Inilah 5 Tren AI Teratas Yang Akan Mengubah Pandangan Masa Depan

 

Oleh: Kodrat Wahyudi

 

“Artificial Intelligence adalah listrik baru.” Kita beralih dari komputer yang menempati seluruh ruangan ke smartphone dan AI seukuran telapak tangan, yang sekarang dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan wajah, objection detection, dan banyak lagi, yang dulunya dianggap tidak mungkin. Pada artikel ini, akan dipaparkan lima besar bidang AI atau gabungan teknologi dan tren AI yang akan terjadi di seluruh dunia di luar imajinasi.

 

 

  1. Robotika Dengan AI

 

 

Robotika adalah bidang yang fantastis pada beberapa dekade mendatang, dengan berbagai pilihan yang tersedia untuk penerapannya di dunia nyata. AI yang diintegrasikan ke dalam robot akan menjadi pendekatan revolusioner untuk mengubah lanskap masa depan di tahun-tahun mendatang. Robot dengan integrasi AI akan dapat memproses, menghitung, mengevaluasi, dan melakukan tindakan manusia yang diinginkan.

 

Robotika dan kecerdasan buatan memiliki ruang lingkup yang sangat besar di masa depan. Integrasi proyek data science bersama dengan robot memiliki potensi luar biasa untuk menegakkan manufaktur produk terbaik di industri dengan usaha manusia yang minimal.

 

Kemampuan robotika dan AI tidak terbatas. Mereka memiliki potensi yang luar biasa untuk mencapai tingkat keunggulan berkualitas tinggi dalam melakukan tugas-tugas yang ada. AI dan robot adalah kombinasi yang kuat untuk mengotomatiskan tugas untuk aplikasi industri dan potensi tak terbatas untuk berbagai kasus penggunaan di kehidupan nyata.

 

  1. GPT-3 Dan Perkembangan Luar Biasa Lainnya

 

Deep learning & AI dalam pemrosesan bahasa alami telah berkembang pesat. Dari LSTM sederhana, telah berkembang pesat menjadi penggunaan BERT, transformer, sequence to sequence model dengan fokus di satu point, dan banyak lagi.

 

Generative Pre-trained Transformer-3 adalah model bahasa autoregresif yang menggunakan deep learning untuk menghasilkan teks seperti manusia. Ini adalah model prediksi bahasa generasi ketiga dalam seri GPT-n yang dibuat oleh OpenAI, laboratorium penelitian kecerdasan buatan yang berbasis di San Francisco.

 

Model GPT-3 yang dikembangkan merupakan evolusi di bidang pemrosesan bahasa alami. OpenAI melatih bobot model ini pada hampir 175 miliar parameter pelatihan. Model ini mampu menulis seluruh artikel berita dan majalah tanpa campur tangan manusia.

 

3.  AI di Cloud

 

 

Cloud computing adalah ketersediaan sumber daya sistem komputer sesuai permintaan, terutama penyimpanan data dan daya komputasi, tanpa pengelolaan aktif langsung oleh pengguna. Istilah ini umumnya digunakan untuk menggambarkan data-center yang tersedia untuk banyak pengguna melalui Internet.

 

Kombinasi cloud computing dan AI adalah sebuah terobosan yang mengagumkan.  Dua praktik mengagumkan ini, jika digabungkan, mampu mencapai prestasi luar biasa. Keuntungan utama cloud computing yang terintegrasi dengan AI adalah banyaknya sumber daya yang tersedia. Ketersediaan GPU untuk melakukan komputasi deep learning yang kompleks dan penerapan model AI ini di cloud untuk menjangkau pengguna yang lebih besar merupakan pencapaian besar.

 

4. AI dan IoT: (AIOT)

 

Internet of Things (IoT) mendeskripsikan jaringan objek fisik – “benda” – yang disematkan dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lain untuk tujuan menghubungkan dan bertukar data dengan perangkat dan sistem lain melalui Internet.

 

Kombinasi AI yang dikombinasikan dengan IoT membentuk cabang studi baru, menarik, dan unik yang disebut Artificial Internet of Things atau singkatnya AIOT. IoT yang diaktifkan dengan AI mampu menciptakan mesin cerdas yang dapat mensimulasikan perilaku cerdas sambil mendukung kemampuan pengambilan keputusan dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia.

 

Dengan integrasi AI dalam perangkat IoT tertanam, beberapa contoh asisten virtual seperti Alexa, Siri, atau Google AI dapat menjadi contoh dalam hal ini

5. GANs

 

 

Terakhir, hadinya teknologi Generative Adversarial Networks (GANs). GAN dikembangkan dan dibuat pada tahun 2014 oleh Ian Goodfellow, dan rekan-rekannya.  GAN dianggap sebagai masa depan deep learning dengan kemampuannya yang luar biasa dalam membuat visual dan gambar yang bahkan belum pernah ada.

 

GAN adalah tren masa depan yang tidak dapat disangkal yang akan merevolusi AI selamanya. GAN adalah topik yang sedikit rumit.  Adalah Generator dan Diskriminator. Generator mencoba membuat gambar palsu yang realistis untuk melewati pemeriksaan elemen diskriminator. Sedangkan peran diskriminator adalah menangkap salinan palsu tersebut.

 

Penutup

 

Terakhir, akan ada pengoptimalan dan pengembangan tanpa batas yang dapat dicapai di bidang AI. Tren teratas yang muncul ini hanyalah beberapa indikasi dari apa yang kemungkinan besar bisa terjadi di masa depan.  Bersiaplah untuk menyongsong dan menghadapinya.

 

 

Sumber:

https://towardsdatascience.com/top-5-ai-trends-that-will-change-the-landscape-of-the-future-bd398ff9db55