6 Pilar Utama dalam Membangun Transformasi Digital untuk Infrastruktur TI yang Tangguh

 

Digital transformation menjadi istilah yang sering digunakan di kalangan praktisi IT dan membuat banyak pertanyaan tentang arti sebenarnya. Tanpa pemahaman yang jelas, banyak perusahaan atau bisnis mulai berlomba untuk berinvestasi pada solusi digital. Mereka berupaya meningkatkan proses dan produktivitas secara internal, dengan harapan nilai yang tercipta dapat ter-deliver hingga ke customers. Namun faktanya, apa yang dilakukan sebagian bisnis saat ini masih keliru.

 

Dari banyak pelajaran yang bisa kita petik tahun ini dari kehadiran virus COVID-19 yang masih muncul, salah satunya adalah bagaiamana bisnis mewujudkan digitalisasi di semua lini atau proses bisnis. Seminar, event dan meeting tatap muka ditiadakan. Perusahaan berusaha untuk mencari atau menemukan alternative lainnya untuk tetap survive dikondisi ini. Tetapi hal utama yang perlu Anda ingat hingga saat ini adalah, semua karyawan masih bekerja dari rumah atau working from home (WFH). Ini jelas menjadi dampak utama bagi bisnis dan bagaimana Anda bisa tetap menjaga IT environment Anda sambil memenuhi kebutuhan customers.

 

 

Ini lah yang melatar belakangi PT Berca Hardayaperkasa dan Nutanix untuk menyelenggarakan Berca Live Webinar dengan tema “Digital Transformation Trends in Earth Resource Company” Selasa (13/07). Dari webinar ini peserta akan mendapatkan insight bagaimana bisnis tetap memenuhi kebutuhan end user melalui solusi HCI dan bagaimana HCI dapat menyederhanakan  IT Infrastructure, IT network dan IT developer.

 

Saat ini bisnis ditantang untuk siap dikondisi apa pun, dari lokasi mana pun, kapan pun. Digital transformation adalah tentang membangun layanan IT yang agile, fleksibel dan otmatis dan sangat berfokus pada customers dalam kondisi apa pun. Ini juga tentang bagaimana mencapai business continuity sambil mengoptimalkan IT experience.

 

 

Jika dianalogikan, Anda harus membangun pesawat sambil menerbangkannya. Bisnis Anda adalah pesawatnya. Lalu, bagaimana Anda bisa mempertahankan ketinggian yang aman sementara pada saat yang sama Anda harus meningkatkan bisnis di ketinggian yang baru?

 

Pilar yang membuat IT environment semakin kuat

IT environment yang kuat adalah mengintegrasikan infrastruktur, software, dan services Anda dengan baik. Tapi tidak hanya sampai di situ. Environment yang Anda butuhkan adalah mampu memelihara, melindungi dan mengoptimalkannya secara mandiri dan meminimalkan akan adanya campur tangan manusia pada saat krisis atau keadaan normal. Ini lah yang bisa kita sebut sebagai digital transformation sesungguhnya. Salah satu untuk membangun infrastruktur IT yang kuat adalah melalui Nutanix Calm. Apa itu?

 

App-level Orchestration Across Teams and Clouds

 

 

Calm adalah kerangka kerja manajemen aplikasi multi-cloud yang diberikan oleh Nutanix. Calm menyediakan otomatisasi aplikasi dan manajemen siklus hidup yang terintegrasi secara native ke dalam Platform Nutanix. Dengan Calm, aplikasi ditentukan melalui blueprints sederhana yang dapat dengan mudah dibuat menggunakan keterampilan standar industri dan mengontrol semua aspek siklus hidup aplikasi, seperti penyediaan, penskalaan, dan pembersihan. blueprints ini dapat dibuat melalui UI atau melalui kode dengan DSL berbasis Python, termasuk konversi tanpa batas. Setelah dibuat, blueprints dapat dengan mudah dipublikasikan ke pengguna akhir melalui Nutanix Marketplace, langsung mengubah tiket penyediaan kompleks menjadi permintaan dengan hanya satu klik.

 

 

Menjaga prose tetap online

Elemen utama dari business continuity adalah data protection dan disaster recovery. Data protection dapat melindungi informasi penting Anda dari tindak kejahatan korupsi atau kehilangan. Disaster recovery memulihkan fungsionalitas IT yang sangat penting. Anda tidak lagi khawatir terhadap bencana yang mungkin akan hadir di waktu yang tidak terduga dan fokus pada proyek utama dengan kemampuan business continuity yang komprehensif dan mudah.

 

Mengaktifkan Zero-touch

Apa itu “zero-touch”? Covid-19 memang tidak menginfeksi data center Anda, tetapi dapat menginfeksi orang yang bertanggung jawab untuk maintain data center Anda. Hal ini tentunya membatasi kemampuan mereka untuk memberikan support di lokasi dan jelas sangat berpengaruh terhadap bisnis Anda. Zero-touch memungkinkan pengoperasian IT dan tim IT Infra untuk mengelola lingkungan mereka walaupun tidak berada di tempat. Dengan memiliki kontrol yang tepat, meresepons ketidakpastian seperti COVID-19 menjadi lebih dapat diprediksi, tidak membuat stress dan lebih mudah dikelola.

 

Memiliki Perlindungan yang Memadai

Anda memerlukan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah keamanan cloud secara real-time sebelum masalah tersebut mempengaruhi bisnis Anda. Ini memerlukan app-centric microsegmentation dan real-time security auditing dengan perbaikan sekali-klik. Memiliki kemampuan untuk menetapkan dan memperkuat kebijakan peraturan juga harus memastikan bahwa infrastruktur Anda beroperasi sesuai standarnya.

 

Mengaktifkan mobile workforce

Mengingat banyak perusahaan yang menyarankan karyawannya untuk bekerja dari rumah agar tetap aman, lingkungan Anda harus mendukung model BYOD. Membutuhkan akses aman dan responsive ke aplikasi, desktop dan data ke pengguna yang tidak terbatas jumlahnya. Pada akhirnya mereka dapat bekerja dari perangkat apa pun, di lokasi mana pun dan pada skala apa pun.

 

Mengerahkan Kemampuan self-healing

Dengan infrastruktur dan otomatisasi aplikasi maka dapat mengeliminasi waktu khusus untuk mengelola aplikasi secara rutin. Bagaimana? Dengan membuat deployment dan lifecycle management aplikasi menjadi otomatis dan mudah dilakukan berulang. Solusi yang tepat dapat menganalisis konsumsi di semua VM, mendeteksi efisiensi dan memperbaiki masalah penyediaan secara otomatis. Anda dapat menghasilkan insight yang dapat ditindaklanjuti untuk mengoptimalkan virtualisasi, manajemen infrastruktur dan operasi sehari-hari.

 

Definisikan Ulang Transformasi Digital Anda

Bersama Berca dan Nutanix, kami tidak hanya membangun IT environment yang kuat, kami telah mengembangkan cara sesuai kebutuhan Anda. Cari tahu lebih lanjut membangun digital transformation di area IT environment Anda. Hubungi kami di sini.

 

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.