Elon Musk Datang Ke Indonesia untuk Meresmikan Starlink. Apa Itu Starlink?

Starlink Indonesia

 

Elon Musk baru saja memberikan kabar melalui media sosial X (Twitter) bahwa dia sudah hadir di Bali, Indonesia untuk kunjungan pertamanya. Elon Musk melakukan peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia.

 

Sebelumnya apakah Anda tahu apa  itu Starlink? Starlink adalah layanan internet berbasis satelit yang dimiliki oleh Elon Musk melalui perusahaannya, SpaceX. Ini dirancang untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah ke seluruh dunia, terutama di daerah pedesaan dan terpencil yang biasanya tidak memiliki akses internet yang baik atau sama sekali tidak memilikinya.

 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan” Starlink memiliki kemampuan menjangkau wilayah paling terpencil sekalipun di Indonesia.”

 

Setelah uji coba tersebut, Starlink yang telah mengantongi izin operasional di Indonesia pada awal bulan ini, dapat diluncurkan secara komersial di seluruh Nusantara.

 

Starlink saat ini sudah tersedia di Malaysia pada tahun 2023dan Filipina pada tahun 2022. Dengan menggunakan jaringan satelit orbit rendah Bumi, ini mampu menyediakan akses internet ke lokasi terpencil atau area yang tidak dapat dijangkau oleh infrastruktur komunikasi konvensional.

 

Menurut Bank Dunia, hanya sekitar dua per tiga dari sekitar 270 juta penduduk Indonesia yang memiliki akses terhadap internet pada 2022

 

Informasi mengenai update teknologi terbaru dapat mengunjungi website Berca Hardayaperkasa, jika perusahaan Anda membutuhkan solusi teknologi dapar menghubungi Marketing@berca.co.id atau WhatsApp.