5 Film Sci-Fi yang Memprediksi Teknologi Masa Depan

Film Hollywood selalu menghadirkan beragam genre menarik untuk disaksikan bersama keluarga atau teman. Misalnya mulai dari genre action, thriller, horror, romance, hingga science fiction (sci-fi). Selain itu film Hollywood juga banyak menyajikan kisah-kisah “beyond expectation” tentunya dengan melibatkan imajinasi para penonton.

 

Film bergenre sci-fi menjadi salah satu kisah bertema kehidupan masa depan yang paling sering diangkat dalam film Hollywood. Didukung dengan teknologi CGI yang canggih, membuat penonton masuk ke dalam atmosphere ceritanya.

 

Tentunya tidak heran kalau sci-fi jadi salah satu film box office yang menggambarkan perkembangan era digital yang pesat dan menampilkan teknologi-teknologi canggih di film ini. Berikut kami ulas 5 film Sci-Fi yang memprediksi teknologi masa depan.

 

Blade Runner

 

 

Film sekuel yang rilis pertama kali tahun 1982 ini, Blade Runner menceritakan visi yang berani tentang masa depan dengan mengilustrasikan keadaan hyper-technological dan over-populated megacity (kepadatan penduduk) di tahun 2019.

 

Di film ini juga sang sutradara Ridley Scott menggambarkan adanya manusia buatan (replicant) yang hidup berdampingan dengan manusia asli hingga mobil-mobil terbang yang dikendarai manusia.

 

Ex Machina

 

 

Film karya sutradara dan penulis Alex Garald ini rilis pada 24 April 2015 lalu. Ex Machina menyajikan gambaran yang cukup mengerikan tentang masa depan dari teknologi Artficial Intelligence. Selain itu menjawab pertanyaan tentang apa yang akan terjadi jika manusia berinteraksi dengan robot humanoid dengan AI bersama Ava.

 

Minority Report

 

 

Film berlatarbelakang tahun 2054, Minority Report menggambarkan teknologi yang akan terjadi di masa depan dimana setiap orang menggunakan teknologi user interface. Jika dikaitkan dengan teknologi saat ini sangat mirip ketika kita menggunakan fitur face detection smartphone. Film ini menarik karena dibintangi oleh aktris terkenal seperti Tom Cruise, Samantha Morton dan Colin Farrell.

 

Elysium

 

 

Elysium mengisahkan dunia yang terjadi di tahun 2159 dimana bumi hampir hancur karena tingkat kemiskinan dengan perawatan medis yang tidak memadai. Elysum sendiri merupakan teknologi canggih Elysium adalah teknologi canggih, dengan perangkat seperti Med-Bays yang dapat menyembuhkan semua penyakit, membalikkan proses penuaan, dan meregenerasi bagian-bagian tubuh.

 

Total Recall

 

 

Total recall adalah hasil film remake yang popular di tahun 1990. Film ini menggambarkan keadaan bumi yang mengkhawatirkan di masa depan. Manusia diminta untuk mengandalkan teknologi untuk dapat tetap bertahan hidup. Film yang rilis 2012 ini memperlihatkan chip penyimpanan data yang ditanamkan pada computer dan manusia.

 

Nah itu dia 5 film Sci-fi yang memprediksi teknologi masa depan bahkan sudah ada yang terbukti prediksinya saat ini, jadi mana film favorite kamu?