Modem, Router dan Acces Point, Apa Bedanya?

 

Penulis: Kodrat Wahyudi

 

Modem, Router dan Acces Point: apa bedanya?
Sebuah pengantar singkat Network Computer

 

Tahukah Anda perbedaan istilah pada perangkat jaringan antara, switch dan hub? Modem, acces point dan router? Sebagai salah satu perusahaan IT di Indonesia, salah satu fokus bisnis IT PT Berca Hardayaperkasa adalah sebagai Perusahaan Networking yang menyediakan layanan untuk keperluan pengadaan perangkat jaringan. Pada artikel berikut ini, akan dipaparkan secara singkat untuk pemahaman dasar mengenai jaringan komputer – IT Network, yang didalamnya akan muncul istilah-istilah umum perangkat jaringan. Semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan pemahaman awal.

 

Nampaknya sederhana bagi kita untuk terhubung dengan internet. Dengan menggunakan Wi-Fi, secara mudah kita bisa masuk ke internet. Tetapi ketika terjadi kesalahan-atau saatnya untuk meningkatkan performa peralatan Anda menjadi sesuatu yang lebih cepat-Anda perlu memahami apa yang sebenarnya dilakukan oleh semua kotak hitam kecil itu.

 

Modemlah yang menjadi penghubung anda ke internet

 

Modem adalah pintu gerbang Anda ke internet – kabel, serat optik, atau saluran telepon masuk melalui lingkungan Anda, ke rumah Anda, dan terhubung ke modem Anda. Modem menerjemahkan digital “1” dan 0” dari komputer Anda menjadi informasi analog untuk kabel,  atau sebaliknya kabel telepon untuk menghubungkan ke dunia luar, dan menerjemahkan sinyal analog yang masuk dengan cara yang sama. Ini disebut modulasi dan demodulasi, masing-masing, dan di situlah “mo-dem” mendapatkan namanya. Biasanya, penyedia layanan internet (ISP) Anda akan memberi Anda modem dengan biaya bulanan tertentu

 

Router Menghubungkan Perangkat Anda ke Modem

 

Jika Anda hanya memiliki satu komputer di rumah, Anda dapat mencolokkannya langsung ke modem dengan kabel Ethernet dan Anda akan terhubung ke internet. Tetapi kebanyakan orang memiliki lebih dari satu komputer di rumah mereka, belum lagi smartphone, tablet, e-reader, dan sejumlah perangkat lainnya. Modem mandiri tidak dapat mengirim data ke beberapa perangkat secara bersamaan: modem tersebut biasanya hanya memiliki satu port Ethernet, dan hanya menghasilkan satu alamat IP, yang mengidentifikasi lokasi Anda ke internet  Sebuah router menghubungkan semua perangkat rumah Anda satu sama lain – melalui kabel Ethernet atau Wi-Fi – dan kemudian terhubung ke modem. Ini memberi setiap perangkat alamat IP internalnya sendiri, yang digunakan untuk merutekan lalu lintas di antara mereka. Jika alamat IP modem Anda seperti alamat jalan sebuah gedung, alamat IP internal router Anda seperti nomor apartemen.

 

Modem Anda menerima informasi dari internet, mengirimkannya ke router, dan router mengirimkannya ke komputer yang memintanya.  Jaringan yang dibuat oleh router Anda dikenal sebagai jaringan area lokal, atau LAN, dan menghubungkan Anda ke jaringan area luas yang lebih besar, atau WAN. Dalam kebanyakan kasus rumah, WAN Anda, untuk semua maksud dan tujuan, adalah internet.Tidak semua router menyertakan Wi-Fi – beberapa hanya menghubungkan komputer dengan kabel Ethernet. Di situlah peralatan berikutnya berperan.

 

Sebuah Acces Point menambahkan jaringan secara nirkabel

 

Dulu, semua komputer terhubung ke internet melalui banyak kabel. Sekarang kemampuan tersebut digunakan melalui Wi-Fi. Untuk dapat melakukan hal itu, diperlukan sesuatu alat untuk menyiarkan sinyal nirkabel itu. Sebuah wireless access point  terhubung ke router Anda. Sebagian besar pengguna rumahan memiliki router dengan titik akses nirkabel bawaan, tetapi titik akses mandiri masih umum untuk bisnis, karena Anda dapat memasangkan beberapa titik akses untuk memperluas jaringan Anda di area yang luas.

 

Sebuah Switch Menghubungkan Komputer lebih luas melalui Router

 

Semua router dilengkapi dengan port Ethernet built-in, tetapi tergantung pada ukuran dan kelas router yang Anda miliki, Anda mungkin tidak memiliki cukup untuk menyambungkan semua perangkat Anda – terutama di era teknologi rumah pintar, yang seringkali membutuhkan banyak port untuk koneksi Jika Anda kehabisan port Ethernet di router Anda, switch dapat menambahkan lebih banyak port Ethernet ke jaringan Anda.

 

Cukup colokkan perangkat tambahan Anda ke switch, sambungkan switch ke router Anda, dan perangkat tersebut akan muncul di jaringan Anda. Perhatikan bahwa Anda memerlukan router untuk menggunakan switch. Sebuah switch tidak dapat menetapkan alamat IP atau membuat jaringan seperti yang dapat dilakukan oleh router Anda – switch hanya bertindak sebagai polisi lalu lintas untuk sinyal yang masuk.

 

Selain itu, jangan bingung antara switch dengan hub, yang terlihat hampir identik, tetapi berfungsi sangat berbeda: alih-alih merutekan lalu lintas antara beberapa perangkat, hub hanya mengambil sinyal masuk dan menyalinnya ke semua perangkat di hub. Ini jarang terjadi dalam penggunaan rumah modern.

 

Fitur Ini Dapat Dikombinasikan Menjadi Satu Unit

 

Tidak semua orang memiliki modem, router, dan acces point terpisah di rumah mereka. Saat ini, Anda akan menemukan banyak fitur ini digabungkan menjadi satu perangkat. Misalnya, seperti yang disebutkan di atas, kebanyakan orang menggunakan router nirkabel, yang menggabungkan router dengan titik akses nirkabel.

 

Banyak orang bahkan menggunakan unit combo modem / router, yang berisi modem, router, dan titik akses nirkabel semuanya dalam satu perangkat. Ini dapat menghemat ruang dan menghilangkan beberapa kabel, tetapi seperti sampo dan condisioner, beberapa orang suka memisahkan perangkat ini, karena memungkinkan lebih banyak pilihan.