Dari 3 Solusi Cloud Ini, Mana yang Terbaik Bagi Bisnis Anda?

Cloud -Berca

Solusi Cloud Apa Yang Terbaik Untuk Bisnis Anda?

 

Menemukan solusi cloud terbaik untuk bisnis Anda mungkin tampak menantang. Ada banyak informasi di luar sana, dan pilihan yang tak terhitung jumlahnya, tampaknya. Apa yang terbaik untuk bisnis Anda hari ini mungkin berbeda secara signifikan dari apa yang tepat buat masa mendatang. Itulah mengapa ada baiknya untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang cloud, pilihannya dan  apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Apa itu Cloud?

 

Pada dasarnya, cloud adalah server jarak jauh atau sekumpulan server yang menyimpan data yang dapat diakses melalui Internet. Ini dapat mencakup banyak layanan – beberapa di antaranya yang paling populer:

Mengapa menggunakan layanan cloud?

 

Untuk satu hal, memanfaatkan cloud jauh lebih murah daripada menampung dan mengelola server di tempat yang sangat besar yang menghabiskan ruang dan sumber daya. Bisnis juga lebih mudah untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi data. Perusahaan dapat mengizinkan karyawan mengakses informasi yang mereka butuhkan dengan aman dengan biaya yang relatif rendah – kapan saja dan di mana saja, selama mereka memiliki koneksi Internet yang andal.

 

 

Manfaat mengadopsi cloud

 

a.  Skalable secara instan

 

Mungkin bisnis usaha Anda sedang menghadapi periode pertumbuhan yang cepat atau mengalami penurunan sementara, yang sejalan dengan sifat scalable cloud berarti selalu memiliki sumber daya tepat yang dibutuhkan untuk menjaga bisnis tetap berjalan lancar.Saat Anda berlangganan layanan cloud, Anda hanya membayar untuk service level yang Anda butuhkan. Anda dapat menaikkan atau menurunkan skala sesuai keinginan dan hanya membayar sesuai kebutuhan.

 

b.  Peningkatan inovasi dan komunikasi

 

Cloud juga mendorong inovasi dengan lebih cepat. Karena informasi tersedia secara bersamaan untuk beberapa departemen, informasi dapat disebarkan dengan cepat. Penghalang jalan yang biasanya dikaitkan dengan komunikasi dan kolaborasi antardepartemen secara keseluruhan sekarang dapat dikelola dengan lebih efektif.

 

c.  Analisis data masuk yang lebih efisien

 

Dengan aksesibilitas ke cloud untuk penyimpanan dan aplikasi onsite, cloud memungkinkan pengguna untuk melihat dan menganalisis data yang dikumpulkan saat data masuk. Dengan memeriksa informasi yang masuk secara teratur, bisnis dapat memperoleh wawasan tentang perilaku pelanggan Anda dan memberikan pengalaman keseluruhan yang lebih baik kepada pelanggan yang sama.

 

 

Jenis layanan cloud

 

Layanan cloud hadir dalam berbagai bentuk, bergantung pada kebutuhan spesifik bisnis Anda. Banyak bisnis kecil tidak membutuhkan terlalu banyak alert. Mereka hanya membutuhkan ruang penyimpanan khusus dan, mungkin, beberapa aplikasi online yang dapat mereka akses di mana saja.Ketika bisnis tumbuh secara skala dalam ukuran, atau seiring kebutuhan mereka berkembang, ada pilihan yang tersedia untuk mereka

a.  Layanan public cloud

 

Layanan ini  menggunakan infrastruktur bersama, yang berarti siapa pun dapat mengakses data atau aplikasi berbasis cloud dari komputer atau perangkat apa pun selama mereka memiliki koneksi Internet yang andal. Security adalah aspek dari  public cloud. Namun, karena layanan ini lebih sering digunakan oleh masyarakat umum daripada bisnis dengan kepatuhan peraturan atau masalah cyber security berisiko tinggi lainnya, maka hal itu tidak dilindungi dibandingkan dengan prifat cloud atau hybrid.Sama halnya, aksesibilitas, biaya yang relatif rendah, dan skalabilitas menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk banyak bisnis kecil. Meskipun security mungkin lebih terbatas dibandingkan dengan opsi cloud lainnya, ada langkah-langkah sederhana dan terjangkau yang dapat diambil oleh bisnis kecil, seperti enkripsi dan firewall virtual, untuk menambahkan tingkat keamanan tambahan untuk melindungi data sensitif.

 

b.  Layanan Private cloud

 

Jika bisnis Anda menangani data pelanggan dalam jumlah besar, Anda mungkin ingin menjelajahi layanan private cloud. Strukturnya pada dasarnya sama dengan publiccloud, tetapi ada kontrol yang lebih besar terkait siapa yang dapat mengakses akun privatecloud dan dari mana. Layanan privatecloud hanya memberikan akses dan informasi kepada mereka yang berada dalam bisnis atau organisasi tertentu. Protokol security lebih dibatasi. Layanan keseluruhan dianggap lebih stabil, dan penyedia layanan privatecloud menambahkan redundansi untuk membatasi downtime.

c.  Layanan Hybridcloud

 

Beberapa orang menganggap aspek publiccloud dan aspek privatecloud menarik. Dalam hal ini, layanan ini mungkin merupakan jawaban terbaik. Menawarkan kemudahan publiccloud, tetapi memanfaatkan fitur keamanan privatecloud, layanan hybrid memberikan yang terbaik dari kedua layanan. Hal ini memungkinkan organisasi untuk tetap gesit dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang berubah saat terjadi. Hybrid menampilkan kemudahan yang diperlukan untuk menyesuaikan saat kondisi berubah. Bisnis dapat berkembang dengan mudah tanpa harus berinvestasi pada peralatan atau add-on yang mahal. Layanan hybrid juga memungkinkan pengguna untuk beralih di antara tingkat privasi apa pun yang diperlukan berdasarkan sensitivitas data.

Cloud apa yang tepat untuk bisnis Anda?

Untuk menentukan layanan mana yang paling cocok untuk Anda, perlulah memutuskan opsi apa yang akan mendorong bisnis Anda untuk beroperasi secara efisien dengan biaya yang Anda mampu. Itu berarti mengaudit kebutuhan Anda dan memutuskan solusi apa yang akan berfungsi baik hari ini dan besok – tetapi juga menyadari cloud’s scalability sehingga memungkinkan Anda menyesuaikannya kapan saja.

 

PT Berca Hardayaperkasa memiliki layanan BercaCloud, sebagai penyedia jasa di Indonesia. Silahkan menghubungi marketing@berca.co.id untuk informasi lebih lanjut. Manfaatkan layanan cloud untuk membantu mempertahankan dan mengembangkan bisnis Anda apa pun ukurannya saat ini atau ukurannya di tahun-tahun mendatang.

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun global seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, JDE Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.