Modernisasi Data Center Anda dengan Implementasi Cisco ACI

implentasi data center

Cisco’s Application Centric Infrastructure (ACI), sebuah solusi software-defined networking (SDN) yang memfasilitasi kelincahan terhadap aplikasi dan data center automation. ACI memungkinkan jaringan multi-cloud dapat diskalakan dengan model kebijakan yang konsisten dan memberikan fleksibilitas untuk memindahkan aplikasi tanpa kendala ke cloud atau lokasi mana pun dengan keamanan yang tinggi.

ACI berfokus pada critical application dan yang paling berpengaruh terhadap bisnis, selain itu juga menyediakan platform terpusat untuk mengelola kebijakan aplikasi di seluruh workload secara fisik dan virtual.

Cisco ACI adalah solusi Software-Defined Networking (SDN) yang paling aman, fleksibel, dan komprehensif dalm dunia industri.

Implementasi Cisco ACI memungkinkan percepatan otomatisasi untuk penerapan dan tata kelola infrastruktur, menyederhanakan manajamen untuk memigrasi beban kerja dengan mudah di seluruh kerangka kerja multifabric dan multicloud. Sehingga Cisco ACI memiliki tugas utama yaitu, menyederhanakan, mengoptimalkan dan mempercepat application deployment lifecycle.

Data center yang modern saat ini haruslah bersifat dinamis. IT operations harus memenuhi kebutuhan bisnis dalam lingkungan yang berubah dengan cepat. Cisco ACI mengubah IT operations dari reaktif menjadi proaktif dengan serangkaian kemampuan software yang cerdas dan siap menganalisis setiap komponen data center. Mulai dari tujuan bisnis, keandalan hingga dapat mengidentifikasi jika adanya masalah sebelum masalah tersebut terjadi.

Karena penggunaan aplikasi semakin meluas di seluruh jaringan perusahaan, professional IT mencari solusi untuk kebijakan dan enksripsi yang konsisten untuk data center. Misalnya, integrasi antara Cisco ACI dengan Cisco® Software-Defined Access (SD-Access) /Cisco DNA Center dan Cisco SD-WAN. Di mana integrasi ini memungkinkan customer untuk mengotomatisasi dan memperluas kebijakan, keamanan, assurance dan insight di seluruh ekosistem jaringan Anda.

Apa saja yang Anda dapatkan dari Implementasi Cisco ACI ini?

Untuk mengikuti gelombang data yang besar dan meningkatnya tuntutan pada jaringan untuk kecepatan dan kelincahan, para professional IT belajar untuk membangun, menghubungkan dan mengatur network mereka tidak hanya di data center, tetapi juga di seluruh landscape multicloud yang luas.

Cisco Application Centeric Infrasctructure (Cisco ACI) dibangun untuk menyederhanakan infrastruktur dan proses IT dengan otomasitasi jaringan, memberikan keamanan yang menyeluruh dan mempercepat bisnis untuk migrasi ke lingkungan multicloud.

Dengan Cisco ACI, customer dapat mengelola kompleksitas, memakismalkan proses bisnis dan menerapkan beban kerja di lokasi besar dan kecil di manapun, secara on premises dan remote, private dan public cloud, satelit data center hingga kemampuan pada jaringan 5G.

Dengan Cisco ACI, Anda dapat membangun jaringan yang lebih baik di mana saja.

implementasi cisco ACI

Gambar: Cisco ACI differentiated business benefits

Transformasi digital dan ketahanan bisnis

Aplikasi menjadi salah satu komponen utama untuk mendorong modernisasi bisnis tradisional dan kerangka transformasi digital bagi perusahaan. Saat ini para IT professional sedang membahas bagaimana aplikasi telah mengubah sifat data, bagaimana data dihasilkan, bagaimana dianlisis dan bagaimana proses men-deliver-nya. Ini adalah dasar dari aplikasi baru yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan ketahanan dan kelincahan bisnis secara keseluruhan. Aplikasi baru ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Aplikasi harus bersifat modular dan dapat didistribusikan ke seluruh perusahaan.

Saat ini hampir semua perusahaan membutuhkan dan mendapatkan data dari mana saja untuk menganalisis bisnis dan customer mereka. Akibatnya, aplikasi monolitik bergabung ke dalam microservices yang saling terhubung melalui berbagai beban kerja virtual dan fisik, termasuk container, di seluruh perusahaan.

  • Dibangun secara terus menerus dan cepat.

Proses development aplikasi yang terdesentralisasi memungkinkan perusahaan untuk membangun aplikasi dan layanan baru dengan kecepatan jauh lebih cepat dan skala yang lebih besar daripada aplikasi yang ter-centralized. Saat ini, aplikasi baru dibuat khusus, diperbaharui setiap menit dan memiliki shelf-life dalam kurun waktu beberapa hari.

  • Aplikasi semakin didukung oleh teknologi ML, berbasis AI.

Kehadiran aplikasi yang didukung AI dan Machine Learning (ML) untuk bisnis dan customer akan mengantarkan kita ke dunia baru yang saling terhubung, cerdas dan serba otomatis hingga dapat digunakan di manapun kita berada.

Manfaat utama dari Cisco ACI meliputi:

  1. Mempercepat network operations

Network yang fleksibel memungkinkan penerapan aplikasi yang agile di dalam site, across site dan across global data center sambil menghilangkan kebutuhan yang complex Data Center Interconnect (DCI) infrastructure.

  • Operational simplicity dengan common policy, management dan operations model di seluruh sumber daya aplikasi, networking dan security.
  • Centralized network management dan visibilitas dengan automation yang penuh dan memonitor real-time network health.
  • Integrasi underlay dan overlay yang lancar.
  • Membuka northbound APIs untuk menyediakan fleksibilitas bagi DevOps teams dan ecosystem partner integration.
  • A cloud-ready SDN solution.
  • Platform umum untuk mengelola lingkungan fisik dan virtual.
  • Otomatisasi alur kerja IT dan kelincahan penerapan aplikasi.

2. Perluasan keamanan untuk multicloud

  • Menciptakan business continuity dan provide disaste recovery
  • Keamanan bawaan dengan zero-trust whitelist model dan fitur yang inovatif dalam menegakan kebijakan, segmentasi mikro dan analytics.
  • Keamanan terintegrasi dengan semua solusi Cisco dan ecosystem partner.
  • Kerangka keamanan yang konsisten dalan skala besar di lingkungan multicloud.

3. Memberikan pengalaman aplikasi yang unggul

  • Single policy dan konektivitas tanpa batas di semu data center dan public cloud.
  • Dapat menggunakan hypervisor apa pun, untuk beban kerja apa pun, di lokasi apa pun, dan menggunakan cloud apa pun.
  • Cloud automation diaktifkan dengan integrasi antara vRealize, Azure Pack, OpenStack, OpenShift, Kubernetes, dan Cisco UCS® Director.
  • Open APIs dan struktur SDN yang dapat deprogram, dengan 65 lebih ecosystems partner.

4. Cisco ACI building blocks

Cisco ACI dan solusi arsitektur yang dibangun dengan building block berikut:

  • Cisco Application Policy Infrastructure Controller (APIC)
  • Cisco Nexus 9000 Series spine and leaf switches for Cisco ACI

implementasi cisco ACI

Gambar: Cisco ACI building blocks

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Implementasi Cisco ACI dan Bagaimana ACI dapat menjadi komponen yang tepat untuk percepatan bisnis Anda dapat hubungi di sini.


Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.