Mengapa Setiap Bisnis Harus Berinvestasi dalam Manajemen Infrastruktur IT?

Infrastruktur IT

 

Oleh: Kodrat Wahyudi

 

Sangat penting di masa sekarang bagi bisnis untuk memiliki infrastruktur IT  yang kuat. Mengapa? Karena tiada bisnis yang mampu beroperasi dan bersaing tanpa investasi teknologi saat ini.  Bersama dengan infrastruktur IT  yang kuat, perlu dibarengi dengan pengelolaannya yang baik. Pengelolaan tersebut bukan hanya mencakup perangkat keras saja, tetapi juga mencakup seluruh komponen teknologi informasi bisnis, termasuk sumber daya manusianya.

 

Maka perlulah hal ini dibarengi dengan manajemen infrastruktur IT yang baik dan tepat guna.  Mengapa sangat penting? Berikut  beberapa alasan di dalamnya.

 

Membuat keputusan IT yang lebih baik

Dengan tidak mengelola infrastruktur IT kita, ini berarti kita mungkin tidak tahu bagaimana lingkungan berperilaku dan apakah lingkungan memberikan ROI yang diharapkan untuk bisnis kita. Selanjutnya, kita tidak akan tahu tentang bagaimana menghadapi situasi bencana. Dengan adanya IT Infrastructure Management, kita akan lebih sadar dan mampu membuat keputusan yang tepat terkait dengan perubahan dan peningkatan sistem, menciptakan strategi mitigasi risiko, dan mengoptimalkan biaya infrastruktur teknologi secara keseluruhan.

 

Meningkatkan produktivitas bisnis

Manfaat lain yang tak terbantahkan yang diberikan manajemen infrastruktur TI untuk bisnis apa pun adalah adanya peningkatan produktivitas. Dengan penerapan IT Infrastructure Management, setiap data yang terhapus,  hilang, rusak atau disusupi secara tidak sengaja atau sengaja dapat dipulihkan secara efektif. Hal ini termasuk membangun back-up, yang memungkinkan kita mengambil dan memulihkan data bisnis jika terjadi bencana. Ini sangat penting dari perspektif produktivitas karena karyawan kita tidak kehilangan data dalam situasi apa pun dan mereka dapat terus berkontribusi tanpa henti.

 

Antipasi bencana sejak awal

Bencana dapat menyerang kapan saja, bahkan jika kita mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan mengikuti praktik terbaik  sekalipun. Mengelola infrastruktur teknologi kita tidak hanya membatasi kejadian seperti itu tetapi juga meminimalkan dampaknya jika itu benar-benar terjadi. Yang terbaik adalah mempercayakan tugas tersebut kepada partner yang menawarkan dukungan TI andal yang terintegrasi dengan mulus ke dalam ruang kerja kita.  Seorang ahli akan menerapkan sistem yang membantu dalam memantau dan mendeteksi ancaman bahkan sebelum kerusakan terjadi. Pada saat yang sama, mereka dapat bertindak dengan cepat sebelum keadaan berubah dari buruk menjadi lebih buruk.

 

Mengurangi biaya tak terduga

Ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi, bisnis kita menghadapi biaya tak terduga yang tidak dipersiapkan sebelumnya. Dengan memilih untuk mengelola infrastruktur teknologi kita sendiri, kita berada dalam posisi untuk memprediksi bencana dan menanganinya saat datang, bahkan ketika kita tidak mengharapkannya. Ini adalah pendekatan proaktif yang mengurangi waktu downtime yang lama dan mengurangi risiko data loss yang besar. Terlebih lagi, kita dapat menghemat banyak uang untuk bisnis kita selama bencana dan menganggarkan untuk upgrade guna menghindari biaya mendadak dalam jangka panjang.

 

Meningkatkan pengalaman pengguna

Manfaat mengelola infrastruktur TI bisnis kita tidak terbatas pada proses internal dan tenaga kerja saja. Ini memungkinkan kita untuk memperkuat aplikasi dan sistem yang dihadapi user dengan cukup untuk memberikan pengalaman terbaik setiap saat. Misalnya, kita dapat bersiap untuk downtime yang tiba-tiba dan memastikan bahwa kita masih available untuk user tanpa gangguan. Bahkan ketika downtime sangat penting untuk pemeliharaan, kita dapat memperingatkan user terlebih dahulu sehingga kita dapat menghindari kejutan dan ketidaknyamanan yang tidak terduga.

 

Mendorong kontrol yang lebih baik

IT Infrastructure Management adalah investasi cerdas untuk bisnis apa pun karena mendorong kontrol yang lebih baik atas aset, staf, proses, dan kebijakan. Lebih lanjut, dengan IT Infrastructure Management yang baik, kita memiliki potensi untuk memberikan tingkat  kepatuhan yang lebih besar terhadap praktik terbaik untuk mengelola data dan teknologi informasi. Ini memungkinkan kita mendidik sumber daya kita dan menghasilkan kesadaran tentang praktik dan kebijakan terbaik ini di tingkat organisasi. Secara keseluruhan, bisnis kita menjadi tempat yang lebih baik untuk bekerja dan mendapatkan reputasi di depan pelanggan juga. Selain manfaat ini, hal ini akan memperkuat inti bisnis kita

 

Ketika Anda mempertimbangkan manfaat tak tertandingi yang ditawarkan manajemen infrastruktur ini, investasi pasti menjadi pilihan cerdas untuk bisnis, terlepas dari ukuran dan skalanya. Saran terbaik adalah memanfaatkan layanan dari partner, seperti PT Berca Hardayaperkasa,  yang dapat kita percaya untuk menangani sistem secara keseluruhan.