Dampak Smart Technology bagi Industri Perhotelan

 

Smart Technology (“Teknologi Pintar”) menawarkan solusi perusahaan dalam berbagai cara, dan industri perhotelan menjadi salah satu industri yang bisa mendapatkan keuntungan. Selain menawarkan solusi cerdas bagi perusahaan dalam hal keunggulan jaringan dan infrastruktur, penerapan teknologi pintar dapat membantu merampingkan operasi dan meningkatkan pendapatan untuk industri perhotelan dengan cara berikut:

 

 

Smart Experience bagi para tamu

 

Dengan mengadopsi big data, pengalaman yang lebih baik dapat ditawarkan kepada para tamu. Pengalaman yang dipersonalisasi dapat dibuat untuk para tamu berdasarkan data cloud dari kunjungan sebelumnya, sehingga para tamu memperoleh pengalaman yang lebih menyenangkan.

 

Layanan smart rook (kamar pintar) juga dimungkinkan berkat penggunaan sensor hunian dan analitik big data. Saran dan arahan untuk tamu dapat dipersonalisasi berdasarkan data dari pengalaman mereka sebelumnya, dan dapat dikirim sesuai pesanan waktu dan hari.

 

Smart energy management

Dengan menggunakan algoritma machine learning (pembelajaran mesin) untuk mengevaluasi pola cuaca, termodinamika historis, dan tuntutan kebutuhan maximal sehingga konsumsi energi dapat dioptimalkan. Ini termasuk sistem ventilasi, pemanas, dan pendingin udara. Dengan teknologi seperti itu, kebutuhan energi dapat diantisipasi dengan lebih baik, dan pola konsumsi dapat diotomatisasi, efeknya dapat menghasilkan penghematan biaya yang sangat besar.

 

Predictive maintenance

 

Dengan memantau, melacak, dan mengoptimalkan konsumsi energi melalui pusat data, pemeliharaan prediktif dapat memberi peringatan kepada staf pemeliharaan jika ada tren berbahaya atau adanya keborosan yang terdeteksi dini. Dengan cara ini, kesalahan dalam pengoperasian sistem dapat diperbaiki sebelum kerusakan terjadi, sehingga mampu menghasilkan penghematan yang lebih besar dalam jangka panjang.

 

Smart marketing

 

Flash storage dapat menciptakan banyak peluang untuk menanggapi peluang dan membantu menganalisis pola yang dapat memberikan gambaran lengkap tentang pengalaman tamu. Teknologi untuk manajemen, reputasi online juga dapat membantu untuk lebih memperhatikan ulasan dan feedback dari tamu. Pemahaman yang dihasilkan dari data tersebut dapat membantu meningkatkan upaya pemasaran dan memastikan kelangsungan hidup di sektor perhotelan yang kompetitif.

 

Smart parking

 

Teknologi pintar yang diaktifkan melalui sensor cerdas dan aplikasi memungkinkan reservasi tempat parkir untuk para tamu sebelum kedatangan mereka di lokasi, menghemat biaya tenaga kerja yang terlibat dalam manajemen manual inventaris parkir.

 

 

Remote check-in dan check-out

 

Teknologi pintar ini juga memungkinkan untuk check-in dan check-out secara remote. Hal ini akan memberi tahu staf saat kedatangan tamu, memungkinkan untuk menawarkan peningkatan layanan yang relevan, dan menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk para tamu. Melakukan checkout sendiri dan membuat pengaturan transportasi yang tepat juga dapat menghasilkan peningkatan pengalaman pelanggan.

 

Dengan penggunaan teknologi informasi, teknologi pintar dan komunikasi, organisasi dapat disederhanakan untuk industri perhotelan, yang merupakan persyaratan penting untuk hidup di kota yang cerdas.