Sekarang Waktunya Anda Memulai Perjalanan Secure Access Service Edge (SASE)

 

Sejak diciptakan pada pertengahan 2019, Secure Access Service Edge (SASE) sudah menjadi topic hangat bagi network and security community. Jumlah vendor IT yang menggembar-gemborkan SASE pun berkembang pesat. Selain itu, penyedia layanan dengan cepat menguasi layanan network dan security di bawah “bendera” SASE.

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa COVID telah mendorong pertumbuhan remote work dan mempercepat upaya digitalisasi, yaitu pergeseran menuju internet-based application infrastructure.

 

Hal tersebutlah yang melatarbelakangi Berca Hardayaperkasa dan Cisco Indonesia menyelenggarakan Berca Event “Embark Your Secure Access Service Edge (SASE) Journey” pada Selasa (20/10) di Aston Hotel Makassar.

 

 

Event tersebut dihadari oleh Elviliana Yeo, General Manager Berca Hardayaperkasa, Robert Halapiry, Presales Manager Berca Hardayaperkasa dan Sabiq Adzhani Hammam, Solution Architect Berca Hardayaperkasa.

 

Dari Berca Event bersama Cisco, customer juga mendapatkan insight bagaimana SASE bukan hanya sebuah solusi networking dan security tetapi juga sebuah framework dan product.

 

SASE didefinisikan sebagai solusi berbasis cloud yang berpusat pada layanan dengan menyediakan konektivitas network dan security antara users, devices dan aplikasi. Selain itu SASE juga menggunakan kombinasi hardware, software, dan internet-based network dengan networks with built-in networking dan security-processing capabilities.

 

 

SASE juga diharapkan dapat mengatasi kekurangan arsitektur hub-and-spoke legacy untuk meningkatkan performa solusi terbaru khususnya SD-WAN dan SWG berbasis cloud. Di mana baru-baru ini kedua solusi tersebut dikenal sebagai solusi Secure Service Edge (SSE). Solusi SSE mampu menghadirkan network dan security menjadi unified services dengan meningkatkan skalabilitas, kelincahan, dan keamanan jaringan.

 

SASE sendiri terdiri dari lima komponen: network, control plane software, functions, endpoints, dan appliances.

 

Arsitektur SASE dan Lima Komponen Inti (Opsi Baru 2)

 

Saat menerapkan arsitektur SASE, Berca Hardayaperkasa sebagai penyedia solusi SASE mengambil pendekatan dari sisi frame work atau product. Dalam pendekatan framework, yang kami sebut sebagai SASE terdisaggregasi, teknologi network dan security yang terpisah akan  terintegrasi ke dalam penerapan SASE yang lengkap.

 

Dalam pendekatan product, yang kami sebut sebagai unified SASE, semua network dan security diterapkan sebagai single product platform yang terintegrasi dengan satu policy repository mencakup network dan security policy. Selain itu, kelima komponen utama SASE bisa customer dapatkan langsung melalui penjelasan dari tim Expert Berca Hardayaperkasa.

 

Jika ingin tahu lebih mendalam mengenai Cisco SASE langsung booked tanggal Anda dan dapatkan konsultasi gratis dari tim expert Berca Hardayaperkasa di marketing@berca.co.id atau di 0 812-8074-1890.