Bagaimana Performa 5G dengan Konektivitas yang Serba Ditingkatkan?

 

 

Oleh: Kodrat Wahyudi

 

Jaringan dan infrastruktur seluler telah berkembang dengan pesat. Bersamaan dengan itu terjadi revolusi secara besar-besaran dalam dua puluh tahun terakhir, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dari jaringan seluler latensi lambat dan tinggi seperti 2G, kita telah dihadapkan pada kapabilitas yang kuat dan latensi rendah dari jaringan 5G.

 

Dalam dunia teknologi dan informasi, 5G telah menawarkan banyak manfaat, terutama dalam hal cloud, smart energy, solusi cerdas untuk perusahaan, dan jaringan seluler berdaya tinggi. Apa itu 5G? Apa dampak ekonominya dan bagaimana 5G menawarkan konektivitas yang ditingkatkan? Beberapa pertanyaan inilah yang sebaiknya kita ketahui tentang teknologi informasi dan komunikasi yang revolusioner ini.

 

5G dan perbedaannya dari generasi sebelumnya

5G adalah standar nirkabel global baru dan lebih baik yang juga disebut sebagai jaringan seluler generasi ke-5. Jaringan dan infrastruktur 5G dibangun sedemikian rupa untuk memberikan kecepatan data  dalam hal multi-Gbps, konektivitas dan kapabilitas jaringan yang masif, keandalan yang ditingkatkan, dan kecepatan latensi yang sangat rendah.

 

Jaringan seluler generasi pertama hanya menyediakan suara analog, sedangkan jaringan seluler generasi ke-4 menawarkan broadband seluler. Dibandingkan dengan mereka, 5G menawarkan efisiensi, daya, dan keandalan untuk menyediakan konektivitas  dan kecepatan yang ditingkatkan. Selain itu, ia juga menawarkan solusi cerdas untuk perusahaan di berbagai industri, seperti logistik, perawatan kesehatan, transportasi, pertanian, dan lainnya.

 

Gagasan menggunakan 5G dalam teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk merilis konektivitas tinggi dan hemat biaya secara bisnis, sehingga dapat digunakan untuk lebih meningkatkan layanan keterhubungan mereka. Secara umum, tiga motif utama penggunaan jaringan dan infrastruktur 5G adalah untuk mengubah industri, memajukan masyarakat, dan meningkatkan pengalaman.

 

Aplikasi 5G untuk konektivitas yang ditingkatkan

Penting untuk mendorong komunikasi berlangsung lebih cepat. Juga perlu untuk meningkatkan ruang broadband seluler, serta  secara mudah menghubungkan IoT yang masif. Ini adalah salah satu factor yang paling penting dan perlu untuk dieksplorasi di sektor teknologi informasi dan komunikasi. Dari cloud hingga data-center, penggunaan 5G bagi perusahaan mana pun bertujuan untuk meningkatkan layanan di berbagai sektor dan industri.

Berikut adalah beberapa aplikasi 5G paling kuat yang sedang dieksplorasi untuk meningkatkan konektivitas dan layanan tanpa batas.

 

  • Penggunaan smart-energy untuk mengurangi emisi karbon di berbagai sector, sehingga memungkinkan untuk selangkah lebih maju menuju smart-city
  • Mencegah kecelakaan di jalan raya dengan meluncurkan lebih banyak connected-vehicles ke jalan, yang akan terus membagikan data untuk menghindari tabrakan.
  • Memberikan pengalaman sensorik, pendidikan yang menarik, dan hiburan yang imersif untuk orang-orang dengan disabilitas khusus.
  • Mengatasi kekurangan pangan global dengan menggunakan IoT di sektor pertanian dan menanam tanaman lebih cepat dan lebih efisien.
  • Mempercepat tanggap-darurat yang pada akhirnya akan membantu menyelamatkan nyawa dan memberikan dukungan medis segera.

 

Beberapa manfaat tersebut ini hanyalah bagian terluarnya saja. Namun, jelas bahwa bisnis ingin memanfaatkan kehebatan dari 5G. Ini tidak hanya untuk meningkatkan konektivitas dan kecepatan, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen mereka.

 

Bagaimana 5G mendorong untuk mencapai tujuan dengan performa tinggi?

Aplikasi di atas hanyalah permulaan dari daftar ‘solusi cerdas untuk perusahaan dan dunia pada umumnya’. Tetapi sangat penting untuk memahami bagaimana jaringan dan infrastruktur 5G bekerja untuk membantu perusahaan mana pun mencapai tujuan berkinerja tinggi tersebut. Berikut adalah beberapa persyaratan khusus yang menjadi inti dari teknologi informasi dan komunikasi ini.

 

  • Ketersediaan: 99,999%
  • Latensi yang sangat rendah kurang dari: 1  milidetik
  • Kecepatan data: 10Gbps§ Daya tahan baterai: 10 tahun
  • Jumlah 100x perangkat yang terhubung per unit luas
  • Cakupan 100%
  • 1000x bandwidth per satuan luas
  • 90% pengurangan penggunaan energi jaringan

 

Dengan aplikasinya yang kuat dalam smart energy, telemedicine, dan solusi pintar lainnya untuk perusahaan, industri semakin mencoba untuk menggabungkan jaringan dan infrastruktur 5G dalam operasi bisnis mereka juga. Negara-negara seperti AS, Cina, dan Korea Selatan sudah menikmati manfaat 5G yang luar biasa bagi perusahaan. Mari kita tunggu ketersediaan jaringan dan infrastruktur seluler generasi ke-5 ini, yang diramalkan kemungkinan besar akan tersedia secara umum pada tahun 2022.