6 Keuntungan AWS Cloud Bagi Industri Manufaktur

AWS Cloud

Amazon Web Services (AWS) meningkatkan produk layanannya dan terus berupaya membantu semua sektor bisnis dan selalu melakukan inovasi di tengah kemajuan digitalisasi. AWS adalah platform komputasi awan yang menyediakan berbagai layanan cloud untuk membantu organisasi dan individu dalam membangun dan mengelola infrastruktur IT mereka. Melansir dari situs Forbes, pada tahun 2021 87% industri manufaktur memanfaatkan cloud computing. Biasanya industri ini memanfaatkan teknologi tersebut dengan difokuskan pada teknologi informasi. Namun, cloud computing juga memegang peran penting dalam mengoneksikan sistem dalam produksi industri manufaktur serta mendukung transformasi digital perusahaan. Tentunya peralihan menjadi cloud based memberikan keuntungan bagi perusahaan. Berikut adalah keuntungan jika menggunakan Cloud AWS.

 

Efisensi Biaya

AWS Cloud memungkinkan sektor industri atau pengguna untuk menyesuaikan kapasitas komputasi, penyimpanan, jaringan, dan sumber daya lainnya sesuai kebutuhan mereka. Perusahaan pun pasti membutuhkan fitur yang canggih dengan penekanan biaya. AWS Cloud mengadopsi model pembayaran berbasis penggunaan, yang berarti kamu hanya membayar untuk sumber daya yang kamu gunakan. Dengan sistem tersebut pengguna tidak perlu menginvestasikan modal awal yang besar untuk membeli dan memelihara infrastruktur fisik. Ini membantu mengurangi biaya operasional dan mengoptimalkan pengeluaran IT Anda.

 

Keamanan Data

Dan untuk keamanan pun AWS Cloud memberikan layanan keamanan yang kuat untuk melindungi data dan aplikasi perusahaan kamu. AWS juga menerapkan control keamanan fisik, pengamanan jaringan, , enkripsi data, pemantauan keamanan, dan fitur keamanan lainnya untuk melindungi lingkungan cloud.

 

Kolaborasi dan Mobilitas

Cloud memfasilitasi kolaborasi tim yang lebih baik dan aksesibilitas data dari mana saja dan kapan saja. Perusahaan industri dapat mengintegrasikan sistem dan alat kerja yang berbeda di lingkungan cloud, memungkinkan berbagi data, dokumen, dan informasi secara real-time. Hal ini mempercepat kerja tim, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan kerja jarak jauh atau mobilitas.

Fleksibilitas dan Kemampuan

Perusahaan juga pasti membutuhkan Fleksibilitas dan Kemampuan AdaptasiAWS menyediakan berbagai layanan yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bisnis. Pengguna dapat memilih dan menggabungkan layanan sesuai dengan persyaratan spesifik mereka, seperti komputasi, penyimpanan, database, analitik, kecerdasan buatan (AI), dan lain-lain. Ini memberikan fleksibilitas dalam merancang solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Inovasi Cepat

Dengan tranformasi digitalisasi, AWS secara teratur memperkenalkan fitur dan layanan baru untuk meningkatkan kapabilitas cloud mereka. Dengan memanfaatkan AWS Cloud, pengguna dapat mengakses teknologi terbaru dengan cepat tanpa harus melakukan penelitian, pengembangan, dan implementasi infrastruktur sendiri. Keuntungan lainnya perusahaan dimata customer mereka akan terlihat mengikuti kemajuan teknologi.

Skala Global

AWS memiliki ketersediaan global dengan data center di berbagai wilayah di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menjangkau pengguna dan pasar di berbagai lokasi geografis dengan kinerja yang cepat.

Memanfaatkan teknologi cloud seperti AWS dapat membantu sektor bisnis kamu mengurangi biaya, meningkatkan fleksibilitas, dan mendapatkan keunggulan kompetitif dengan menghadirkan solusi teknologi yang kuat dan terukur. Karena teknologi ini sudah skala global, bisnis kamu tidak perlu khawatir untuk tertinggal dari competitor lainnya. Jika kamu mengharapkan perusahaan kamu dapat terbantu di era saat ini, konsultasikan kepada  tim kami marketing@berca.co.id