Solusi Dell EMC PowerStore untuk Menjawab Tantangan di Era Big Data

 

 

Oleh: Kodrat Wahyudi

 

Beberapa waktu lalu, DellTechnologies memperkenalkan Dell EMC PowerStore di dalam kelasnya sebagai storage enterprise.  “Dell EMC PowerStore memadukan otomatisasi, teknologi generasi berikutnya dan arsitektur software baru untuk menghadirkan infrastruktur yang dapat membantu organisasi untuk mengatasi kebutuhan-kebutuhan tersebut,” ungkap Dan Inbar, President & General Manager Storage, Dell Technologies.

 

Storage Enterprise adalah solusi penyimpanan dengan teknologi yang luas yang mencakup produk dan layanan yang dirancang untuk membantu organisasi besar dalam menyimpan dan mengambil informasi digital. Tidak seperti perangkat penyimpanan konsumen atau bisnis kecil, Storage Enterprise dirancang untuk menangani volume data yang besar dan sejumlah besar pengguna secara bersamaan. Ini biasanya melibatkan repositori penyimpanan terpusat, seperti perangkat jaringan area penyimpanan (SAN) atau penyimpanan yang terpasang ke jaringan (NAS).

 

Organisasi dapat memilih untuk membeli dan menerapkan sistem penyimpanan perusahaan lokal, atau mereka dapat memilih untuk menyimpan datanya dengan layanan cloud computing eksternal. Keuntungan dari penyimpanan perusahaan di tempat adalah bahwa organisasi memegang kendali penuh atas perangkat keras dan data, memenuhi beberapa masalah keamanan dan kepatuhan. Di sisi lain, penyimpanan perusahaan berbasis cloud menyederhanakan manajemen penyimpanan dan dapat menurunkan biaya dalam beberapa kasus. Beberapa perusahaan mengambil pendekatan hybrid dan menggunakan kombinasi penyimpanan lokal dan berbasis cloud.

 

DELL EMC PowerStore dirancang untuk membantu end-user memenuhi semua tuntutan baru secara efektif, yakni:

  • Semua Beban Kerja: PowerStore menyederhanakan infrastruktur TI dengan mendukung berbagai beban kerja tradisional dan modern dengan arsitektur yang dapat disesuaikan naik atau turun untuk block, file, dan VMware vVols.
  • Optimalisasi Kinerja: PowerStore tujuh kali lebih cepat dan tiga kali lebih responsif dibandingkan dengan array storage kelas menengah Dell EMC sebelumnya.
  • Efisiensi Tanpa Kompromi: User dapat menghemat biaya dan kapasitas TI dengan deduplikasi always-on, kompresi, dan jaminan reduksi ukuran data 4:1 tanpa mengorbankan kinerja.

 

DELL EMC PowerStore mengubah cara data-center beroperasi dan memungkinkan organisasi untuk mengembangkan infrastruktur sesuai kebutuhan bisnis yang terus berubah:

  • Arsitektur Berbasis Kontainer:PowerStoreOS, sistem arsitektur software berbasis container sistem ini, memungkinkan portabilitas fitur, melakukan standarisasi dan mempercepat waktu produksi (time-to-market) kapabilitas- kapabilitas baru.
  • Memperkenalkan AppsON:Satu-satunya storage array yang dirancang khusus dengan VMware ESXi Hypervisor terintegrasii, memudahkan administrator untuk dapat langsung mengunggah aplikasi secara langsung di array tersebut untuk fleksibilitas yang besar.
  • Mempermudah Migrasi Data:Alat-alat baru khusus yang ada dalam panduan PowerStore Manager memungkinkan pelanggan untuk mengotomatisasi seluruh migrasi data dalam waktu kurang dari 10 x. Pelanggan bisa memanfaatkan sejumlah pilihan non-disruptif yang tersedia untuk melakukan migrasi data dari storage yang saat ini digunakan, seperti: Unity, SC, PS Series, VNX dan XtremIO.

 

Pelanggan dapat menggunakan DELL EMC PowerStore dengan cara yang paling sesuai dengan strategi cloud dan kebutuhan bisnis mereka:

  1. Fleksibilitas penerapan tuntutan beban kerja dalam lingkungan hybrid-cloud.
  2. Dengan adanya Cloud Storage Service, sehingga dapat menghubungkan PowerStore langsung ke semua cloud publik terkemuka
  3. PowerStore dapat diterapkan sebagai opsi storage dalam infrastruktur otonom Dell EMC PowerOne, yang mempercepat transisi suatu organisasi ke aktivitas operasional menyerupai cloud.

 

Peningkatan performa ini juga diiringi dengan peningkatan efisiensi penggunaan ruang pada storage tersebut dengan melakukan kompresi data yang tersimpan di dalamnya. Selain itu, platform ini juga dibangun dengan insfrastruktur yang dapat diprogram dengan dukungan VMWare.

 

Platform ini memiliki kemampuan Machine Learning terintegrasi dengan software pemantauan storage, sehingga mampu mengotomatisasi berbagai beban kerja yang berhubungan dengan penempatan volume antar storage, pelacakan data serta pemantauan kesehatan dari storage tersebut.

 

Dell EMC PowerStore juga telah dilengkapi AppsON dengan PowerStore OS di dalamnya. Hal ini berdampak pada peningkatan performa saat menjalankan berbagai aplikasi infrastruktur yang membutuhkan beban data tinggi langsung dari platform tersebut. Selain itu, desain platform ini juga telah divalidasi sehingga dapat terhubung langsung ke berbagai cloud publik yang telah terkemuka seperti Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure dan Google Cloud.

 

Penutup

PT Berca Hardayaperkasa sebagai Titanium partner DELL EMC, didukung dengan tenaga ahli, baik teknisi yang berpengalaman, serta semua tenaga presales, sales dan purna jual yang handal.  PT Berca Hardayaperkasa memiliki kompetensi untuk implementasi dan layanan purna jual yang handal untuk delivery solusi dari DELL EMC ini. Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi marketing@berca.co.id untuk inquiry demo product atau presentasi.