Gemini AI Klaim Lebih Canggih. ChatGPT Kedatangan Saingan Berat?

Gemini AI

Meningkatnya perbincangan tentang kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang berkembang dengan kecepatan yang berpotensi berbahaya hampir tidak melambat. Setahun setelah OpenAI meluncurkan ChatGPT dan memicu perlombaan baru untuk mengembangkan teknologi AI, Google mengungkapkan sebuah proyek AI yang dimaksudkan untuk menjadikan raksasa pencarian ini sebagai pemimpin dunia dalam bidang AI. Gemini AI rilis pada bulan Desember,

 

Gemini, sebuah model AI jenis baru yang dapat bekerja dengan teks, gambar, dan video, dapat menjadi algoritma paling penting dalam sejarah Google.

 

Versi awal Gemini mulai diluncurkan di dalam chatbot Google Bard untuk pengaturan bahasa Inggris. Ini akan tersedia di lebih dari 170 negara dan wilayah. Google mengatakan bahwa Gemini akan tersedia bagi para pengembang melalui API Google Cloud mulai 13 Desember. Versi yang lebih ringkas dari model tersebut mulai hari ini akan mendukung balasan pesan yang disarankan dari keyboard smartphone Pixel 8. Gemini akan diperkenalkan ke produk Google lainnya termasuk pencarian generatif, iklan, dan Chrome dalam “beberapa bulan mendatang,” kata perusahaan. Versi Gemini yang paling kuat dari semuanya akan diluncurkan pada tahun 2024, sambil menunggu “pemeriksaan kepercayaan dan keamanan yang ekstensif,” kata Google.

 

Gemini digambarkan oleh Google sebagai “multimodal asli”, karena ia dilatih pada gambar, video, dan audio, bukan hanya teks, seperti model bahasa besar yang menjadi inti dari ledakan AI generatif baru-baru ini. “Ini adalah model kami yang terbesar dan paling mumpuni; ini juga yang paling umum,” kata Eli Collins, wakil presiden produk Google DeepMind, pada konferensi pers yang mengumumkan Gemini.

 

Google mengatakan bahwa ada tiga versi Gemini: Ultra, yang terbesar dan paling mumpuni; Nano, yang secara signifikan lebih kecil dan lebih efisien; dan Pro, dengan ukuran sedang dan kemampuan menengah.

 

Mulai hari ini, Google Bard, chatbot yang mirip dengan ChatGPT, akan didukung oleh Gemini Pro, sebuah perubahan yang menurut perusahaan akan membuatnya mampu melakukan penalaran dan perencanaan yang lebih canggih. Saat ini, versi khusus Gemini Pro sedang dimasukkan ke dalam versi baru AlphaCode, alat generatif “produk penelitian” untuk pengkodean dari Google DeepMind. Versi Gemini yang paling kuat, Ultra, akan dimasukkan ke dalam Bard dan tersedia melalui API cloud pada tahun 2024.

 

Apakah ChatGPT akan dikalahkan oleh kecanggihan Gemini AI? Kita tunggu saja.