Industri Ini Mendapatkan Keuntungan Terbesar dari Pertumbuhan Data Center Global, Apa Saja?

industri data center

Data center telah menjadi bagian penting dari infrastruktur digital karena semakin banyak industri yang melakukan transformasi digital. Menurut penelitian, pasar data center global diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR lebih dari 2% dari tahun 2022 hingga 2030, mencapai sekitar $519 miliar. Pertumbuhan ini akan didorong oleh meningkatnya permintaan akan komputasi cloud, analitik data besar, perangkat Internet of Things (IoT), dan kecerdasan buatan. Di akhir tahun 2023, kecenderungan pertumbuhan data center global yang terus berlanjut tidak mengejutkan kita lagi. Tren ini akan terus berlanjut karena volume data yang diciptakan di seluruh dunia terus tumbuh dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Meskipun ada beberapa hotspot data center, fenomena ini tidak hanya bersifat regional, tetapi juga memiliki signifikansi global. Transformasi digital yang terjadi secara bertahap di seluruh dunia merupakan faktor utama yang mendorong permintaan akan lebih banyak pusat data. Akses internet yang lebih luas, IoT, Kecerdasan Buatan, serta adopsi layanan cloud dan komputasi edge yang semakin luas tidak dapat dipungkiri telah mengubah lanskap global dan mendorong pertumbuhan data center.

 

Teknologi telah menyatu dengan kehidupan sehari-hari, dan sebagai hasilnya, sebagian besar industri menjadi semakin intensif data. Infrastruktur data center yang kuat dan andal sangat dibutuhkan untuk menyimpan, memproses, dan menangani data dalam jumlah besar. Bergantung pada kecepatan adopsi digital dan prospek pertumbuhan masa depan industri tertentu, kami dapat memprediksi industri mana yang akan sangat diuntungkan dari pertumbuhan data center global yang kami perkirakan.

 

Beberapa industri utama dapat memperoleh manfaat besar dari ekspansi data center yang terus berlanjut secara global. Mari kita mengulas industri yang dapat memperoleh manfaat terbesar dari pertumbuhan data center global.

 

Transformasi digital global mendapat dorongan mendadak dari pandemi. Bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, dan telemedicine adalah tiga bidang yang paling menonjol yang dialami secara langsung oleh sebagian besar dari kita. Sejak saat itu, dunia telah mengadaptasi teknologi baru dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Volume data tumbuh secara eksponensial, dan dengan demikian, peran pertumbuhan pusat data global tidak perlu dipertanyakan lagi. Mari kita lihat industri yang paling diuntungkan dari fenomena pertumbuhan ini.

 

Industri yang Akan Mendapatkan Manfaat Terbesar dari Pertumbuhan Data Center Global

Industri perawatan kesehatan dan ilmu pengetahuan

Industri kesehatan dan ilmu pengetahuan adalah dua industri yang telah menghasilkan data dalam jumlah besar selama beberapa tahun terakhir. Pencitraan medis, uji klinis, catatan pasien, bahan penelitian, dan statistic, jumlah dari semua itu dapat mencapai volume yang sangat besar. Pandemi hanya meningkatkan jumlah tersebut dengan mendorong munculnya gadget pintar untuk penggunaan medis, telemedicine, dan sejenisnya. Pandemi juga telah mempercepat digitalisasi catatan kesehatan, sementara kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan juga telah menambah kepadatan data di industri ini. Mengelola semua data tersebut merupakan tugas yang kompleks, sehingga data center menjadi sangat penting bagi industri kesehatan.

 

Sangat mudah untuk melihat bahwa pertumbuhan data center sangat dibutuhkan untuk menyimpan, memproses, dan menganalisis data medis. Industri ini dapat memperoleh banyak manfaat dari data center yang berkinerja baik dan sesuai standar karena hal tersebut sangat penting untuk menyediakan koneksi yang cepat dan latensi yang rendah.

 

Layanan Keuangan

Pertumbuhan data center global juga dapat mempermudah pekerjaan sektor keuangan. Transaksi keuangan menghasilkan sejumlah besar produksi data global. Pertumbuhan data center dapat menguntungkan industri ini dengan memenuhi permintaan yang terus meningkat akan opsi penyimpanan dan pemrosesan yang aman dan berkinerja tinggi.

