Working From Home? Jangan Lupakan Keamanan Data Anda

Mobile Scurity

 

Keamanan data-Virus corona yang tengah merebak menjadi perhatian masyarakat dunia. Hal itu dikarenakan dampak dari virus tersebut bisa menyebabkan kematian dan ini sudah ditemukan di beberapa Negara termasuk di Indonesia. Hal ini menjadi kecemasan global. Dampak buruk terbesar virus ini selain pada aspek kesehatan, tetapi juga banyak memukul bidang di luar kesehatan.

 

Hal tersebut tentunya tidak lepas dari cepatnya informasi publik di era disrupsi seperti saat ini. Hal ini juga menjadi sentimen negatif bagi dunia usaha, sehingga pelaku usaha termasuk perkantoran dan tempat-tempat umum sudah mulai banyak ditutup guna menghindari berkumpulnya orang banyak.

 

Di karenakan wabah ini menimbulkan risiko serius bagi setiap bagian perusahaan di dunia. BUMN maupun swasta dihimbau mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP) untuk berkerja di rumah bagi para karyawannya dalam mengantisipasi virus corona COVID-19, termasuk enterprise mobility solutions.

 

Di samping kelebihan yang dimilki dari suatu sistem, pasti mempunyai kekurangan dan risiko, seperti di antaranya:

 

  • Berbagi data rahasia di jaringan
  • Data pribadi dan perusahaan tercampur
  • Awareness yang rendah
  • Kebocoran data
  • Terlalu banyak jenis perangkat
  • Kehilangan perangkat
  • Dapat melakukan bypass ke policy yang ada

 

Umumnya, trend BYOD atau Bring your own device adalah sebuah aturan yang memperbolehkan pegawai untuk membawa perangkatnya masing-masing, seperti laptop, handphone, tablet, ke tempat kerja dan diperbolehkan mengakses sumber daya yang ada di perusahaan untuk meningkatkan produktivitas, kerja lebih flexible dan mengurangi biaya transport. Namun cara ini dirasa tidak efektif bagi perusahaan dari sisi keamanan data yang ditimbulkannya, termasuk ransomware yang menargetkan platform Android dan Google secara terus-menerus dikembangkan oleh pelaku hacker.

 

Salah satu solusi yang dapat di lakukan untuk menjaga kemanan data Anda dan perusahaan adalah Mobile Security. Trend Micro mobile security menjadi komponen penting dari sisi user protection. Dengan memberikan visibilitas dan kontrol penuh atas perangkat seluler, aplikasi, dan data perusahaan melalui single built-in console. Tentu hal ini akan membuahkan keseimbangan yang tepat antara produktivitas pengguna dan risiko IT.

 

Sebagai bagian penting dari seluruh user protection strategy, Trend Micro sangat mengurangi kompleksitas, kerumitan, bahkan biaya yang harus dikeluarkan dibandingkan dengan standalone mobile security atau solusi MDM (Mobile Device Management) yang memerlukan infrastruktur manajemen baru.

 

Tidak seperti solusi lain, Trend Micro Mobile Security mengintegrasikan layer dari data protection untuk mengamankan data perusahaan Anda dimanapun. Encryption enforcement, remote lock and wipe, password enforcement, dan fungsi lainnya beriringan dengan keamanan perangkat dan app management untuk menjaga keamanan data customer.

 

Berikut ini beberapa benefit yang didapatkan ketika perusahaan menggunakan Trend Micro Mobile Security:

 

  1. Menyeimbangkan produktivitas karyawan dengan IT control
  2. Mengurangi rumitnya deployment, IT dan biaya operasional dengan mengintegrasikan MDM, mobile security, application management, dan data protection ke dalam satu solusi
  3. Mengamankan berbagai perangkat dengan antimalware, firewall, dan sistem deteksi intrusi (IDS) didukung oleh Trend Micro’s global threat intelligence.
  4. Memprotect data dimanapun dengan encryption, remote lock and wipe, dan feature lock.
  5. Meningkatkan produktivitas membuat karyawan bebas bekerja kapan saja, di mana saja dari perangkat pilihan mereka.

 

System Requirment and Support

keamanan data
System requirment and support

 

Deployment Architecture:

keamanan data
Deployment Architecture

 

Gartner endpoint protection platform 2019:

Gartner endpoint protection platform 2019:
Gartner endpoint protection platform 2019

 

Airwatch Integration Architecture

Airwatch Integration Architecture
Airwatch Integration Architecture

 

Sesuai dengan portofolio Berca Hardayaperkasa, Trend Micro Mobile Security merupakan salah satu solusi unggulan yang dimiliki. Sehingga diharapkan dapat membantu mobilitas klien dalam mengakses data tanpa harus khawatir akan kejahatan siber.