Update Terbaru: Google Manfaatkan Geothermal Sebagai Pembangkit Listrik untuk Data Center

 

Google memiliki cara baru untuk menyalakan data center-nya. Google memposting, ini sebuah proyek Geothermal (Panas Bumi) “pertama dari jenisnya” di Arizona yang menggunakan teknik pengeboran industri minyak dan gas modern untuk mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga panas bumi telah beroperasi. Google mengatakan bahwa “energi panas bumi yang disempurnakan” ini mampu menghasilkan energi bersih sepanjang waktu yang lebih murah daripada metode lain yang tersedia saat ini.

 

Listrik merupakan biaya yang besar bagi sebagian besar perusahaan teknologi, dan merupakan sumber daya yang semakin berharga secara umum. Jadi, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut mengejar secara ambisius target energi bersih dan energi terbarukan. Hingga saat ini, produksi energi panas bumi masih terbatas secara geografis karena mengandalkan sumber panas bumi yang terkonsentrasi dan berada di dekat permukaan. Namun, Google telah bekerja sama selama dua tahun terakhir dengan sebuah perusahaan bernama Fervo, dan keduanya telah berhasil membangun pembangkit listrik yang akan memenuhi pusat data dengan energi bersih selama 24/7,

 

Teknologi Fervo membuat lebih banyak sumber panas bawah tanah yang dapat digunakan untuk tujuan produksi energi. Google mengatakan bahwa perbedaan utamanya adalah bahwa Fervo telah menggunakan teknologi pengeboran horizontal terbaru dari industri minyak dan gas untuk memanfaatkan sumber panas bumi secara efisien.

 

Fervo juga  memasang kabel serat optik di dalam sumur untuk mengumpulkan dan menganalisis data mengenai aliran dan profil temperatur sumber daya panas bumi setempat.

 

Energi pembangkit tenaga listrik selain geothermal adalah tenaga surya dan listrik angin. Dalam hal ini Indonesia memiliki potensi dibidang energi tenaga surya. Menurut Menteri ESDM, Arifin Tasrif yaitu pemanfaatan sumber energi surya dan angin memiliki potensi di Indonesia.

 

Saat ini pemerintah Indonesia juga menyuarakan agar perusahaan berusaha untuk clean energy. yaitu menggunakan energi terbarukan yang ramah akan lingkungan. Berca Harayaperkasa dapat membantu perusahaan Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Perusahaan Anda dapat tanyakan langsung kepada tim kami di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp.