Cisco Meraki: Kecepatan dan Kemudahan Mengelola Network Dari Mana Saja dan Kapan Saja

 

Oleh: Eri Aditya Susanto

Cisco Meraki adalah Cloud managed Network yang dimilikki oleh Cisco, Meraki sendiri diakuisisi oleh Cisco Pada tahun 2012. Keuntungan dari Cisco Meraki ini adalah karena bisa di managed lewat cloud sehingga konfigurasi network bisa dilakukan dari mana saja. Seperti kita ketahui denga kemudahan cloud yang ditawarkan oleh cisco meraki, Network engineer bisa melakukan konfigurasi dimana saja dan untuk dinetowork yang jauh sekalipun. Cisco meraki ini sangat membantu untuk user yang memiliki banyak cabang karena seluruh cabangnya dapat di manage secara remote.

 

Cisco Meraki mempunyai portofolio lengkap dari switch, access point, Security, wireless LAN, SD-WAN, dan bahkan security camera. Dari seluruh portofolio tersebut bisa di managed lewat cloud memungkinkan Divisi IT mengerjakan secara remote. Pandemi ini Cisco Meraki sangatlah cocok untuk perusahaan karena memungkinkan divisi IT melakukan manage network secara remote dan online ke banyak cabang. Berikut adalah tools yang dimiliki oleh cisco meraki untuk mempermudah pekerjaan divisi IT

 

  • Membuat site-to-site VPN dengan beberapa klik melalui Wan Link
  • Memberikan akses jaringan jarak jauh seara aman melalui Wi-Fi yang telah terenkripsi
  • Mempertahankan kesinambungan layanan dengan cellular backup
  • Mengamankan perangkat end-users saat berada di luar jaringan
  • Melakukan pemecahan masalah konketivitas dan aplikasi karyawan dari jarak jauh

 

Hal diatas adalah hal yang biasa dilakukan network administrator untuk melakukan managing network di suatu site.  Dengan Cisco Meraki hal tersebut bisa dilakukan dimana saja dan untuk site mana saja.

 

Wireless LAN adalah salah satu solusi kuat dari Cisco Meraki. Dengan cisco meraki network administrator dapat memanaged seluruh access point dari dashboard meraki berada di cloud meraki. Kelebihan lain adalah lebih cost effective karena dengan adanya kita bisa memanaged lewat cloud kita tidak perlu lagi wireless controller seperti pada traditional network karena seluruhnya bisa kita lakukan lewat dashboard meraki.

 

Dengan Cisco Meraki kita bisa melihat seluruh device yang terhubung pada jaringan. Kita juga bisa melakukan monitoring aplikasi apa yang mereka gunakan. Dengan adanya fitur analytic yang kaya akan insight network administrator dapat melakukan access control dan app usage policy dengan cepat. Seluruh fitur tersebut dapat diatur memalui single dashboard ang dimiliki oleh meraki dengan itu mempercepat, dan mempermudah pekerjaan IT Administrator.

 

Deployment AP cisco dengan zero touch provisioning mempercepat deployment dan waktu untuk mengkonfigurasi AP baru hanya dalam hitungan menit. Kita tidak konfigurasi secara manual untuk penambahan AP. Cisco Meraki AP menggunakan Auto RF untuk mengkonfigurasi secara automatis dan optimize setingan RF secara maksimal untuk performa maksimal, bahkan di environment yang sangat padat sekalipun. AP dari Meraki ini pun sangat beragam ada yang yang general purpose saja untuk concurrent user yang tidak begitu padat dan juga ada yang high density untuk environment yang padat yang memiliki banyak concurrent user. Tidak hanya itu saja AP meraki juga menyediakan AP Indoor dan juga AP outdoor. Contoh dari AP Outdoor di Cisco meraki adalah MR70, MR74, dan MR84. Ketiga tipe adalah AP outdoor yang bisa diapakai untuk lingkungan yang rugged seperti pabrik, ataupun tempat yang mebutuhkan konektifitas WIFI yang digunakan di outdoor.

 

Seperti kita ketahui bahwa teknologi selalu berkembang tidak lepas dengan teknologi wifi. Wifi yang biasa digunakan adalah wifi 5 yang biasa kita gunakan sekarang sudah berkembang menuju Wifi 6. Cisco Meraki melihat perkembangan itu dan menyediakan beberapa model yang mendukung wifi 6. Lineup produk dari Cisco Meraki yang mendukung Wifi 6 adalah MR86 dan MR76 untuk Ruggedized environment atau out door. Untuk access point indoor Cisco Meraki memiliki banyak lineup produk yaitu ada MR36 untuk general purpose yang mempunyai fitur wifi 6, MR44 untuk medium density coverage dan MR46E direkomendasikan untuk focused coverage.

 

Untuk environment yang padat atau memiliki banyak user ada 2 jenis yaitu MR46 dengan 2.5 Gbps multigigabit Ethernet, dan untuk yang top of the line yaitu MR56 dengan 5 Gbps multi gigabit Ethernet untuk peforma yang lebih tinggi lagi. Untuk menggunakan fasilitas wifi 6 bukan hanya dari sisi infrastruktur saja tetapi juga butuh end devide yang dapat support wifi 6 itu sendiri. Jika kita ingin menggunakan fitur wifi 6 di smartphone device kita membutuhkan yan support dengan 5G contohnya iphone 12 pro max. untuk laptop pun begitu juga butuh laptop yang mendukung wifi 6.

 

Jika kita lihat memang masih banyak orang yang belum menggunakan device yang belum support wifi 6. Tetapi kedepanya pasti seluruh brand smartphone dan end device lain akan mengikuti perkembangan ini, maka karena itu sangatlah penting untuk para perusahaan mulai memikirkan invest untuk network yang mendukung wifi 6 ini.

 

Cisco Meraki ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan atau instansi yang mebutuhkan jaringan yang massive dan banyak cabang. Dengan dashboard dari meraki seluruh kegiatan network administrator tidak perlu pusing datang ke site dan melakukan troubleshoot ataupun konfigurasi.

 

Contoh industry yang banyak menggunakan Cisco Meraki ini adalah perhotelan. Seperti kita ketahui hotel mempunya banyak cabang di banyak kota maka dari itu Cisco Meraki ini sangat populer untuk menggunakan Cisco Meraki. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Cisco Meraki adalah Lifetime Warranty, user hanya perlu belanja hardware sekali dan apabila device tersebut rusak dapat diganti dengan yang baru. User juga bisa memilih license berdasarkan waktu seperti 3 tahun 5 tahun hingga 10 tahun.

 

Apabila device yang sudah dibeli sudah EOL (End of Life) maka device akan diganti dengan yang setara selama license masih berlaku. Ini juga menguntungkan kita sebagai sales karena dengan adanya keharusan perpanjang license setiap tahun kita bisa terus mendapatkan income dari user secara periodikdan terus menjaga hubungan kita ke client.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Konektivitas Cisco Meraki dapat hubungi di sini.

 


Penutup

Berca Hardayaperkasa juga menjadi partner resmi dari puluhan perusahaan IT terkemuka di Indonesia maupun dunia seperti, HPE Indonesia, HPI Indonesia, Dell EMC Indonesia, Huawei Indonesia, Lenovo Indonesia, VMWare Indonesia, Veritas Indonesia, Cisco Indonesia, Veaam Indonesia, Hitachi Data System Indonesia, Hitachi Vantara Indonesia, HDS Indonesia, NetApp Indonesia, Oracle Indonesia, Keysight Indonesia, Datacard Indonesia, AWS Indonesia, Fortinet Indonesia, Nutanix Indonesia dan Sophos Indonesia.Â