5 Keuntungan OpusB yang Memudahkan Anda dalam Mengelola Inventory Perusahaan

 

Oleh: Sondra Launardo Baturaja, Sales Department

 

Berkembangnya teknologi informasi membuat perkembangan bisnis semakin pesat, berkembangnya bisnis tentunya membuat semakin banyak data yang disimpan perusahaan semakin banyak dan juga menjadi lebih susah untuk dikelola.

 

Pada umumnya perusahaan memiliki beberapa software yang digunakan dalam menjalankan operasional perusahaan seperti CRM (Customer Relationship Management), software pengelolaan warehouse dan juga software akuntansi, namun untuk menggabungkan informasi dari data data yang ada biasanya masih dilakukan secara manual dan memasukkannya ke Excel. Cara ini mungkin dapat dilakukan jika data yang ada di perusahaan tidak terlalu banyak, bagaimana dengan perusahaan yang besar?

 

Dengan berkembangnya sistem informasi maka muncul lah teknologi yang dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola informasi yang ada biasa dikenal dengan ERP (Enterprise Resource Planning), yang dimana fungsi utama dari ERP adalah untuk melakukan pengumpulan dan pengolahan data secara terpusat. Tujuannya untuk memudahkan perusahaan dalam membuat keputusan yang menguntungkan perusahaan.

 

Saat ini ERP merupakan software yang sangat dibutuhkan bagi perusahaan dalam melakukan ekspansi bisnis. Selain itu, ERP juga dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui dan mengelola dana perusahaan secara efisien. Software ERP tentunya bukan software yang murah karena ditujukan untuk operasional suatu perusahaan sehingga software ERP perlu dibuat secara matang agar tidak mengganggu atau menghambat operasional perusahaan.

 

Di Indonesia ada banyak software ERP yang beredar dengan harga yang beragam, harga ERP juga dipengaruhi oleh fungsi dan juga scope bisnis yang ditawarkan.

 

Jika perusahaan yang sedang berkembang dan ingin melakukan scaling up dengan menggunakan ERP, PT Berca Hardayaperkasa memiliki sebuah solusi ERP yang sudah matang dan dapat diimplementasikan ke perusahaan baik menggunakan server on-premise maupun cloud. Solusi ERP yang ditawarkan oleh PT. Berca Hardayaperkasa disebut dengan OPUS B. Software OPUS B sudah dapat menghadirkan ERP dengan teknologi terkini, handal dan fleksibel dalam memenuhi perkembangan bisnis Anda.

 

Bagaimana cara OPUS B membantu perusahaan Anda?

 

1. Mengelola Proses pembelian

a. Proses Pemesanan yang Efisien

Melakukan pengelolaan alur pembelian dalam sebuah sistem  terintegrasi dapat mengurangi kesalahan, dengan otomatisasi proses pembelian, maka dapat mempersingkat proses pembelian.

 

b. Data Pemasok dan Produk

Atur data pemasok dan produk dengan mudah. Semua data akan dicatat dengan kategori secara rapi sehingga memudahkan pencarian, perubahan atau penambahan data.

 

c. Pembelian Kembali Stok Barang

Menjaga jumlah ketersediaan barang di warehouse dan membuat limit saldo barang, maka sistem dapat melakukan permintaan pembelian otomatis untuk mengisi kebutuhan stok barang di warehouse Anda.

 

2. Mengelola Akuntansi Perusahaan

a. Membuat Laporan Keuangan dengan Lebih Detail

OPUS B memiliki fitur akunting yang multi dimensi. Dengan OPUS B dapat membantu proses pembuatan laporan keuangan menjadi mudah. OPUS B memiliki 9 dimensi yang dapat digunakan dalam melakukan pembuatan laporan keuangan sehingga hasilnya menjadi lebih detail.

 

b. Penyelarasan Pembayaran

Melakukan cek pembayaran dari pemasok dan pembeli sesuai tagihan.

 

c. Permudah Perhitungan Pajak

OPUS B dapat mempermudah anda dalam melakukan perhitungan pajak masukan dan juga pajak keluaran yang perhitungannya sesuai dengan aturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

 

d. Pembuatan Tagihan yang Terintegrasi

Dengan OPUS B dan modul yang saling terintegrasi maka dapat menambah efektifitas pekerjaan sehingga dapat mengurangi resiko adanya kesalahan dalam melakukan pembuatan tagihan.

 

3. Mengelola Aset Perusahaan

a. Informasi Asuransi dan Keuangan

Dapat memasukkan data asuransi dan keuangan sebuah Asset. OPUS B memberikan notifikasi jika asuransi asset akan segera habis.

 

b. Penghapusan Asset

OPUS B mendukung proses penghapusan Aset Tetap, dari awal pencatatan aset sampai aset dihapus. Anda juga dapat melakukan pengahapusan aset yang terintegrasi pada sistem akunting, sehingga mempermudah dalam pencatatan transaksi aset tetap.

 

c. Lokasi Asset

OPUS B dapat membantu anda mengetahui lokasi Asset. OPUS B mensupport untuk pendataan asset berdasarkan Cabang, Unit bisnis, lokasi, dan user yang sedang menggunakan Asset tersebut.

 

d. Otomasi Depresiasi

 

Dengan OPUS B Depresiasi akan berjalan secara otomatis setiap bulan, sehingga akan mempermudah dalam pencatatan akuntansi.

Kami memiliki beberapa metode penyusutan.

  • Metode garis lurus.
  • Metode Saldo Menurun.

 

4. Mengelola Inventory

a. Atribut Produk

Dengan menambahkan Atribut pada produk, anda dapat mengelola tanggal kadaluarsa pada sebuah produk. Anda juga bisa mengetahui umur dari suatu produk yang berada di dalam gudang.

 

b. Mengelola Banyak Gudang

Dalam sebuah gudang akan memiliki beberapa Lokasi dan susunan barang. OPUS B dapat membantu Anda dalam mengelola beberapa Gudang dalam sebuah Aplikasi yang terintegrasi.

 

c. Stock Opname

Mudahkan transaksi perekaman persediaan anda. OPUS B dapat mempermudah proses pencatatan Stok yang terdapat dalam gudang.

 

d. Penambahan Persediaan

Dengan membuat limit ketersediaan barang, anda dapat memastikan barang tersedia dan tidak kelebihan persediaan barang. OPUS B dapat membuat permintaan pembelian otomatis sesuai dengan limit yang telah ditentukan.

 

5. Mengelola Proses Penjualan

a. Dapatkan laporan Penjualan dengan Lebih Cepat

OPUS B memberikan laporan dan Dashboard yang akan memberikan informasi penjualan dengan lebih detail dan lebih cepat.

 

b. Daftar Harga

OPUS B dapat mengatur jumlah harga berdasarkan kondisi yang ada di pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

 

c. Promosi

Yakinkan pelanggan anda untuk membeli lebih banyak.

 

d. Komisi Penjualan

Yakinkan pelanggan anda untuk membeli lebih banyak.

 

Dengan banyaknya fitur dan fungsi yang ada dalam ERP OPUS B perusahaan dapat melakukan pengembangan bisnis dan juga dapat mengelola informasi perusahaan dengan baik dan efisien.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai OpusB dapat hubungi di sini dan dapatkan free trial-nya!

 


 

Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.Â