Seberapa Pentingnyakah Proses Unified Backups dalam Recovery Solution Bisnis Digital Anda?

 

Saat ini professional IT sedang dihadapkan pada risiko dalam menjaga data dan melindungi sistem IT dari kegagalan dan kerentanan dengan menambahkan warning untuk mencegah terjadinya proses downtime. Namun, terlepas dari perlindungan yang sudah diterapkan, professional IT dituntut untuk memulihkan sistem operasi secepat mungkin.

 

Melihat kebutuhan perusahaan yang kian mendesak dalam melakukan perlindungan data dan proses recovery, PT Berca Hardayaperkasa dan Veritas melakukan Berca Live Webinar dengan tema Unified Backup and Recovery Solution to Protect Data (30/4).

 

 

Dalam webinar tersebut dijelaskan bahwa ketepatan proses pemulihan (recovery solution) artinya fokus pada proses backups di mana data dan sistem yang mendukung proses disimpan dengan benar dan dapat dipulihkan dengan cepat.

 

Tidak semua MSP saat ini dapat memberikan layanan konkritnya pada solusi backup di beberapa tahun terakhir. Di mana beberapa MSP tidak dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan proses recovery bila terjadi keadaan force majeure. Bisnis harus beradaptasi ke sistem perlindungan data yang lebih canggih dan modern, sehingga dapat menjanjikan kelangsungan bisnis (business continuity, disaster recovery dan kemampuan data protection hingga archival backup. Konsep ini biasa dikenal dengan Unified Backup.

 

Apa sih keuntungan dari implementasi unified backup?

 

Sesuai dengan namanya, Unified Backup adalah sebuah proses untuk menyatukan berbagai elemen backup di bawah single management interface. Selain untuk menyederhanakan tugas-tugas yang terkait dengan proses backup, Unified Backup juga dapat menggabungkan banyak skema perlindungan data dan pemulihan lainnya. Tujuannya adalah untuk melindungi sistem dan mendukung pemulihan secepat mungkin saat sistem gagal. Terlebih lagi, Unified Backup dapat menangani sifat terdirstribusi dari operasi IT saat ini.

 

 

Banyak bisnis sedang berlomba untuk bertransformasi ke arah digital, artinya banyak aplikasi yang harus beralih ke lingkungan hybrid cloud dan memanfaatkan teknologi seperti virtualisasi, containerization dan replikasi. Semuanya memiliki dampak signifikan bagaimana data dapat diakses, tersedia hingga sampai ke user.

 

Solusi backup tradisional tidak memiliki kecerdasan dan kecanggihan untuk menangani lingkungan yang terdistribusi tersebut . Sistem dapat berhasil ketika melakukan pencadangan entitas fisik, seperti hard drive atau proses penyimpanan secara statis lainnya. Kehadiran Unified backup mengubah pradigma dengan memasukkan “kecerdasan” yang diperlukan untuk lebih memahami bagaimana aplikasi dapat bekerja dan berinteraksi dengan users, server, data dan delivery fabrics.

 

Unified backup memanfaatkan konsep dasar cloud dan menyatukan semua kemampuan pencadangan dalam satu portal manajemen, di mana otomatisasi dapat digunakan untuk mencadangkan sistem langsung sesuai dengan kebutuhan. Artinya, sistem unified backup dapat mencadangkan virtual machine, container, dan mekanisme application delivery lainnya dengan cepat, merekam aktivitas secara real-time dan menyediakan tools untuk memulihkan satu aplikasi atau virtual machine dengan cepat dalam hitungan menit.

 

Sifat unified ini memastikan bahwa semua sistem atau elemen IT dapat direkam, dilindungi dan dipantau. Kemampuan inilah yang memungkinkan solusi Unified backup menjadi solusi utama dalam pemulihan bencana. Karakteristik terpusat dari backup management juga memungkinkan administrator untuk memiliki single pane  dari operasi BCDR, sekaligus memberikan kemampuan untuk membuat laporan yang komprehensif untuk persyaratan compliance.

 

Unified backup mengubah skenario dari proses pencadangan yang memakan banyak waktu dan berjalan secara manual dengan menggandakan data ke media penyimpanan menjadi skenario untuk menanamkan perlindungan di seluruh asset IT perusahaan. Di mana skenario ini dapat berjalan dan proses IT dapat dipulihkan hanya dalam hitungan menit bukan hari.

 

PT Berca Hardayaperkasa mengadopsi layanan dari teknologi cloud dan mengimplementasikan solusi cloud hybrid sehingga dapat membantu Anda menerapkannya di seluruh sistem yang heterogen. Teknologi modern yang membawa unified control ke dalam lingkungan system managers menjadi poin penting dalam keberhasilan. Tidak ada yang lebih baik selain melindungi data dan aplikasi dari kegagalan, dan solusi dari Unified Backups sangat membantu Anda dalam kelangsungan operasional bisnis, tanpa perlu menggabungkan banyak solusi dalam mencadangkan data. Untuk informasi selanjutnya mengenai solusi dari Unified Backup dan recovery solution dapat hubungi kami di sini.