youtube, Microsoft 365.

 

Karakteristik yang dimiliki oleh SaaS dan memudahkan bagi para pengguna adalah sebagai berikut :

  • Dikelola oleh pusat Ć  pengguna SaaS langsung dapat menggunakan aplikasi yang di download dan tidak perlu repot untuk memikirkan tentang bagaimana pengelolaannya karena software ini sudah dikelola langsung dari pusat.
  • Dapat diakses melalui internet Ć  kemudahan yang diberikan SaaS ialah akses internet dimanapun dan kapanpun. Aplikasi software yang dapat di download dan dipakai bahkan di smartphone ini memberikan kemudahan akses selama petrangkat yang digunakan terhubung dengan internet

 

SaaS yang memudahkan ini menjadi pilihan perusahaan untuk menggunakannya, manfaat yang didapatkan dari penggunaan SaaS antara lain:

  • Hemat waktu Ć  karena ini berbentuk software maka perusahaan tidak perlu memikirkan tentang instalasi hardware
  • Mengurangi biaya operasional Ć  dapat mengurangi biaya perawatan server
  • Tidak makan tempat Ć  bentuk software ini lebih memudahkan karena tidak memakan banyak tempat pada perusahaan
  • Akses yang mudah Ć  dengan perangkat yang dimiliki seperti smartphone maka akses SaaS ini dengan mudah diakses dimanapun dan kapanpun.

 

Dengan mengetahui layanan yang disediakan oleh cloud computing maka dapat ditentukan layanan mana yang tepat digunakan untuk kepentingan bisnis anda. Cloud computing akan memudahkan dalam operasional data yang diperlukan pada bisnis dengan berbagai macam manfaat yang tidak dapat dielakan. Sudah saatnya dengan perubahan jaman yang serba digital ini maka operasional data pun harus berubah kearah yang lebih mudah dan maju.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenaiĀ Cloud Computing dapat hubungi diĀ sini.

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti,Ā HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.