“Apa Itu AI?” Menjadi Topik yang Banyak Dicari di 2023. Ini Keuntungan AI

Apa itu ai

2023 ditutup dengan kemajuan teknologi dan selamat dating di tahub 2024. Ini waktu yang tepat untuk kita merangkum apa yang balik banyak dicari di tahun 2023 khusunya untuk teknologi ataupu digital. AI ChatGPT, Bluetooth, Bitcoin dan 5G menjadi kata kunci terbanyak yang dicari di dunia. Menurut Google in Year search 2023 Indonesia, “Apa itu AI?” menjadi pencarian kata kunci terbanyak. Buat yang belum mengenal apa itu AI, yuk kita pahami bersama di artikel ini.

 

Apa itu AI dan bagaimana cara kerjanya?

AI memungkinkan komputer untuk belajar dan memecahkan masalah seperti manusia.

Sistem AI dilatih dengan sejumlah besar informasi dan belajar mengidentifikasi pola di dalamnya, untuk melakukan tugas-tugas seperti melakukan percakapan seperti manusia, atau memprediksi produk yang akan dibeli oleh pembeli online. AI juga dapat menjawab setiap pertanyaan yang mungkin saat ini manusia butuhkan, walaupun masih ada beberapa Batasan. Namun, AI akan terus belajar alur manusia melalui teknologi.

 

Apa yang dimaksud dengan program AI seperti ChatGPT dan DALL-E?

Sebagai salah satu yang menjadi banyak pencarian di Google, ChatGPT menjadi hal yang menarik walaupun hasil rekaman data terbatas hanya sampai tahun 2021. ChatGPT dan DALL-E adalah contoh dari apa yang disebut AI “generatif”.

Program-program ini belajar dari sejumlah besar data, seperti teks dan gambar online, untuk menghasilkan konten baru yang terasa seperti dibuat oleh manusia.

Apa yang disebut “chatbots” – seperti ChatGPT – dapat melakukan percakapan teks. Program AI lainnya seperti DALL-E dapat membuat gambar dari instruksi teks sederhana.

AI generatif juga dapat membuat video dan bahkan menghasilkan musik dengan gaya musisi terkenal.

Namun, program-program ini terkadang menghasilkan jawaban dan gambar yang tidak akurat, dan dapat mereproduksi bias yang terkandung dalam materi sumbernya, seperti seksisme atau rasisme.

Banyak seniman, penulis, dan artis telah memperingatkan bahwa AI semacam itu memungkinkan orang lain untuk mengeksploitasi dan meniru karya mereka tanpa bayaran.

 

Keuntungan AI dan yang perlu kita tahu!

Keuntungan AI adalah hal yang termasuk banyak dicari untuk berbagai industri. Berikut adalah keuntungan AI:

  1. Mengurangi risiko kesalahan manusia (Human error)
  2. Siap sedia 24/7 atau bekerja tanpa pandang jam kerja
  3. Inovasi dan penemuan terbaru
  4. Membuat keputusan tanpa bias

Dan masih banyak keuntungan lainnya yang dapat kita jelajahi di internet. Ini adalah yang perlu kita ketahui.

  • AI yang lemah – Berfokus pada satu tugas dan tidak dapat bekerja di luar batas kemampuannya (umum terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari)
  • AI yang kuat – Dapat memahami dan mempelajari tugas intelektual apa pun yang dapat dilakukan oleh manusia (para peneliti berusaha keras untuk mencapai AI yang kuat)
  • Super AI – Melampaui kecerdasan manusia dan dapat melakukan tugas apa pun lebih baik daripada manusia (masih berupa konsep)

Untuk informasi lebih lengkap dapat hubungi ke tim Berca di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp Berca sekarang.