 

Menganalisis data keuangan dalam jumlah besar secara efisien dapat membantu industri dalam penilaian risiko dan pengambilan keputusan. Sektor keuangan bergerak cepat, dan memfasilitasi semua pembayaran digital membutuhkan konektivitas dan kecepatan jaringan yang sangat baik. Tidak diragukan lagi, pertumbuhan data center yang aman, patuh, dan berkinerja baik dapat memberikan manfaat besar bagi industri ini dalam skala besar.

 

Industri layanan keuangan sangat bergantung pada data center untuk menyimpan data keuangan yang sensitif, menjalankan aplikasi perbankan inti, perdagangan algoritmik, analisis risiko, dan memastikan kepatuhan. Seiring dengan upaya lembaga keuangan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui perbankan digital sekaligus mengoptimalkan biaya, permintaan akan layanan co-location, cloud hosting, dan layanan pusat data terkelola di antara bank dan perusahaan asuransi akan meningkat. Perluasan infrastruktur data center sangat penting bagi lembaga keuangan untuk mendukung inisiatif transformasi digital seperti API perbankan terbuka, blockchain, dan integrasi AI.

 

Industri e-commerce dan ritel

Popularitas e-commerce dan ritel online merupakan salah satu pendorong di balik pertumbuhan data center global. Hal ini disebabkan oleh internet yang menjangkau lebih banyak wilayah yang sebelumnya terpencil dan pertumbuhan kelas menengah yang moderat. Pertumbuhan data center membuat platform online menjadi lebih andal dan fleksibel serta memberikan latensi yang lebih rendah selama waktu puncak. Anda pasti tidak asing dengan event tanggal kembal dan tanggal gajian yang sering diadakan campaign promosi. Dalam event ini pasti menghasilkan data yang besar

 

Selain itu, ketersediaan data center yang lebih baik di tepi berkontribusi pada analisis data yang cepat dan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku pelanggan di berbagai wilayah, aset utama dari pemasaran yang ditargetkan dan manajemen inventaris.

 

Pertumbuhan data center global mendukung industri ini dengan meningkatkan keamanan siber. Peraturan industri berubah untuk melindungi informasi pelanggan dan transaksi keuangan dari ancaman siber.

 

Sektor industri dan manufaktur

Dengan munculnya 5G baru-baru ini dan percepatan operasi jarak jauh yang intensif data, tidak pernah ada kebutuhan yang lebih besar untuk pertumbuhan pusat data di dunia. Otomatisasi berbagai proses produksi, Internet of Things, dan komunikasi mesin-ke-mesin membutuhkan pusat data yang berkinerja baik dengan daya komputasi yang besar agar dapat bekerja secara optimal. Pemantauan waktu nyata, analisis data, dan pengoptimalan membutuhkan pusat data berkinerja tinggi untuk menangani beban. Digitalisasi telah membawa perubahan dan nilai positif pada manufaktur, dan pertumbuhan pusat data lebih lanjut akan membantu membuat segala sesuatunya berjalan dengan lancar di masa depan.

 

Cloud dan industri TI

Adopsi cloud terus menjadi fenomena besar secara global. Pertumbuhan pusat data yang menampilkan teknologi baru diharapkan dapat mengurangi ketegangan dalam menangani semua data di cloud. Karena pusat data bertanggung jawab atas kualitas koneksi jaringan, penyedia layanan cloud secara substansial dapat memperoleh manfaat dari pertumbuhan global yang kita lihat. Sejak tahun 2018, investasi cloud telah menunjukkan pertumbuhan gabungan tahunan lebih dari 20%. Industri TI dapat memetik manfaat yang signifikan dari peningkatan infrastruktur dan kapasitas. Jaringan pusat data yang luas dapat menawarkan lebih banyak daya, penyimpanan, dan sumber daya jaringan yang penting untuk operasi TI.

 

Perusahaan Anda salah satu dari sektor industri ini? Ini saatnya perusahaan anda mengimplementasikan data center untuk kebutuhan yang bisnis Anda.

Tim Berca Hardayaperkasa siap membantu untuk menjawab kebutuhan data center perusahaan Anda, silahkan hubungi tim Berca di Marketing@berca.co.id atau WhatsApp.