5 Langkah Untuk Mempercepat Transformasi Digital Anda di Masa Pandemi

 

Oleh: Kodrat Wahyudi

 

COVID-19 telah melahirkan pola kerja jarak jauh di sektor bisnis. Saat lockdown terjadi, terlihat perubahan paling cepat dalam perilaku kerja yang pernah ada. Walau bekerja secara remote, banyak organisasi mengizinkan karyawan mereka untuk bekerja dari rumah. Dan ternyata mereka masih tetap produktif.

 

PT Berca Hardayaperkasa yang fokus utamanya pada perkembangan Teknologi Informasi, tentu telah juga menyiapkan dukungan terhadap hal ini. Pada uraian berikut, yang bukan hanya menjelaskan sektor teknologi informasi,  tetapi beberapa hal lain yang berhubungan dengannya. Berikut lima langkah untuk terus bergerak maju dalam transformasi digital di masa pandemi ini.

 

1. Leadership

Penting bagi high-level management terus mendukung transformasi digital. Tanpa dukungan ini, kecil kemungkinannya untuk sukses. Leadership sangat penting ketika kita sadari bahwa transformasi digital bukanlah sekedar proyek teknologi informasi; itu jauh lebih luas dari itu. Transformasi digital adalah transformasi bisnis, yang hanya dimungkinkan oleh teknologi. Oleh karena itu, ini harus diterapkan dalam strategi bisnis yang lebih luas yang menggambarkan masa depan dan secara koheren mengkomunikasikan peran semua orang di dalamnya. Oleh karena itu, Leadership untuk proyek pada basis lintas departemen sangat penting.

 

2. Perubahan budaya dan kepercayaan

Transformasi digital berjalan jauh lebih luas daripada sekedar teknologi. Teknologi informasi mungkin salah satu pendorong transformasi digital, tetapi itu bukan satu-satunya.

 

Mengelola manusia dan perubahan budaya dari transformasi seringkali lebih sulit daripada sekedar teknologi, tetapi seringkali diabaikan atau hanya sekedar renungan. Tidak ada perubahan yang dapat dilakukan dengan sukses tanpa orang-orang yang menyampaikan perubahan itu terlibat di dalamnya.

 

3. Dapatkan PM

Pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah siapa yang akan menjalankan program transformasi? Apakah itu spesialis teknologi informasi, generalis, atau spesialis operasi yang telah menjalankan program sejenis? Idealnya, kita membutuhkan seorang PM dan manajer transisi agar efektif. Tidaklah cukup hanya memiliki anggaran saja. Yang diperlukan adalah seseorang untuk menjalankannya.

 

4. Keberanian untuk ambil resiko

Kita harus menerima kenyataan bahwa kita tidak akan pernah memiliki pengetahuan yang lengkap sebelum memulai proyek transformasi digital. Tentu akan lebih nyaman untuk mengetahui versi perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi apa yang digunakan pada setiap perangkat, di mana mereka berada, dll., Kenyataannya adalah bahwa waktu yang diperlukan untuk melakukan analisis semacam itu mungkin bisa jadi akan memakan waktu.

 

Pengumpulan data menjadi semakin sulit ketika kita mempertimbangkan berapa banyak IT dan layanan lain yang sekarang dialihdayakan, sehingga semakin sulit untuk memiliki pengetahuan yang sempurna. Meskipun merupakan situasi yang tidak nyaman untuk mengubah kuantitas yang tidak diketahui, hal itu masih dapat dilakukan jika kita berani ambil resiko. Manajemen risiko yang tepat untuk mengelola, memahami dan bahkan menerima risiko yang terlibat merupakan elemen kunci dari manajemen program dan akan membantu untuk memajukan program.

 

5. Ini bukan hanya tentang cloud

Transformasi digital dapat melibatkan perpindahan ke Cloud, tetapi sama, dan lebih mungkin, akan ada model hybrid, di mana platform lama dapat tetap berada di lokasi, beberapa di pusat data dan beberapa di Cloud. “Cloud first” bukan lagi kebijakan pemerintah, sehingga organisasi memiliki kesempatan untuk lebih fleksibel dalam pendekatannya.

 

Sebagai salah satu perusahaan teknologi informasi terkemuka, PT Berca Hardayaperkasa memberikan solusi Berca Cloud sebagai penyedia cloud. Sebagai solusi penyedia cloud, Berca Cloud hadir dengan dua layanan utama yakni Hosted Private Cloud Services dan Public Cloud Services.

 

Bentuk layanan pertama sebagai penyeda cloud, Berca Cloud berkomitmen untuk memberikan dan menggunakan infrastruktur cloud dedicated hanya untuk satu organisasi, baik dikelola secara internal atau oleh pihak ketiga, dan dihosting baik secara internal maupun eksternal. Sedangkan yang kedua, Berca Cloud memberikan layanan penyedia cloud yang disediakan dalam lingkungan virtual, dibangun menggunakan sumber daya fisik bersama yang dikumpulkan, dan dapat diakses melalui jaringan publik seperti internet.

 

Untuk pertanyaan serta diskusi lebih lanjut mengenai layanan BHp sebagai penyedia cloud,  silahkan menghubungi PT Berca Hardayaperkasa di telepon  (+62-21) 380-0902 atau email ke  marketing@berca.co.id.

 

Transformasi bukanlah peristiwa satu kali. Ini adalah aktifitas berkelanjutan, yang dapat menanamkan pemahaman tentang perlunya perbaikan berkelanjutan sebagai bagian dari DNA organisasi. Ini benar-benar transformasional dalam arti bahwa orang-orang kita selalu sadar akan kebutuhan untuk perbaikan dan kita perlu memiliki sistem agar mereka dapat menawarkan ide-ide mereka untuk dipertimbangkan.

 

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa transformasi digital bukanlah sekedar transformasi bisnis dengan sedikit penambahan teknologi. Setelah diperoleh pemahaman seperti di atas, dapatlah dipahami bahwa transformasi digital tidak boleh dijalankan oleh departemen IT – Teknologi informasi hanyalah salah satu bagian proses ini.