Wajib Tahu! Apa Itu Virtualisasi Penyimpanan dan Apa Saja Jenisnya?

Apa itu virtualisasi penyimpanan, dan bagaimana cara penggunaannya?

Dalam dunia penyimpanan perusahaan, virtualisasi penyimpanan adalah teknik untuk menyatukan perangkat penyimpanan fisik sehingga TI dapat menangani satu perangkat penyimpanan “virtual”. Meskipun sekarang sebagian besar dikalahkan oleh model cloud, virtualisasi penyimpanan menawarkan efisiensi operasional dan biaya yang signifikan dibandingkan penyimpanan “bare metal” (di mana perangkat penyimpanan fisik ditangani secara langsung). Dengan penyimpanan tervirtualisasi, organisasi mengurangi masalah kompatibilitas dan meningkatkan kinerja dan keamanan lingkungan penyimpanan.

 

Saat menggunakan penyimpanan tervirtualisasi, admin harus mempertimbangkan berbagai masalah, seperti:

 

Kompatibilitas dan interoperabilitas

Lingkungan virtualisasi penyimpanan harus kompatibel dengan infrastruktur perangkat keras yang mendasarinya, komponen jaringan, server, sistem operasi, alat manajemen, dan hypervisor. Sangat penting untuk memiliki kompatibilitas dengan protokol seperti NFS dan Fibre Channel untuk memastikan integrasi yang mulus dan API untuk memungkinkan integrasi dengan alat otomasi untuk menyediakan orkestrasi dan integrasi.

 

Performa dan latensi

Aplikasi penting memiliki persyaratan kinerja yang harus dipenuhi oleh lingkungan penyimpanan tervirtualisasi. Admin harus mengevaluasi kemampuan pengontrol penyimpanan, bandwidth jaringan, kapasitas I/O disk, dan mekanisme caching untuk memahami bagaimana hal tersebut berdampak pada kinerja dan latensi.

 

Keamanan dan integritas data

Lingkungan penyimpanan tervirtualisasi harus mendukung enkripsi data untuk memastikan keamanan data selama transit atau saat istirahat dan menyediakan kontrol akses dan otentikasi pada tingkat granular untuk memblokir akses yang tidak sah. Solusi pencadangan dan pemulihan bencana yang kuat diperlukan untuk memastikan perlindungan data yang kuat untuk penyimpanan tervirtualisasi.

 

 

Apa saja jenis-jenis virtualisasi penyimpanan yang berbeda?

Ada beberapa cara agar penyimpanan dapat diterapkan pada lingkungan virtual: berbasis host, berbasis array, dan berbasis jaringan.

 

Berbasis host

Paling sering digunakan dalam sistem HCI dan penyimpanan awan, virtualisasi berbasis host mengandalkan perangkat lunak untuk mengarahkan lalu lintas. Dalam metode ini, penyimpanan fisik dapat dikaitkan ke hampir semua perangkat atau array. Host, atau sistem hyper-converged yang terdiri dari beberapa host, menyajikan drive virtual ke mesin tamu dengan konfigurasi apa pun, seperti mesin virtual (VM) di perusahaan, PC yang mengakses berbagi file, atau server yang mengakses data melalui cloud.

 

Berbasis larik

Dalam virtualisasi penyimpanan berbasis array, server ditempatkan secara fisik, dan array mana yang sedang diakses tidak terlihat oleh server atau pengguna yang mengakses penyimpanan. Di sini, array penyimpanan berfungsi sebagai pengontrol penyimpanan utama, menggunakan perangkat lunak virtualisasi untuk menggabungkan sumber daya penyimpanan dari array lain. Array juga dapat menyajikan berbagai jenis penyimpanan fisik sebagai tingkatan, daripada kumpulan perangkat yang berbeda. Tingkatan tersebut dapat terdiri dari solid-state drive (SSD) atau hard disk drive (HDD) pada berbagai array.

 

Berbasis jaringan

Bentuk virtualisasi penyimpanan yang paling umum adalah berbasis jaringan. Di sini, semua perangkat penyimpanan dihubungkan dalam FC atau ISCSI SAN oleh perangkat jaringan. Perangkat yang saling terhubung ini menampilkan diri mereka sebagai satu kumpulan virtual di dalam jaringan penyimpanan mereka.

 

Berca Hardayaperkasa sebagai partner dari HPE akan membantu tim Anda mengenai pertanyaan mengenai virtualisasi penyimpanan. Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi Marketing@berca.co.id atau WhatsApp