Pentingnya End-to-End Encryption sebelum Pesan Dicuri

end-to-end Encryption

Bagaiamana kita membuka pintu rumah dan mengundang orang lain untuk mendengarkan percakapan kita yang paling pribadi. Tidak terpikirkan, bukan? Namun, di dunia digital, orang-orang secara tidak sengaja membiarkan sistem data terbuka, sehingga berpotensi memungkinkan peretas, perusahaan teknologi, penyedia layanan, dan agen keamanan untuk mengintip komunikasi pribadi mereka.

 

Banyak hal tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan dan standar enkripsi yang dijunjung tinggi oleh aplikasi tersebut. Enkripsi end-to-end merupakan pengamanan digital untuk interaksi online. Enkripsi ini digunakan oleh banyak aplikasi perpesanan yang lebih populer. Memahami enkripsi end-to-end sangat penting untuk menjaga privasi dalam kehidupan masyarakat yang semakin digital.

 

Meskipun ini secara efektif mengamankan pesan, enkripsi ini tidak sepenuhnya aman dari semua ancaman siber dan mengharuskan pengguna untuk secara aktif mengelola pengaturan privasi mereka. Sebagai seorang peneliti keamanan siber, saya percaya bahwa kemajuan berkelanjutan dalam enkripsi diperlukan untuk melindungi komunikasi pribadi seiring dengan berkembangnya lanskap privasi digital.

 

Cara kerja enkripsi end-to-end

Ketika Anda mengirim pesan melalui sebuah aplikasi menggunakan enkripsi end-to-end, aplikasi Anda bertindak sebagai kriptografer dan mengkodekan pesan Anda dengan kunci kriptografi. Proses ini mengubah pesan Anda menjadi sebuah sandi, sebuah kumpulan karakter yang tampaknya acak yang menyembunyikan esensi sebenarnya dari pesan.

 

Hal ini memastikan bahwa pesan tersebut tetap menjadi pertukaran pribadi antara Anda dan penerima, terlindungi dari akses yang tidak sah, baik dari peretas, penyedia layanan, maupun badan pengawas. Jika ada penyadap yang menyadapnya, mereka hanya akan melihat omong kosong dan tidak akan dapat menguraikan pesan tanpa kunci dekripsi.

A diagram showing three document icons linked left to right by two arrows with key icons above the arrows

Ketika pesan mencapai tujuannya, aplikasi penerima menggunakan kunci dekripsi yang sesuai untuk membuka kunci pesan. Kunci dekripsi ini, yang tersimpan dengan aman di perangkat penerima, adalah satu-satunya kunci yang mampu menguraikan pesan, menerjemahkan teks yang dienkripsi kembali ke dalam format yang dapat dibaca.

 

Bentuk enkripsi ini disebut kriptografi kunci publik, atau asimetris. Setiap pihak yang berkomunikasi menggunakan bentuk enkripsi ini memiliki dua kunci enkripsi, satu kunci publik dan satu kunci privat. Anda membagikan kunci publik Anda dengan siapa pun yang ingin berkomunikasi secara aman dengan Anda, dan mereka menggunakannya untuk mengenkripsi pesan mereka kepada Anda. Tetapi kunci tersebut tidak dapat digunakan untuk mendekripsi pesan mereka. Hanya kunci pribadi Anda, yang tidak Anda bagikan kepada siapa pun, yang dapat melakukannya.

 

Dalam praktiknya, Anda tidak perlu memikirkan tentang berbagi kunci. Aplikasi perpesanan yang menggunakan enkripsi end-to-end menangani hal tersebut di belakang layar. Anda dan pihak yang berkomunikasi dengan Anda secara aman hanya perlu menggunakan aplikasi yang sama.

 

Masyarakat global menginginkan perlindungan keamanan siber yang kuat, kemampuan untuk melakukan percakapan pribadi dan intim tanpa pengawasan, dan keamanan dari mitra yang kejam, penipu, pemasar yang mengganggu, dan penjahat. Untuk itu, masyarakat mengadopsi perpesanan yang aman dengan cepat.

 

Informasi selengkapnya mengenai Berca dapat menghubungi Berca@marketing.co.id atau WhatsApp. Tim Berca siap membantu kebutuhan infrastruktur Anda