Tips Terbaik Memilih Switch Terbaik bagi Bisnis Kecil atau UMKM. Begini Caranya

switch

Memilih switch untuk jaringan bisnis, terlepas dari ukuran dan kebutuhan fungsinya, adalah keputusan yang lebih rumit dan penting. Switch jaringan apa yang terbaik untuk bisnis kecil? Kita akan mengungkapkan pentingnya memilih switch bisnis kecil yang sesuai dan faktor-faktor utama untuk memilih switch terbaik.

 

Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan Switch yang Sesuai?

Switch jaringan adalah komponen fundamental bagi setiap bisnis kecil/umkm yang membangun jaringan bisnis mereka. Switch memungkinkan bisnis kecil untuk berkomunikasi dan berbagi informasi melalui jaringan area lokal (LAN), menghubungkan orang dan perangkat dalam geografi lokal seperti kantor, departemen, atau gedung, mendukung kolaborasi dan akses ke informasi bisnis yang penting.

 

Setelah pandemi COVID-19, bagi sebagian besar perusahaan kecil dan menengah, investasi di jaringan menjadi semakin penting. Jika Anda benar-benar ingin membedakan bisnis Anda dengan meningkatkan produktivitas staf dan memungkinkan kolaborasi yang lebih baik di dalam organisasi dan dengan mitra bisnis, Anda harus mempertimbangkan dengan serius untuk membeli switch jaringan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini dan mempersiapkan pertumbuhan di masa depan.

 

Harapan untuk Peralihan Bisnis Kecil yang Sesuai

Meskipun bisnis kecil dapat diklasifikasikan dalam industri yang berbeda dan memiliki kebutuhan unik berdasarkan pekerjaan mereka, switch yang sesuai umumnya diharapkan dapat memenuhi tuntutan ini untuk bisnis yang sedang berkembang:

  • Menawarkan kecepatan jaringan yang tinggi, baik dengan aplikasi data, suara, atau video, pastikan tidak ada jaringan yang macet selama bekerja.
  • Memastikan kualitas suara yang bagus dalam panggilan bisnis, yang penting bagi perusahaan kecil.
  • Terjangkau tanpa mengurangi kualitas, jika bisnis kecil dihadapkan dengan anggaran yang ketat.
  • Mudah diatur dan digunakan, yang dapat menghemat waktu dan biaya tenaga profesional.

Pertimbangan Saat Memilih Switch Jaringan untuk Bisnis Kecil

Memilih switch jaringan yang memenuhi kebutuhan bisnis kecil membutuhkan pertimbangan penuh atas spesifikasi dan fungsi switch jaringan.

 

Kecepatan Jaringan

Perkembangan switch telah melewati 100M dan Gigabit. Dengan meningkatnya kebutuhan transmisi data dari sebagian besar pengguna, sekarang ada switch 10 Gigabit.

Dalam hal kecepatan transmisi, 10 Gigabit tidak diragukan lagi adalah yang tercepat, tetapi konsumsi daya switch 10 Gigabit jauh lebih besar daripada dua lainnya. Umumnya, tugas-tugas seperti streaming dan rapat tanpa batas membutuhkan 250 juta, hosting server, beberapa hosting server, sejumlah besar pencadangan online, dan komputasi berbasis cloud yang berkelanjutan membutuhkan 500 juta, tetapi jika Anda ingin mencapai semua tugas ini tanpa gangguan, Anda memerlukan kecepatan 1.000 Mbps. Jika kita mempertimbangkan kecepatan dan biaya, maka pilihan terbaik adalah 1 Gbps. Penggunaan switch Gigabit sepenuhnya mampu menangani akses Internet untuk bisnis kecil, termasuk berbagai aplikasi multimedia, transmisi transfer file besar yang sering, dan operasi lainnya.

 

Jumlah Port

Secara umum, semakin banyak jumlah port, semakin rendah biaya satu port, tetapi itu tidak berarti bahwa semakin banyak semakin baik, pilihan populer untuk jaringan rumah sering kali mencakup hub berukuran kecil hingga sedang, seperti switch jaringan 4-port, 5-port, atau 8-port. Sementara itu, jaringan perusahaan atau server yang lebih kompleks mungkin membutuhkan perangkat keras yang jauh lebih mumpuni. Jumlah orang di perusahaan menentukan jumlah port switch yang digunakan.

 

Jika jumlah pengguna antara 3 dan 14, dan jumlah karyawan tidak banyak berubah untuk waktu yang lama, Anda dapat memilih switch jaringan 24-port. Ketika beberapa redundansi diperlukan, switch 48-port dapat dipilih.

 

Jenis Port

Ada dua port fisik yang berbeda: port optik dan port listrik. Port optik dibagi menjadi SFP, SFP+, SFP28, QSFP+, QSFP28, dll. Port listrik juga merupakan antarmuka kabel jaringan (RJ45), terhubung ke kabel jaringan. Ambil rekomendasi switch 1G kami sebelumnya sebagai contoh, jenis port yang paling umum dari switch 1G adalah keduanya: Port RJ45 dan port serat SFP.

 

Kinerja koneksi RJ45 dan koneksi SFP pada dasarnya sama, tetapi biaya pemasangan kabel port SFP lebih tinggi. Namun demikian, port SFP masih sangat diperlukan karena dapat mendukung modul optik SFP dengan port listrik dan port optik. Terlebih lagi, jarak transmisi jelas lebih panjang daripada port RJ45 ketika menggunakan transceiver optik port SFP. Sementara itu, koneksi SFP antara dua switch berkinerja lebih baik dalam aplikasi praktis dengan fleksibilitas dan skalabilitas tinggi.

 

Peralihan Siap-Suara

Dengan memilih switchr siap-suara dengan kebijakan QoS, fitur Auto-VoIP dan Auto-Voice VLAN, seperti seri FS S2800S, bisnis Anda dapat menjalankan lalu lintas suara melalui LAN. Anda dapat mengganti PBX tradisional atau layanan telekomunikasi dengan sistem telepon IP canggih dan telepon IP yang beroperasi dengan Public Switched Telephone Network (PSTN) atau Voice over Internet Protocol (VoIP) yang dikontrak. Dengan menggunakan switch siap-suara, Anda dapat mengurangi biaya panggilan tol dan biaya layanan konferensi, menyatukan pesan suara dan pesan email, serta memasang telepon di lokasi yang berbeda dengan menggunakan ekstensi yang sama. Hal ini juga membantu Anda meningkatkan produktivitas pengguna dan staf serta meningkatkan layanan pelanggan.

 

Jenis Manajemen

switch yang dikelola sepenuhnya memberi kemampuan untuk mengonfigurasi, memantau, dan mengelola perangkat secara manual di jaringan usaha, banyak perusahaan besar dengan persyaratan tinggi untuk konfigurasi jaringan biasanya memilih yang satu ini.

 

switch yang tidak dikelola sering disebut “plug-and-play,” dan meskipun kedengarannya nyaman, itu berarti tidak ada kemampuan untuk mengonfigurasi switch jaringan yang tidak dikelola karena tidak memiliki “otak.”

 

Faktor Bentuk

Pilihan jenis switch Anda tergantung pada tata letak lingkungan kerja Anda, jika Anda menginginkan pengoperasian yang fleksibel dan tenang, switch desktop dan tanpa kipas adalah pilihan yang bagus, switch desktop dapat diletakkan di atas meja atau meja kantor Anda, desain tanpa kipas memberikan lingkungan kerja yang tenang, switch dengan dua desain ini ideal untuk ruang konferensi dan kantor yang lebih kecil. Switch pemasangan di rak dirancang untuk ditempatkan di lemari kabel atau ruang tertutup lainnya yang aman secara fisik atau pusat data yang biasanya menampung perangkat jaringan lain, seperti server dan peralatan telepon.

 

Untuk unit usaha kamu yang berada di seluruh Indonesia, Berca Hardayaperkasa berikan solusi terbaik untuk kamu yang membutuhkan switch. Hubungi di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp Berca.