Tiga Trend Ini Berdampak Pada Pasar Data Center di 2024

data center
Corridor of the data center server room Server room for the Internet and communication networks. AI generative

Menjelang akhir tahun biasanya akan muncul rekomendasi teknologi dan tren yang akan muncul di tahun yang Baru. Mari kita ajak untuk mengetahui tiga tren yang akan berdampak pada pasar Data Center pada tahun 2024 dan seterusnya.

 

  1. Kecerdasan buatan (AI)

Bukan rahasia lagi bahwa AI mendorong era baru dalam permintaan industri data center. Banyak  data center yang ada, termasuk data center multi-penyewa, harus ditingkatkan untuk menangani persyaratan pemrosesan AI. Selain itu, perusahaan diperkirakan akan meningkatkan pengeluaran untuk data center hyperscale sebesar 20 persen.

AI tidak hanya menuntut peralatan yang lebih baru atau ruang yang lebih besar; panas yang dihasilkan dari teknologi baru ini membutuhkan teknologi dengan kemampuan pendingin cair.

 

Beberapa data center akan dapat dipasang untuk mengimplementasikan pendinginan data. Namun, waktu yang lama dan hilangnya pendapatan yang diperlukan untuk retrofit berarti sebagian besar  ini harus dibangun dari awal.

 

Perusahaan yang dapat menerapkan strategi infrastruktur yang fleksibel akan berada di posisi terbaik untuk memanfaatkan revolusi AI ini, yang akan menghasilkan pertumbuhan yang sangat besar.

 

  1. Pembangkit listrik

AI dan inovasi teknologi cepat lainnya, mulai dari perangkat Internet of Things hingga 5G, mengharuskan data center modern untuk menggunakan energi dalam jumlah besar. Faktanya, McKinsey memproyeksikan bahwa permintaan data center akan mencapai 35 gigawatt pada tahun 2030, naik dari 17 gigawatt pada tahun 2022.

 

Sayangnya, jaringan listrik saat ini tidak siap untuk memenuhi kebutuhan data center di masa depan – terutama di daerah pedesaan, dan di banyak lokasi di luar negeri. Oleh karena itu, kita harus berharap untuk melihat upaya modernisasi jaringan terus berlanjut dengan sungguh-sungguh pada tahun 2024 untuk memenuhi permintaan.

 

Modernisasi akan membutuhkan pembangunan lebih banyak jalur transmisi, serta koordinasi yang lebih efisien dan efektif dari berbagai sumber energi – misalnya, kombinasi sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya, dengan bahan bakar fosil, yang lebih dapat diandalkan sepanjang waktu.

 

Kita juga harus melihat konvergensi pasar yang lebih besar, dengan utilitas, produsen listrik independen, pengembang skala besar dan pengembang energi terbarukan, semuanya bekerja sama untuk membangun infrastruktur. Jaringan listrik yang lebih fleksibel akan lebih siap untuk mengantisipasi dan menangani lonjakan permintaan.

 

  1. Otomatisasi

Evolusi teknologi yang cepat di pasar data center juga akan menuntut peningkatan otomatisasi. Selain itu, otomatisasi menjadi semakin mendesak dalam menghadapi krisis kredit dan kelangkaan tenaga kerja saat ini; memang, perusahaan di setiap industri berada di bawah tekanan untuk mencapai produktivitas dan efisiensi yang lebih tinggi dengan sumber daya yang lebih sedikit.

 

Otomatisasi sudah ada dalam berbagai bentuk, termasuk penjadwalan, pemantauan, pemeliharaan, pengiriman aplikasi, dan pemecahan masalah ketidakefisienan dalam jaringan dan infrastruktur.

 

Otomatisasi tersebut memberikan lebih banyak waktu bagi para pekerja untuk fokus pada tugas-tugas penting yang bernilai lebih tinggi, yang selanjutnya akan mempercepat modernisasi data center. Tren otomatisasi ini akan terus berlanjut pada tahun 2024, dalam rangka meningkatkan kelincahan data center dan efisiensi operasional.

 

Pasar yang berkembang pesat, penuh dengan peluang

Tahun lalu telah menandai evolusi yang cepat dan dramatis di pasar data center, yang mencerminkan kecepatan luar biasa dari inovasi teknologi yang ada di belakangnya.

Langsung hubungi tim Berca di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp untuk mengetahui trend 2024 selanjutnya!