Inilah 5 Cara Utama untuk Membuat diri Anda Aman Saat Aktivitas Online

 

 

By: Kodrat Wahyudi

 

Tak bisa dihindari, perubahan di banyak bidang terjadi begitu cepat sekarang. Semakin sempitnya ranah privasi seseorang, terlebih ketika kita sedang online. Setiap bit data pribadi kita sangatlah berharga, jangan sampai tercuri atau terambil oleh pihak-pihak yang dapat menyalahgunakannya.

 

Di saat kita sedang online, pentinglah kita untuk selalu menjaga security data pribadi kita tersebut.

1.      Password security.

Hal yang paling sederhana dan mudah adalah PASSWORD. Pembaharuan secara berkala penting dilakukan sebagai sarana perlindungan. Disarankan kata sandi Anda sepanjang 12+ karakter. Ini akan sangat mengurangi resiko akun Anda dibuka secara paksa.

 

Bagi beberapa user perlu untuk menggunakan pengelola password. Tool itu akan membantu membuat password acak dan menyimpannya. Dengan tool ini,  anda tidak perlu khawatir tentang mengingatnya dan anda dapat meningkatkan security level pada semua akun. Tool ini juga memungkinkan Anda untuk memperbarui kata sandi Anda dengan cepat jika telah terjadi pelanggaran.

 

2. MFA

Level security kedua adalah Multi-factor Authentication atau Otentikasi Dua Faktor saat Anda masuk ke akun. Tahapan ini akan memberikan kode yang hanya Anda miliki, memverifikasinya bahwa Andalah yang mencoba mengakses akun tersebut. Ini bisa datang dalam berbagai bentuk, verifikasi email, verifikasi SMS, verifikasi berbasis aplikasi (Microsoft Authenticator, Google Authenticatior atau verifikasi perangkat keras (Yubi Key).

 

3. Mengubah DNS

Langkah berikutnya adalah mengubah DNS. Ini adalah merupakan pengaturan yang sangat sederhana untuk diubah, yang biasanya dilakukan saat pertama sewaktu kita mendapatkan perangkat baru. Server DNS menerjemahkan URL menjadi alamat IP. Saat kita membuka www.facebook.com, perangkat tidak memahami itu atau bagaimana menuju ke sana, jadi ia menanyakan server DNS di mana alamat IP server untuk www.facebook.com.

 

Dengan mengubah DNS, Anda akan sangat membantu security. Mengapa? Karena semua yang Anda cari atau perangkat Anda akan melalui DNS itu. Sehingga Anda perlu menemukan satu DNS yang dapat Anda percayai. Alasan lain adalah beberapa penyedia DNS akan menambahkan fitur tambahan misalnya, pemblokiran iklan, pemblokiran malware, peningkatan kecepatan.

 

 

4. VPN

VPN adalah cara untuk menutupi aktivitas kita di internet. Saat kita terhubung dengan internet, itu akan menutupi alamat IP kita dan membuatnya tampak seperti kita datang dari tempat lain. Satu hal yang perlu diingat saat mencari provider adalah, mereka dapat melihat semua yang kita lihat melalui VPN. Pastikan kita menemukan salah satu yang memiliki 0 logging dan diaudit secara eksternal. Ini dapat sangat membantu privasi.

 

5. Berbohong

Edukasi yang selama ini kita terima adalah perihal kejujuran, yaitu untuk selalu mengatakan yang sebenarnya. Berbohong adalah suatu aib dan ketidakpantasan. Dengan berbohong di dunia online, itu akan membantu kita menjaga privasi pribadi kita. Berbohong ini misalnya dapat dilakukan saat mendaftar ke situs web tertentu, dengan memberikan nama diri yang berbeda. Untuk hal-hal yang sangat tidak crucial, anda dapat berbohong. Tentu saja, ketika Anda membutuhkan sesuatu, misalnya melakukan transaksi jual beli online – pastilah data pribadi yang benar serta alamat yang benar harus tetap diberikan.

 

Ini adalah hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk mulai melindungi diri kita sendiri saat kita online. Tidak ada solusi tunggal dalam hal security. Memiliki security pribadi yang baik berarti memiliki banyak elemen yang bekerja bersama dan secara stimultan mampu memberikan perlindungan terbaik.