8 Industri Ini Membuat Teknologi 5G Semakin Menakjubkan

Teknologi 5G

 

Oleh: Kodrat Wahyudi

 

Teknologi 5G sangat bernilai jika diimplementasikan dalam skenario “intelligence economy”. Di blog ini, kami akan membahas 8 industri di mana teknologi 5G akan memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi, dan membahas bagaimana peluang dan tantangan penerapan 5G di industri digital.

 

Kesuksesan implementasi 5G sangat bervariasi di berbagai industri. Dengan perubahan yang dinamis saat ini, “Infrastruktur baru” dengan 5G tidak hanya menyediakan informasi, digitalisasi dan intelligence tapi juga melahirkan bisnis dan model pengembangan baru.

 

Para peneliti percaya bahwa empat aplikasi yang membawa perubahan langsung ke 5G, antara lain visual acuity, ultimate experience, cloud-device integration dan on-site echancement. Berdasarkan implementasi 5G, dapat dianalisa secara rinci bagaimana kesuksesan aplikasi 5G dan bidang di mana aplikasi 5G diimplementasikan di berbagai industri.

Kunci utama dari aplikasi industri dari teknologi 5G

 

Tidak ada standar untuk aplikasi industri 5G, jika merujuk pada skenario aplikasi 5G yang dibagi oleh berbagai organisasi. Dengan mempertimbangkan pemahaman dan praktik tentang digitalisasi industri dapat dilihat kesiapan layanan dan relevansi aplikasi 5G di berbagai industri dan bidang dari sudut pandang industri. Berikut ini akan dibahas mengenai skenario aplikasi industri untuk teknologi 5G.

 

1. Internet Industri: Smart Factory

 

Teknologi 5G

 

Dalam jangka panjang, “5G + Industrial Internet” akan  menjadi format dan mode aplikasi generasi berikutnya yang muncul untuk teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dan industri manufaktur maju. Sebagian besar aplikasi industri 5G saat ini berfokus pada fitur tambahan, seperti pemantauan jarak jauh berbasis 5G, bantuan perakitan AR, serta bantuan O&M dan inspeksi. Selain itu, inspeksi fotografi berbasis penglihatan, seperti inspeksi kualitas mesin, kamera industri, dan gateway komputasi tepi dengan modul komunikasi teknologi 5G bawaan di lini produksi, dapat mewujudkan pengukuran seluler dan deteksi tepi jalan.

 

 

2. Industri Tenaga Listrik: Jaringan Listrik Cerdas

 

Teknologi 5G

 

Dengan teknologi 5G, latensi rendah dan kemampuan koneksi 5G yang besar dapat dimanfaatkan untuk interaksi informasi dua arah. Teknologi 5G dapat dikombinasikan dengan serat optik untuk mengontrol perangkat node baik di sisi distribusi daya maupun konsumsi di area yang lebih luas. Dengan semakin populernya smart meter secara luas, pengembalian dan kontrol data di sisi meteran juga dapat digabungkan dengan teknologi 5G.

 

3. Industri Otomotif: IoV

 

Skenario kolaborasi vehicleroad dan kolaborasi vehiclevehicle berdasarkan latensi ultra-rendah 5G akan menjadi kenyataan. Di masa depan, mengemudi otomatis tidak lagi terbatas pada kecerdasan kendaraan tunggal, tetapi akan diperluas ke intelligent collaboration vehiclevehicle dan vehicleroad. Skenario aplikasi khas  5G di IoV terutama mencakup penerapan navigasi AR, reminder mengemudi yang melelahkan, dan kondisi/navigasi jalan secara real-time.

 

4. Industri Security: Smart Security

 

Teknologi 5G

 

Untuk pengawasan video, teknologi 5G akan diterapkan terutama di kamera nirkabel dan skenario bergerak, dan bandwidth tinggi dan latensi rendah 5G dapat mengembalikan gambar video satu titik secara real time. Aplikasi security IoT berbasis teknologi 5G secara bertahap akan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari di masa depan. Aplikasi utama IoT security berbasis teknologi 5G sebagian besar masih narrowband. .

 

 

5. Smart Community

 

 

Kombinasi manajemen komunitas – termasuk pencegahan & pengendalian epidemi – dan teknologi 5G terutama tercermin dalam komunitas digital, yang infrastrukturnya mencakup peralatan IoT cerdas dan peralatan jaringan komunikasi. Dengan membangun jaringan nirkabel 5G dan IoT, ekosistem umum komunitas cerdas terbentuk. Skenario aplikasi yang umum termasuk kontrol lampu jalan otomatis, pemantauan kesalahan dan alarm, jalur komunitas cerdas, pemantauan irigasi penghijauan, pemantauan status sampah, sistem proteksi kebakaran cerdas, pemantauan parkir cerdas, dan pemantauan keamanan masyarakat.

 

 

 

6. Industri Medis: Perawatan Kesehatan Jarak Jauh

 

Kombinasi teknologi 5G dan perawatan medis saat ini sedang menjadi sorotan. Teknologi dan jaringan 5G juga dapat digunakan dalam operasi jarak jauh dalam situasi darurat. Cakupan jaringan teknologi 5G di industri medis masih dalam proses, dan “Smart Healthcare” saat ini lebih didasarkan pada teknologi seperti cloud-computing, big-data, dan AI. Dengan menggabungkan informasi pasien, “Smart Healthcare” secara akurat mencocokkan sumber data medis dan meningkatkan tingkat diagnosis dan pengobatan. Selain itu, kombinasi berikutnya dari jaringan 5G dan “Smart Healthcare” dapat mengoptimalkan manajemen pasien dan meningkatkan seluruh proses pengalaman pasien sebelum, selama, dan setelah dirawat di rumah sakit.

 

 

7. Industri Pendidikan: Pembelajaran Jarak Jauh

 

 

Teknologi 5G akan mempromosikan industri pendidikan dalam efek pengajaran jarak jauh, inovasi pengajaran, dan jangkauan jaringan pengajaran. Untuk benar-benar mewujudkan pendidikan cerdas, 5G hanyalah salah satu sarana, dan juga perlu menggabungkan cloud-computing, AI, CDN, dan infrastruktur digital lainnya. Penerapan teknologi informasi dalam pendidikan biasanya dapat dibagi menjadi tiga tahap: perubahan alat dan teknologi, perubahan mode pengajaran, dan perubahan bentuk sekolah. Saat ini, aplikasi ini terutama terkonsentrasi pada dua tahap pertama.

 

8. Industri Media: Intelligent Media

 

 

Dengan teknologi 5G, kombinasi industri media dan komunikasi nirkabel mengalami dampak besar. Berdasarkan kecepatan tinggi dan latensi rendah jaringan 5G, live video yang dikumpulkan secara real time oleh kamera siaran langsung 5G/VR profesional diunggah ke platform cloud video melalui 5G. Kemudian, konten video dapat ditandai dan dikodekan, yang kemudian ditransmisikan ke jaringan melalui server transmisi. Akhirnya, mereka didistribusikan ke perangkat terminal pengguna melalui CDN.

 

5G akan membawa perubahan besar pada kamera media profesional. Dapat diprediksikan bahwa semakin banyak skenario siaran berita langsung akan mengintegrasikan teknologi 5G di masa depan. Untuk media TV tradisional, di mana video adalah main carrier, 5G memberikan popularitas video UHD yang lebih cepat (4K dan 8K) dan  kenyamanan yang lebih besar untuk pengumpulan dan transmisi video langsung. Ini adalah kombinasi mendalam dari tuntutan industri dan perkembangan teknologi. Jadi, kombinasi stasiun TV dan aplikasi industri 5G akan lebih cepat daripada di industri lain.