UiPath: Automation For A Fast-Changing World

Lahirnya teknologi baru memiliki tujuan tersendiri, yaitu untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia. Memasuki revolusi industri 4.0, membuat Anda lebih mudah menemukan teknologi yang dapat digunakan untuk bermacam jenis pekerjaan. Salah satu bentuk kemudahan teresebut ditawarkan oleh UiPath.

 

UiPath sendiri merupakan perusahaan penyedia software RPA terkemuka di dunia menurut Gartner. UiPath menciptakan alat otomasi yang dirancang untuk melakukan banyak tugas yang biasa dilakukan oleh manusia tanpa harus menggantikan sistem yang sudah ada sebelumnya.

 

 

Tidak seperti kebanyakan alat yang digunakan pada Robotic Process Automation (RPA), UiPath tidak memerlukan pemanfaatan ilmu komputer atau pengetahuan pemograman tetapi dapat digunakan pada sebuah platform desktop atau website.

 

UiPath dapat mempelajari bagaiamana melakukan suatu proses berulang kali, dengan begitu dapat dikatakan para administrator UiPath dapat menyelamatkan para karyawan dan staff IT selama berjam-jam dalam mengerjakan proses yang berulang.

 

Benefit dari UiPath

 

UiPath sendiri memiliki banyak benefit secara umum, terutama dalam keterlibatan fungsionalitas dan kemudahan bagi para penggunanya.

 

Pertama, para konsultan akan memberikan informasi mengenai kecanggihan dan kemudahan UiPath untuk dipelajari. Dimana para pengguna dari latar belakang yang berbeda dapat menggunakan alat ini dengan mudah hanya dengan drag-and-drop.

 

Dalam hal fungsionalitas, UiPath tidak memiliki keterbatasan karena pada dasarnya UiPath akan mendukung semua aktivitas pekerjaan. Misal saja, sebuah bisnis mungkin ingin melakukan snapshot dari situs web yang sama setiap harinya, atau untuk memeriksa peringkat di Google. Apapun pekerjaan atau tugas yang dihadapi, jika memungkinakan untuk mengotomatiskannya, para developer UiPath dapat melakukannya.

 

Sangat mudah untuk mengatur konfigurasi UiPath dan memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing perusahaan. Selain itu, adanya intergasi dari aplikasi UiPath, sangat mungkin bagi para developer untuk membuat aplikasi yang digunakan secara otomatis.

 

Solusi Bisnis dengan UiPath

 

Tentu saja, UiPath berlaku untuk banyak proses bisnis. Computer vision dan image recogantion technologies memungkinkan otomatisasi cepat untuk bisnis. Administrator UiPath juga dapat memastikan bahwa proses operasi dilakukan secara canggih dengan memanfaatkan predictive analytics dan artificial intelligence.

 

Berikut adalah beberapa solusi bisnis yang dapat memanfaatkan kecanggihan UiPath:

 

Perusahaan asuransi

 

 

UiPath memiliki benefit lebih bagi perusahaan asuransi. Tidak sedikit keluhan dari customers yang masuk ke dalam sebuah software yang tidak up-to-date. Untungnya para UiPath developer dapat melakukan integrasi ke semua aplikasi yang telah lama.

 

Intelligent system dapat digunakan setiap hari, konfigurasi UiPath dapat disesuaikan sehingga perusahaan asuransi memiliki kepatuhan secara penuh terhadap peraturan dan end-to-end encryption.

 

Perbankan

 

 

Industri perbankan dikenal karena “birokrasinya” yang bersifat sensitive. Seperti halnya perusahaan asuransi, banyak sistem perbankan yang belum di upgrade karena sulit mendapatkan sistem baru yang disetujui dan dipatuhi sepenuhnya.

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Integrasi dari aplikasi UiPath memungkinkan perusahaan perbankan untuk terus menggunakan aplikasi lama dan diintegrasikann ke teknologi baru. Selain itu, UiPath juga dapat digunakan untuk mengotomatiasi transaksi perbankan dan menghemat waktu. Manajemen risiko juga dapat dilakukan secara otomatis. Sehingga, UiPath dapat diatur untuk memastikan bahwa kepatuhan terhadap peraturan dapat dipenuhi.

 

Layanan kesehatan

 

 

Mungkin satu-satunya sektor industri yang lebih “birokratis” daripada perbankan adalah layanan kesehatan. UiPath dapat digunakan untuk menyediakan “chatbots” untuk layanan kesehatan, nantinya bots ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dari para pasien. Walaupun UiPath tidak mungkin sepenuhnya menggantikan dokter, perawat atau petugas medis lainnya tapi, setidaknya cara tersebut dapat mengurangi waktu dan beban kerja para petugas medis.

 

Layanan ini juga dengan mudah dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ada, UiPath dapat menggambarkan aplikasi data sehingga Anda tidak perlu lagi memodifikasi aplikasi. Software ini juga mampu mematuhi peraturan HIPAA, yang fokus terhadap kepatuhan regulasi.

 

Telekomunikasi

 

 

Perusahaan telekomunikasi, seperti Internet Service Providers (ISP), juga menjadi pengguna UiPath. Seperti dikebanyakan industri, dimana penerapan UiPath memiliki tujuan untuk menurunkan biaya operasi. Hal tersebut akan bergantung pada ukuran perusahaan. Anda mungkin perlu menambah atau menghapus node saat menjalankan UiPath karena dapat digunakan dari cloud server atau locally, cara ini dianggap menjadi langkah yang ideal untuk perusahaan Telecom besar maupun kecil. Bahkan bagi perusahaan menengah pun harus tetap waspada terhadap keamanan data. Tentunya, UiPath dapat membantu Anda dalam hal itu.

 

Laporan dan data analytics dihasilkan dan disimpan, proses ini akan membantu memprediksi dan mendiagnosis masalah sehingga dapat diselesaikan sebelum para customer menyampaikan keluhannya. Selain itu, UiPath juga dapat digunakan untuk menyimpan informasi sensitive sekalipun.

 

Sejalan dengan hal tersebut Berca Hardayaperkasa (BHp) yang merupakan partner resmi RPA UiPath di Indonesia baru saja menyelenggarakan webinar event. Dihadiri oleh berbagai latar belakang sektor industri, diharapkan dapat  membantu Anda dalam melakukan implementasi RPA UiPath dengan resource handal dan bersertifikasi.

 

 

Singkatnya, BHp bersama UiPath dapat membuka jendela baru untuk hampis semua sektor industri. Paling penting adalah software dari UiPath ini dapat dikuasai dan diterapkan dimana saja.

 

 

 

Hubungi kami hari ini untuk detail lebih lanjut tentang cara bagaimana implementasi software UiPath di sini.