Routers, Switches, Access Points, Mana yang Terbaik untuk Kamu?

router, switch, access point

Akses Internet memerlukan beberapa perangkat umum seperti modem, router, sakelar (switch), dan titik akses (access point). Modem digunakan untuk menyambung ke Internet. Router bertindak sebagai pintu gerbang ke jaringan komputer dan ditempatkan di antara modem dan sakelar atau hub.

 

Switch menghubungkan perangkat seperti desktop, laptop, dan titik akses ke router. Titik akses menghubungkan perangkat secara nirkabel. Kadang-kadang modem, router, switch, dan titik akses dibundel dalam satu perangkat.

 

Kami akan mencoba menjelaskan konsep di balik masing-masing istilah ini dan mengeksplorasi berbagai aspeknya.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang terhubung dan dapat mentransfer data satu sama lain. Internet adalah kumpulan jaringan komputer yang sangat luas. Perangkat dapat dihubungkan menggunakan kabel, kabel, dan WiFi.

Beberapa jenis perangkat keras dan infrastruktur digunakan untuk membuat Internet berfungsi di rumah. Perangkat yang paling penting adalah sebagai berikut:

Modem – perangkat keras modulator-demodulator yang menghubungkan ke internet

Router – menghubungkan modem ke jaringan komputer yang berbeda, memastikan lalu lintas Internet menuju ke jaringan yang tepat

Switch – menghubungkan perangkat dalam satu jaringan, mentransfer lalu lintas internet yang masuk dan keluar di antara perangkat yang terhubung

Gateway – mengatur lalu lintas antara dua atau lebih jaringan yang berbeda

Access Point – menghubungkan perangkat menggunakan nirkabel (WiFi)

Routers vs. Switches

Router Switches
Berbagi koneksi jaringan dengan beberapa perangkat Fitur terbatas untuk mengendalikan siaran
Mengantarkan paket data dengan cara yang terorganisir Memerlukan perutean antar VLAN
Menawarkan koneksi yang andal dan berkelanjutan Paket data multicast yang membutuhkan konfigurasi yang rumit
Beroperasi pada lapisan 3 (Jaringan) dari model OSI Beroperasi pada lapisan dua (Lapisan Tautan Data) dari Model OSI
Mempertahankan alamat IP dalam tabel perutean Menyimpan alamat MAC dalam tabel pencarian
Setiap port memiliki domain broadcast sendiri Hanya memiliki satu domain broadcast kecuali VLAN yang diimplementasikan
Dapat digunakan untuk jaringan kabel dan nirkabel Hanya dapat digunakan di jaringan kabel

 

Sakelar dirancang untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan komputer, sedangkan router dirancang untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer. Untuk terhubung dengan internet di jaringan rumah, satu router saja sudah cukup.

Switch sebagian besar digunakan dalam jaringan komputer besar yang menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan area lokal (LAN).  Tergantung pada ukuran jaringan, beberapa switch mungkin diperlukan untuk menghubungkan berbagai kelompok jaringan komputer.

Untuk menyediakan akses Internet ke jaringan yang terhubung, switch selanjutnya dihubungkan ke router. Router memiliki keuntungan untuk mendapatkan akses internet dengan menggunakan modem tunggal untuk semua perangkat dalam jaringan.

Router juga mendukung kecepatan transmisi data yang cepat karena menggunakan tautan STM yang tinggi untuk konektivitas. Tergantung pada penggunaannya, router terdiri dari berbagai jenis seperti Wireless Router, Router, Core router, Edge router, dan Broadband router.

Router vs Gateway

Gateway biasanya merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang menggunakan model yang berbeda seperti model OSI dan model Internet. Gateway dapat diimplementasikan sebagai router atau switch menggunakan perangkat lunak, perangkat keras, atau kombinasi keduanya, tergantung pada jenis protokol yang akan digunakan di jaringan.

Router Gateway
Hanya dapat bekerja dengan jaringan yang serupa Dapat bekerja pada jaringan yang berbeda
Menggunakan Protokol TCP/IP dan UDP Menggunakan protokol yang berbeda
Merutekan paket data dari satu jaringan ke jaringan lain berdasarkan Mengonversi protokol paket data dari satu format ke format
Mendukung perutean statis dan dinamis Tidak mendukung keduanya
Menghubungkan perangkat keras fisik yang berdedikasi murni Tidak dapat menghubungkan perangkat fisik dan virtual

 

Ketika ada kebutuhan untuk solusi out-of-the-box yang hampir tidak memerlukan pemrograman, pemeliharaan yang rendah, gateway digunakan.

Gateway juga dapat digunakan sebagai kombinasi modem dan router untuk mengurangi biaya, mengurangi masalah interoperabilitas, dan menjaga keamanan jaringan.

 

Titik Akses (Access Point)

Titik akses adalah perangkat dalam LAN dan digunakan untuk memperluas jangkauan nirkabel jaringan komputer. Hal ini dapat meningkatkan jumlah pengguna yang dapat terhubung ke jaringan komputer.

Perangkat access point mengubah sinyal kabel menjadi nirkabel dan membuat koneksi dengan perangkat lain dalam jaringan menggunakan WiFi, terkadang, router nirkabel dapat digunakan sebagai access point.

Titik akses hanya menyediakan akses ke perangkat berdasarkan jaringan yang dibuat oleh router. Ada beberapa jenis titik akses menurut jenis pemasangan (Di dinding dan Plafon), pita frekuensi yang didukung (Tunggal dan Ganda), dan penggunaan (Indoor dan Outdoor).

 

Semua jaringan dapat kamu gunakan dan cocokan dengan kebutuhan perusahaan dan disesuaikan dengan biaya.

Untuk selengkapnya dapat kamu tanyakan di Marketing@berca.co.id dan WhatsApp