Elon Musk Membagikan Video di X, Robot Humanoid Tesla Optimus yang Berjalan Seperti Manusia

Tesla robot

Ada video baru dari Optimus Tesla dan dengan pembaruan, robot humanoid ini semakin keren dan menyeramkan. Elon Musk membagikan video di X (Twitter) beberapa jam yang lalu, yang menunjukkan robot tersebut sedang berjalan. Ya, ini hanyalah sebuah video Optimus yang sedang berjalan-jalan di fasilitas tersebut. Jadi, apa yang keren atau menyeramkan dari hal itu? Cara robot itu berjalan sangat mirip dengan manusia.

Merupakan kemajuan besar dari demo Optimus pertama kali, di mana setiap gerakan robot agak gelisah, dan sangat seperti robot. Namun, dalam video ini, cara berjalan Optimus jauh lebih alami.

Ini adalah video kedua dari robot humanoid Optimus yang dibagikan Elon Musk bulan ini. Video sebelumnya menunjukkan robot tersebut memperoleh keterampilan baru, melipat baju. Dalam video yang dibagikan oleh Musk, robot Optimus diperlihatkan sedang mengambil kemeja hitam dari keranjang di dekatnya di atas meja dan mulai melipatnya dengan rapi. Video ini diberi judul “Optimus Melipat Kemeja”.

Namun, seperti yang disebutkan oleh Elon Musk dalam sebuah posting di X, Optimus masih belum dilengkapi untuk melakukan beberapa tugas yang telah diperlihatkan secara mandiri. Namun, Musk dan para insinyur di Tesla optimis bahwa pada akhirnya ia akan mencapai otonomi penuh, memungkinkannya untuk berfungsi dalam berbagai pengaturan.

 

Rangkaian video yang telah dibagikan oleh Elon Musk ini sangat keren, tetapi juga menyiratkan bahwa para insinyur di balik pengembangan dan peningkatan robot humanoid Optimus secara aktif bekerja untuk membuatnya semakin mirip dengan manusia

 

Ketika Musk pertama kali memamerkan robot humanoid perusahaan disebut Tesla Optimus atau Tesla Bot pada acara Tesla AI Day pada tahun 2021, robot tersebut terlihat keren dan segalanya, tetapi cara berjalannya tidak stabil, dan hanya merupakan mesin serba guna yang dapat melakukan tugas-tugas dasar seperti berjalan, berbicara, dan menari. Setahun kemudian, pada tahun 2022, Tesla meluncurkan prototipe dengan kemampuan untuk berjalan dan melakukan tugas-tugas mendasar seperti mengambil objek. Selama presentasi langsung, CEO Tesla Elon Musk menyoroti bahwa itu menandai demonstrasi pertama robot yang beroperasi tanpa tambatan. Video menampilkan robot yang dengan mahir mengambil barang dan menyiram tanaman. Musk menggarisbawahi tindakan pencegahan keselamatan yang diterapkan untuk menghindari kecelakaan, dengan menegaskan, “Kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan robot tidak akan tersandung atau jatuh.”

 

Dan kemudian peningkatannya menjadi lebih baik ketika Optimus Gen 2 diluncurkan pada Desember 2023. Robot humanoid itu sekarang bisa melakukan lebih banyak hal. Kecepatan berjalannya ditingkatkan, gerakan tangan yang lebih baik, kemampuan penginderaan sentuhan pada jari-jarinya, dan berbagai peningkatan lainnya.

Itulah update pada hari ini, kalau tanggapan kamu bagaimana?